Sukses

Presiden El Salvador Nayib Bukele Sebut Bakal Beli 1 Bitcoin Setiap Hari

Presiden El Salvador, Nayib Bukele mengatakan negaranya akan membeli satu bitcoin setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden El Salvador, Nayib Bukele, mengumumkan di Twitter pada Kamis, 17 November 2022 negaranya akan membeli satu bitcoin setiap hari. Sejak mengadopsi cryptocurrency sebagai alat pembayaran yang sah, El Salvador telah membeli sekitar 2.381 bitcoin untuk perbendaharaannya.

Bukele tidak terhalang oleh gejolak baru-baru ini seputar bursa kripto FTX yang bangkrut. Pada Minggu, 13 November 2022, Presiden Salvador menjelaskan dalam sebuah cuitan di Twitter yang menyebut FTX adalah kebalikan dari Bitcoin.

“Protokol Bitcoin dibuat dengan tepat untuk mencegah skema Ponzi, bank runs, Enron's, Worldcom's, Bernie Madoff's, Sam Bankman-Fried, dan penugasan kembali kekayaan. Ada yang paham, ada yang belum. Kami masih awal,” tulis Bukele, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (18/11/2022). 

El Salvador mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah bersama dolar AS pada September tahun lalu. Sejak itu negara tersebut telah membeli sekitar 2.381 bitcoin untuk perbendaharaannya. 

Presiden Bukele adalah pendukung kuat cryptocurrency. Dia baru-baru ini mengaitkan pemulihan sektor pariwisata di El Salvador dengan Bitcoin

Namun, jajak pendapat yang dilakukan pada Oktober menunjukkan hampir dua pertiga populasi El Salvador memiliki kesan negatif terhadap bitcoin, dengan hanya seperempat orang Salvador yang menggunakan cryptocurrency.

Dana Moneter Internasional (IMF) juga telah memperingatkan El Salvador tentang membuat tender legal bitcoin, mengklaim biaya menjadikan BTC sebagai mata uang nasional melebihi potensi manfaatnya. Namun, pemerintah El Salvador menolak peringatan IMF dan terus merangkul bitcoin.

Mengikuti pengumuman Bukele soal membeli Bitcoin setiap hari, pendiri Tron Justin Sun mengatakan dia akan melakukan hal yang sama.

“Kami menggemakan inisiatif @nayibbukele dalam membeli bitcoin setiap hari. Kami juga akan membeli satu bitcoin setiap hari mulai besok,” tulis cuitan Sun. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentari Kripto, Ini Ramalan Elon Musk Mengenai Bitcoin

Sebelumnya, CEO Tesla, Spacex, dan Twitter Elon Musk kembali mengomentari soal cryptocurrency melalui Twitter pada Senin, 14 November 2022 waktu Amerika. Kali ini Musk membahas mengenai bagaimana masa depan Bitcoin.

Menanggapi pengguna Twitter yang bertanya tentang di mana harga cryptocurrency akan berada di tahun berikutnya Musk mengatakan Bitcoin akan berhasil, tetapi akan melewati musim dingin yang panjang.

“BTC akan berhasil, tetapi mungkin melewati musim dingin yang panjang,” tulis Musk di akun Twitter pribadinya, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (16/11/2022).

Komentar Musk telah berhasil mendorong harga bitcoin. Segera setelah dia men-tweet, harga BTC melonjak tajam dari di bawah USD 16.000 menjadi sekitar USD 16.987 (Rp 264,4 juta).

Miliarder, yang baru-baru ini mengakuisisi raksasa media sosial Twitter, sebelumnya mengungkapkan dia secara pribadi memiliki bitcoin, seperti halnya Tesla dan Spacex. 

Pengajuan keuangan terbaru Tesla dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menunjukkan perusahaan tersebut memegang sekitar USD 218 juta (Rp 3,3 trilliun) aset digital. Pada Juli, perusahaan mobil listrik tersebut menjual 75 persen kepemilikan BTC-nya.

Musk telah mengatakan dalam beberapa kesempatan bitcoin cocok sebagai penyimpan nilai, terlepas penjualan Bitcoin yang dilakukan Tesla.

"Kami tentu saja terbuka untuk meningkatkan kepemilikan bitcoin kami di masa depan, jadi ini tidak boleh dianggap sebagai keputusan tentang bitcoin,” ujar Musk saat itu.

 

3 dari 4 halaman

Eksekutif Pertukaran Kripto Global Bersaksi di Depan Komite Keuangan Inggris, Ada Apa?

Sebelumnya, menyusul kebangkrutan FTX minggu lalu, para eksekutif dari Binance, Ripple, dan pelaku industri lainnya memberikan kesaksian di depan Komite Keuangan Parlemen Inggris. Beberapa komite yang hadir yaitu, ketua komite Harriet Baldwin, seorang anggota parlemen yang konservatif bersama dengan anggota komite lainnya. 

Sedangkan dari perwakilan pelaku industri yang hadir adalah wakil presiden urusan pemerintahan Eropa di Binance, Daniel Trinder, kepala kebijakan di jaringan pembayaran Ripple, Susan Friedman. Kemudian, direktur eksekutif grup lobi CryptoUK, Ian Taylor, dan kepala Eropa di Galaxy Digital, Tim Grant.

Baldwin melontarkan beberapa pertanyaan kepada perwakilan industri, seperti apakah peristiwa seputar FTX merusak kepercayaan terkait apa yang mereka lakukan untuk mencari nafkah.

"Saya pikir akan sangat salah jika menilai seluruh industri dengan satu apel buruk ini, yang kebetulan merupakan apel yang sangat besar," kata Grant, dikutip dari CoinDesk, Selasa (15/11/2022).

4 dari 4 halaman

Perusahaan Kripto Perlu Diaudit

Taylor dari CryptoUK meminta pemerintah Inggris untuk menerapkan kerangka kerja yang luas seperti undang-undang Pasar Uni Eropa dalam Aset Kripto (MiCA), dan Friedman dari Ripple menggemakan permintaan ini. Selain itu, Trinder dari Taylor dan Binance juga mengatakan perusahaan kripto perlu diaudit.

Anggota komite juga bertanya kepada Trinder apakah Binance mengetahui tindakannya membongkar sebagian besar kepemilikannya di pasar atas token pertukaran FTX FTT, dan Menyetujui dan kemudian mundur dari kesepakatan untuk bailout/mengakuisisi FTX dapat menyebabkan keruntuhan dari pertukaran itu.

Trinder membantah niat tersebut dan menawarkan untuk segera mengirimkan dokumen korespondensi terkait komite untuk membenarkan tindakan Binance tidak didorong oleh niat untuk menghancurkan pesaingnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Jeremy Hunt, Inggris masih memiliki harapan untuk menjadikan negaranya pusat inovasi kripto dan ingin bekerja dengan regulator untuk memastikan tujuan ini tidak merusak stabilitas. Maka dari itu, perundingan ini diharapkan dapat menemukan titik terang tentang apa yang terjadi dalam industri kripto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.