Sukses

CEO JPMorgan Sebut Kripto Seperti Bitcoin Adalah Skema Ponzi Terdesentralisasi

Bos JPMorgan melanjutkan dengan referensi miliaran dolar hilang setiap tahun melalui kripto.

Liputan6.com, Jakarta - CEO JPMorgan, Chase Jamie Dimon mengatakan dalam sidang kongres AS token kripto, seperti bitcoin, adalah skema Ponzi terdesentralisasi. Dia mengatakan kepada anggota parlemen sangat skeptis pada token kripto. 

"Saya sangat skeptis pada token kripto yang Anda sebut mata uang, seperti bitcoin. Mereka adalah skema Ponzi yang terdesentralisasi,” ujar Dimon dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (23/9/2022). 

Bos JPMorgan melanjutkan dengan referensi miliaran dolar hilang setiap tahun melalui kripto, menghubungkan cryptocurrency dengan kejahatan seperti pembayaran ransomware, pencucian uang, perdagangan seks, dan pencurian. Dia menekankan kripto itu "berbahaya".

Eksekutif JPMorgan juga berbicara tentang stablecoin, yang menurutnya tidak akan bermasalah dengan regulasi yang tepat. 

“Tidak ada yang salah dengan stablecoin , yang seperti dana pasar uang, diatur dengan benar,” kata Dimon. 

Mengenai blockchain, dia menegaskan JPMorgan adalah pengguna besar blockchain. Seorang skeptis bitcoin lama, Dimon telah memperingatkan investor pada beberapa kesempatan untuk berhati-hati dalam berinvestasi dalam cryptocurrency. 

Dia selalu memperingatkan mereka tidak memiliki nilai intrinsik. Dia sebelumnya mengatakan bitcoin tidak berharga dan mempertanyakan persediaan BTC yang terbatas. 

Kepala JPMorgan, bagaimanapun, telah berulang kali mengatakan jika inovasi seperti blockchain dan defi adalah nyata. Pada Mei, bank investasi global mengatakan mereka mengharapkan peningkatan penggunaan blockchain di bidang keuangan.

Di sisi lain, JPMorgan menawarkan beberapa investasi terkait kripto, memiliki JPM Coin sendiri, dan memiliki lounge di metaverse. Analis JPMorgan juga lebih optimis tentang bitcoin dan cryptocurrency daripada CEO bank. 

Pada Mei, analis JPMorgan Nikolaos Panigirtzoglou menerbitkan sebuah laporan yang menyatakan bank telah menggantikan real estat dengan aset digital sebagai kelas aset alternatif pilihan bersama dengan dana lindung nilai.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Investor Hong Kong Kehilangan Rp 744,61 Miliar dari Penipuan Kripto

Sebelumnya, penipuan mata uang kripto dilaporkan telah menjadi salah satu pelanggaran dunia maya paling umum di Hong Kong selama semester I 2022, dan 25 persen melibatkan aset digital.

Jumlah skema penipuan semacam itu dapat dijelaskan dengan meningkatnya minat pada cryptocurrency yang ditampilkan oleh banyak penduduk Hong Kong. Sebuah penelitian baru-baru ini mengklasifikasikan wilayah bagian itu sebagai wilayah yang paling siap dengan kripto di seluruh dunia.

Menurut liputan South China Morning Post, telah terjadi 10.613 serangan siber di Hong Kong antara awal Januari dan akhir Juni tahun ini. 798 adalah skema penipuan terkait peningkatan cryptocurrency 105 persen mengingat periode yang sama pada  2021.

Pelaku kejahatan menghabiskan 387,9 juta dolar Hong Kong (sekitar USD 50 juta atau Rp 744,61 miliar dengan asumsi kurs rupiah 14.892 per dolar AS) dari perusahaan dan individu aset digital yang berbasis di Hong Kong  lonjakan signifikan dibandingkan dengan USD 21 juta atau Rp 312 miliar yang dicuri pada semester I 2021.

Salah satu korbannya adalah wanita berusia 30 tahun bernama Fan, yang mengelola toko penukaran mata uang di wilayah tersebut.

Beberapa bulan yang lalu, dia menerima pesan di WhatsApp dari orang tak dikenal yang menampilkan dirinya sebagai kepala platform aset digital. Penjahat itu membujuknya untuk menginvestasikan sekitar USD 280.000 di Tether (USDT).

"Empat transaksi pertama untuk menukar [cryptocurrency] Tether berjalan lancar. Korban menerima 2,7 juta dolar Hong Kong, termasuk pembayaran kepadanya untuk layanan pertukaran yang dia berikan kepada scammer. Pada saat itu, scammer mendapatkan kepercayaan korban,” kata petugas penegak hukum, dikutip dari Cryptopotato, Minggu (7/8/2022).

Namun, tak lama setelah itu, pelaku kesalahan menyarankan Fan untuk melakukan transfer akumulasi keuntungan ke dompet cryptocurrency yang meragukan. Tak perlu dikatakan, dia kehilangan akses ke asetnya sementara scammer menghentikan komunikasi dengannya.

3 dari 4 halaman

Penipuan Terkait Aset Digital Masuk Tiga Besar

Polisi Hong Kong selanjutnya menetapkan penipuan terkait aset digital adalah salah satu dari tiga penipuan teratas di Hong Kong untuk paruh pertama 2022. Dua lainnya adalah penipuan tawaran pekerjaan dan penipuan aktivitas belanja online.

Peningkatan pesat penipuan cryptocurrency di Hong Kong dapat dipicu oleh melonjaknya selera untuk aset digital, yang baru-baru ini ditunjukkan oleh penduduk. 

Sebuah survei yang dilakukan bulan lalu mengungkapkan bahwa wilayah administrasi khusus China adalah negara yang paling siap kripto secara global.

Tempat pertama adalah hasil dari kombinasi banyak faktor, termasuk sikap ramah pemerintah terhadap industri, jumlah ATM cryptocurrency, dan minat pada sektor per kapita.

Ekonomi terkemuka dunia, Amerika Serikat berada di peringkat kedua, sedangkan pusat keuangan Eropa, Swiss menyusul di posisi ketiga.

4 dari 4 halaman

Warga Kenya Rugi Rp 1,7 Triliun Akibat Penipuan Kripto

Seorang sekretaris kabinet Kenya telah mengklaim warga Kenya telah kehilangan USD 120 juta atau sekitar Rp 1,7 triliun karena penipuan kripto pada tahun keuangan terakhir. 

Sekretarisnya, Joe Mucheru, menambahkan banyak warga Kenya yang ditipu karena tidak memiliki informasi yang tepat soal aset digital tersebut. 

Dalam sambutannya saat berbicara di konferensi yang berfokus pada hukum dan ketertiban, Mucheru menyarankan media untuk berpartisipasi untuk bantu memberikan edukasi untuk mengurangi angka penipuan tersebut.  Mucheru juga mendorong terjadinya pertukaran ide dan informasi antara pemerintah Kenya dan media. 

"Dengan melakukan hal ini, kata dia, memungkinkan para pihak untuk berkolaborasi lebih jauh,” kata Mucheru, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (11/4/2022). 

"Saya pikir bahkan saat Anda melaporkan dan menyelidiki masalah ini, Anda juga dapat memberikan panduan kepada orang-orang tentang arah, di mana mereka perlu berinvestasi, bagaimana mereka perlu melindungi diri mereka sendiri,” lanjut dia. 

Kenya, seperti banyak negara Afrika lainnya, diganggu dengan penipuan yang dikemas sebagai proyek cryptocurrency yang melabeli dirinya telah teregulasi. Oleh karena itu, selain memberikan arahan kepada warga Kenya, Mucheru juga mengimbau media Kenya untuk mempertimbangkan menjadi gudang informasi yang dapat digunakan oleh investor. 

"Anda harus benar-benar membangun gudang banyak informasi yang benar-benar dibutuhkan orang,” pungkasnya. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.