Sukses

Deretan Kripto Ini Berpotensi Melemah Sepanjang Pekan Pertama September 2022

Deretan kripto yang melemah pekan pertama September 2022 dipenuhi oleh token penggemar.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kripto mengawali September 2022 masih belum mengalami pergerakan uang konsisten. Pada beberapa pekan lalu, pasar kripto sempat alami penguatan tajam, tetapi kembali anjlok tersengat sentimen The Fed.

Pada perdagangan Jumat (2/9/2022), pasar kripto terpantau alami pergerakan harga yang beragam, beberapa kripto teratas menguat, sisanya lagi harus melemah. Misalnya Bitcoin, melemah 0,30 persen dalam 24 jam terakhir, kini diperdagangkan di kisaran USD 20.055 atau sekitar Rp 298,8 juta. 

Sedangkan Ethereum berhasil menguat tipis 1,23 persen dalam sehari terakhir dan kini diperdagangkan di kisaran USD 1.578. 

Trader Tokocrypto Afid Sugiono mengatakan penurunan ini kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya, investor tengah menjaga jarak dengan market setelah mencemaskan pengetatan kebijakan moneter The Fed, setelah pejabat otoritas moneter tersebut silih berganti menyuarakan sikap hawkish-nya.

“Kemungkinan besar The Fed berkomitmen untuk meneruskan sikap suku bunga tinggi demi mengekang inflasi AS. Proyeksi The Fed akan mengerek suku bunga acuannya sebesar 75 basis poin di rapat komite pasar terbuka federal (FOMC) bulan ini,” ujar Afid dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (2/9/2022).

Dalam kondisi yang sedang melemah ini, Afid membagikan deretan kripto yang masih berpotensi melemah sepanjang pekan pertama September 2022. Hal yang unik, dalam deretan kripto ini dipenuhi oleh token penggemar. Adapun deretannya sebagai berikut:

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lazio hingga Nexo

1. S.S. Lazio Fan Token (LAZIO)

LAZIO adalah Fan Token yang dikeluarkan oleh klub sepak bola, SS Lazio asal Italia bermitra dengan Socios. LAZIO mengikuti model Fan Token klub sepak bola lainnya. Afid melihat LAZIO berpotensi bearish pada pekan ini karena sudah membentuk overbought atau jenuh beli yang menunjukkan periode waktu dimana terjadi suatu pergerakan uptrend yang signifikan dan konsisten. 

2. FC Porto Fan Token (PORTO)

PORTO memiliki nasib yang sama dengan LAZIO. Afid melihat Fan Token PORTO sudah membentuk pola overbought di mana situasi ini secara teknikal ada kemungkinan investor melakukan profit taking sehingga harga saham berpeluang turun.

"Dari segi analisis teknikalnya pergerakan PORTO kemungkinan besar akan menarik turun. Kemungkinan besar akan ada penurunan di kisaran USD 5. Level support PORTO yang ditetapkan di sekitar USD 4,71," ucap Afid.

3. Alpine F1 Team Fan Token (ALPINE)

Afid menjelaskan selain LAZIO dan PORTO, Fan Token lainnya yang kemungkinan besar memasuki fase bearish adalah ALPINE. "Token ALPINE juga sudah membentuk overbought, investor perlu berhati-hati dalam mengambil keputusan investasi," jelasnya.

Selama lima hari terakhir, ALPINE telah mendapatkan peringkat Bullish. Alpine saat ini berada di atas resistance. Dengan support yang ditetapkan di sekitar USD 3,11, ALPINE berpotensi dalam posisi bergejolak jika reli habis.

 

3 dari 4 halaman

PYR-NEXO

4. Vulcan Forged PYR (PYR)

Vulcan Forged Utility (PYR) adalah token kripto yang juga kompatibel dengan ERC20 dan dapat digunakan pada berbagai platform yang mendukung ekosistem Vulcan Forged. Token PYR dapat digunakan dalam di market Vulcan Forged dan VulcanVerse.

Afid melihat PYR juga sudah overbought dan membentuk candlestick reverse cup and handle pattern di mana pola grafik yang menunjukkan sinyal bearish yang mengindikasikan tren penurunan harga. Penurunan kemungkinan besar akan menuju harga USD 3.16 atau turun 14 persen.

5. Nexo (NEXO)

Nexo adalah platform pinjaman berbasis blockchain yang didukung aset kripto kepada pengguna. Nexo didirikan oleh tim profesional keuangan dan penggemar kripto, yang beralih ke blockchain untuk menciptakan aset kripto yang setara dengan layanan yang mapan dalam keuangan tradisional.

Afid mengatakan NEXO ada kemungkinan bearish pekan ini. "Ada sentimen negatif dari Nexo yang mengambil tindakan hukum terhadap mantan direkturnya, Georgi Shulev yang mengakibatkan kerugian USD  7,9 juta."

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Jumat Pagi 2 September 2022

Sebelumnya, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Jumat, 2 September 2022. Mayoritas kripto berhasil bertengger di zona hijau dengan penguatan tipis.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Jumat (2/9/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat tipis 0,16 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 6,84 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 20.110 per koin atau setara Rp 299,6 juta (asumsi kurs Rp 14.902 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih menguat pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik 1,68 persen, tetapi masih ambles 6,53 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.588 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih terpuruk di zona merah. Dalam 24 jam terakhir BNB merosot 0,80 persen dan 8,10 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 277,85 per koin. 

Kemudian Cardano masih menguat terbatas sejak kemarin. Dalam satu hari terakhir ADA menguat tipis 1,00 persen, tetapi masih melemah 2,14 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4573 per koin.

Adapun Solana (SOL) harus kembali melemah pagi ini Sepanjang satu hari terakhir SOL anjlok 1,60 persen dan 11,28 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 31,54 per koin.

Sedangkan XRP pada pagi ini masih bertahan di zona hijau XRP menguat 0,96 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih turun 4,72 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3327 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,04 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi harganya masih bertahan di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam naik dari kisaran USD 981,1  miliar menjadi USD 983,3 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.

    The Fed

  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.

    Bitcoin

  • Sebuah perkumpulan olahraga profesional Italia yang berbasis di Roma, Italia, terkenal dengan cabang sepak bolanya
    Sebuah perkumpulan olahraga profesional Italia yang berbasis di Roma, Italia, terkenal dengan cabang sepak bolanya

    Lazio

  • Porto

  • ALPINE

  • PYR

  • Nexo