Sukses

Perusahaan Kripto di Brasil Pangkas 100 Karyawan Akibat Kesulitan Ekonomi

Pemberhentian ini akibat kesulitan ekonomi yang terus berlanjut.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan induk untuk pertukaran kripto terbesar di Brasil berdasarkan penilaian, Mercado Bitcoin memberhentikan 15 persen dari tenaga kerjanya, atau sekitar 100 karyawan pada Kamis, 1 September 2022 waktu setempat. 

Perusahaan menyebutkan dalam sebuah pernyataan pemberhentian ini akibat kesulitan ekonomi yang terus berlanjut. Ini juga merupakan kali kedua PHK yang dilakukan perusahaan yang sebelumnya pada Juni memberhentikan 80 pekerja. 

Dalam sebuah wawancara dengan CoinDesk, perusahaan mencatat persaingan tidak seimbang di mana pertukaran kripto asing tidak mengikuti standar pelaporan dan KYC yang sama dengan pemain domestik.

“Lingkungan kompetitif tetap memburuk dan tidak adil, kurangnya persetujuan kerangka hukum untuk aktivitas kripto, karena pemain yang mengikuti hukum dihukum oleh perusahaan yang mengabaikan aturan lokal,” kata Mercado Bitcoin, dikutip dari CoinDesk, Jumat (2/9/2022). 

Di sisi lain, regulator Brasil belum memberikan suara pada RUU kripto yang telah disetujui oleh Senat lokal pada April. ABCripto, sebuah asosiasi bursa domestik, telah meminta Kamar Deputi untuk meminta bursa yang sudah memiliki nomor identifikasi untuk mengajukan izin di Brasil. 

Perusahaan terkait kripto lainnya di Amerika Latin yang mengumumkan PHK baru-baru ini termasuk pertukaran kripto Bitso, pesaing utama Mercado Bitcoin di Brasil dan pertukaran Buenbit yang berbasis di Argentina, yang memangkas 45 persen stafnya.

Sebelumnya, Mercado Bitcoin pada Juli 2021 berhasil mengumpulkan USD 200 juta atau setara Rp 2,9 triliun dalam putaran pendanaan Seri B, yang pada saat itu Mercado Bitcoin bernilai USD 2,1 miliar.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pasar Kripto Goyah, Coinbase Berhentikan 1.100 Karyawan

Sebelumnya, pertukaran cryptocurrency, Coinbase akan memangkas 18 persen dari pekerjaan penuh waktu, menurut email yang dikirim ke karyawan pada Selasa, 14 Juni 2022. Coinbase memiliki sekitar 5.000 pekerja penuh waktu, yang berarti pengurangan jumlah 18 persen akan setara dengan 1.100 orang.

CEO Coinbase, Brian Armstrong menunjukkan kemungkinan resesi dan kebutuhan untuk mengelola tingkat pembakaran Coinbase dan meningkatkan efisiensi. Dia juga mengatakan, perusahaan tumbuh "terlalu cepat" selama pasar bullish. 

“Kami tampaknya memasuki resesi setelah ledakan ekonomi 10+ tahun. Resesi dapat menyebabkan musim dingin kripto lainnya, dan dapat berlangsung untuk waktu yang lama,” ujar Armstrong dalam email dikutip dari CNBC, Rabu (15/6/20222).

Armstrong menambahkan crypto winter yang lalu telah mengakibatkan penurunan signifikan dalam aktivitas perdagangan. 

"Meskipun sulit untuk memprediksi ekonomi atau pasar, kami selalu merencanakan yang terburuk sehingga kami dapat mengoperasikan bisnis melalui lingkungan apa pun," ujar dia.

 

3 dari 4 halaman

Hentikan Perekrutan

Coinbase awalnya mengatakan akan menghentikan perekrutan. Dua minggu kemudian, raksasa kripto itu mengumumkan mereka memperpanjang pembekuan rekrutmen untuk mempersiapkan masa depan. Awal tahun ini, Coinbase mengatakan pihaknya berencana menambah 2.000 pekerjaan di seluruh divisi produk, teknik, dan desain.

“Biaya karyawan kami terlalu tinggi untuk mengelola pasar yang tidak pasti ini secara efektif. Sementara kami mencoba yang terbaik untuk mendapatkan ini dengan benar, dalam hal ini sekarang jelas bagi saya bahwa kami mempekerjakan berlebihan,” tutur Amstrong.

Berita itu datang selama penurunan mendalam untuk saham Coinbase. Coinbase go public melalui daftar langsung April lalu selama booming di pasar kripto dan investor berteriak-teriak untuk saham teknologi pertumbuhan tinggi. 

Sejauh ini saham Coinbase turun 79 persen sepanjang 2022 dan 85 persen dari tertinggi sepanjang masa. Sementara itu, bitcoin telah turun mendekati USD 22.000 atau sekitar Rp 324,7 juta dan telah kehilangan 53 persen nilainya tahun ini.

4 dari 4 halaman

Kinerja Coinbase

Coinbase yang berbasis di San Francisco melaporkan penurunan pengguna pada kuartal terakhir dan penurunan pendapatan sebesar 27 persen dari tahun lalu. Perusahaan mendapatkan sebagian besar top line dari biaya transaksi, yang terkait erat dengan aktivitas perdagangan.

Presiden dan Chief Operating Officer Coinbase, Emilie Choi menyebutnya sebagai “keputusan yang sangat sulit untuk Coinbase” tetapi mengingat latar belakang ekonomi, dia mengatakan itu terasa seperti hal yang paling bijaksana untuk dilakukan saat ini.

Karyawan yang terkena dampak menerima pemberitahuan dari divisi sumber daya manusia. Memo itu dikirim ke email pribadi karena Coinbase memutuskan akses ke sistem perusahaan. 

Armstrong menyebutnya “satu-satunya pilihan praktis" mengingat jumlah karyawan yang memiliki akses ke informasi pelanggan, dan cara untuk "memastikan tidak ada satu orang pun yang membuat keputusan terburu-buru yang merugikan bisnis atau diri mereka sendiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.