Sukses

Tether Ungkap Cadangan Asetnya Turun pada Juni 2022

Pernyataan cadangan aset ini disampaikan Tether dalam situs web perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan, stablecoin terbesar di dunia, Tether berdasarkan mengatakan pada Jumat, 19 Agustus 2022 mereka memiliki cadangan senilai USD 66,4 miliar atau sekitar Rp 989,8 triliun pada akhir Juni. Cadangan aset itu turun dari USD 82,4 miliar pada akhir Maret.

Pernyataan cadangan ini disampaikan Tether dalam situs web. Mereka juga mengatakan telah beralih ke perusahaan akuntansi BDO Italia untuk mengesahkan cadangannya dan akan bertujuan untuk merilis laporan bulanan pada akhir tahun.

Walaupun cadangan aset turun ke USD 66,4 miliar, nilai itu masih melebihi kewajibannya yang harus memiliki cadangan aset USD 66,2 miliar, kata BDO Italia dalam pernyataannya.

Laporan Terlihat Positif

Mitra investasi di Securitize Capital, Joseph Edwards, mengatakan laporan cadangan aset milik Tether dinilai masih positif.

"Laporan itu sendiri terlihat positif untuk Tether dan memperkuat mungkin tidak ada kejadian bank run yang cukup besar untuk menurunkan mereka ke bagian perbendaharaan mereka yang mungkin dipertanyakan," kata Edwards dikutip dari Channel News Asia, Selasa (23/8/2022). 

Pada Juli 2022, Tether mengungkapkan telah memangkas kepemilikan surat berharga sebagai bagian dari rencana untuk mengurangi eksposur terhadap aset berisiko sebagai aset cadangan.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Sorotan Regulator

Stablecoin Jadi Sorotan Regulator

Stablecoin adalah jenis cryptocurrency yang dirancang untuk menjaga nilai konstan, seperti pasak dolar AS 1:1. Mereka banyak digunakan dalam perdagangan cryptocurrency untuk memindahkan dana antara cryptocurrency yang berbeda atau menjadi uang tunai biasa.

Tether mengatakan koinnya mempertahankan nilainya dengan memegang cadangan dalam mata uang dolar agar sesuai atau melebihi nilai koin Tether yang beredar. 

Regulator keuangan di seluruh dunia telah memperingatkan stablecoin dapat menimbulkan risiko bagi stabilitas keuangan yang lebih luas, dengan Inggris di antara ekonomi utama yang ingin mengatur sektor ini. 

Adapun kasus stablecoin algoritmik Terra USD (UST) yang kehilangan pasak dolarnya telah membuat para regulator di seluruh dunia memperketat pengawasannya pada aset kripto stablecoin.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tether Bakal Luncurkan Stablecoin Baru, Dipatok Pakai Poundsterling

Sebelumnya,Tether, perusahaan di belakang stablecoin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, telah mengumumkan peluncuran stablecoin lain yang dipatok fiat yang disebut GBPT pada Rabu, 22 Juni 2022. Stablecoin ini terkait dengan nilai Poundsterling Inggris.

Tether mengumumkan peluncuran GBPT, sebuah stablecoin yang awalnya akan dikeluarkan oleh blockchain Ethereum. GBPT dipatok dengan nilai poundsterling Inggris, mata uang fiat tertua di dunia, pertama kali diterbitkan pada 1694.

"GBPT akan menjadi aset digital stabil yang dipatok 1 banding 1 terhadap Poundsterling Inggris. GBPT akan dibangun oleh tim pengembang tepercaya di balik tether USDT dan beroperasi di bawah tether.to,” isi pengumuman perusahaan, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (23/6/2022).

"Pembuatan GBPT akan menempatkan British Pounds di blockchain dan memberikan opsi yang lebih cepat dan lebih murah untuk transfer aset,” lanjut pengumuman tersebut.

CTO Tether, Paolo Ardoino mengatakan, Inggris adalah perbatasan berikutnya untuk inovasi blockchain dan implementasi cryptocurrency yang lebih luas untuk pasar keuangan.

"Kami berharap dapat membantu memimpin inovasi ini dengan memberi pengguna cryptocurrency di seluruh dunia akses ke stablecoin berdenominasi GBP yang dikeluarkan oleh penerbit stablecoin terbesar,” kata Ardoino. 

"Tether siap dan bersedia bekerja sama dengan regulator Inggris untuk mewujudkan tujuan ini dan menantikan adopsi berkelanjutan dari stablecoin Tether,” lanjut dia.

4 dari 4 halaman

Kapitalisasi Pasar USDT Mendominasi 7,03 Persen

Tether adalah pemilik USDT, stablecoin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar saat ini dengan USD 68 miliar atau sekitar Rp 1.008 triliun dan proyek ini baru saja diluncurkan di jaringan Polygon. Selama dua bulan terakhir, lebih dari 12 miliar USDT telah dihapus dari peredaran.

Dari ekonomi kripto senilai USD 956 miliar, kapitalisasi pasar USDT mendominasi sebesar 7,035 persen dan merupakan kapitalisasi pasar aset kripto terbesar ketiga dari 13.471 aset kripto.

Pengumuman GBPT Tether pada Rabu mengikuti peluncuran koin euro (EUROC) Circle baru-baru ini. EUROC adalah stablecoin kedua yang dipatok fiat Circle, sementara Tether telah merilis beberapa jenis yang berbeda selama bertahun-tahun.

Tether memiliki stablecoin yang dipatok ke yuan China yang disebut CNHT dan stablecoin berbasis euro yang disebut EURT. Pada akhir Mei, Tether juga meluncurkan token yang dipatok fiat peso Meksiko yang disebut MXNT.

Tak hanya dipatok fiat, Tether juga memiliki token yang terikat dengan nilai satu ons emas murni yang disebut XAUT. Tether gold atau XAUT memiliki penilaian pasar keseluruhan sekitar USD 458,3 juta hari ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.