Sukses

Ketahui 12 Jenis Kripto Terpopuler Nih, Apa Saja?

Memang, bitcoin mungkin termasuk mata uang kripto besar pertama yang memasuki pasar.

Liputan6.com, Jakarta Bitcoin mungkin lebih dikenal oleh banyak orang. Padahal kripto bukan hanya tentang bitcoin. Ada pula mata uang digital jenis lainnya yang perlu diketahui.

Memang, bitcoin mungkin termasuk mata uang kripto besar pertama yang memasuki pasar. Diperkirakan memulai debutnya pada tahun 2009. Namun, ada pula jenis mata uang digital lainnya yang telah menjadi populer.

Lantas, apa saja jenis-jenis kripto?

Berikut ini cryptocurrency terbesar dengan total nilai dolar dari koin yang ada berdasarkan CoinMarketCap.com per 25 Juli 2022 seperti melansir Bankrate, Jumat (29/7/2022).

Cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar

1. Bitcoin (BTC)

Harga: USD 21,891

Kapitalisasi pasar: USD 418 miliar

Sebagai pertanda era cryptocurrency, bitcoin masih menjadi coin yang umumnya dirujuk orang ketika berbicara tentang mata uang digital. Penciptanya yang misterius — diduga Satoshi Nakamoto — memulai debut mata uangnya pada tahun 2009 dan semakin meningkat secara signifikan sejak saat itu. Namun, barulah pada tahun 2017 cryptocurrency mulai populer.

2. Ethereum (ETH)

Harga: USD 1.521

Kapitalisasi pasar: USD 185 miliar

Ethereum — nama untuk platform cryptocurrency — adalah nama kedua yang paling mungkin dikenal di ruang crypto. Sistem ini memungkinkan Anda untuk menggunakan eter (mata uang) untuk melakukan sejumlah fungsi, tetapi aspek kontrak cerdas Ethereum membantu menjadikannya mata uang yang populer.

3. Tether (USDT)

Harga: USD 1,00

Kapitalisasi pasar: USD 66 miliar

Harga Tether berlabuh pada USD 1 per koin. Itu karena itulah yang disebut stablecoin. Stablecoin terikat dengan nilai aset tertentu, dalam kasus Tether, Dolar AS. Tether sering bertindak sebagai media ketika pedagang berpindah dari satu cryptocurrency ke cryptocurrency lainnya. Alih-alih kembali ke dolar, mereka menggunakan Tether. Namun, beberapa orang khawatir bahwa Tether tidak didukung dengan aman oleh dolar yang disimpan sebagai cadangan, melainkan menggunakan bentuk utang tanpa jaminan jangka pendek.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Koin USD (USDC)

Harga: USD 1,00

Kapitalisasi pasar: USD 55 miliar

Seperti Tether, USD Coin adalah stablecoin yang dipatok terhadap dolar. Itu artinya nilainya tidak boleh berfluktuasi. Pendiri mata uang mengatakan bahwa itu didukung oleh aset yang sepenuhnya dipesan atau yang memiliki "nilai wajar yang setara" dan aset tersebut disimpan dalam rekening dengan lembaga AS yang diatur.

5. Binance Coin (BNB)

Harga: USD 255.97

Kapitalisasi pasar: USD 41 miliar

Binance Coin adalah mata uang kripto yang dikeluarkan oleh Binance yang merupakan salah satu bursa kripto terbesar di dunia. Meskipun awalnya dibuat sebagai token untuk membayar perdagangan yang didiskon, Binance Coin sekarang dapat digunakan untuk pembayaran serta pembelian berbagai barang dan jasa.

6. Binance USD (BUSD)

Harga: USD 1,00

Kapitalisasi pasar: USD 18 miliar

Binance USD adalah stablecoin yang didukung dolar dari pertukaran crypto teratas Binance dalam kemitraan dengan Paxos. Binance USD diluncurkan pada 2019 dan diatur oleh Departemen Layanan Keuangan New York. BUSD berjalan di atas blockchain Ethereum.

7. XRP (XRP)

Harga: USD 0,3465

Kapitalisasi pasar: USD 17 miliar

Sebelumnya dikenal sebagai Ripple dan dibuat pada tahun 2012, XRP menawarkan cara untuk membayar dalam banyak mata uang dunia nyata yang berbeda. Ripple dapat berguna dalam transaksi lintas batas dan menggunakan mekanisme tanpa kepercayaan untuk memfasilitasi pembayaran.

8. Cardano (ADA)

Harga: USD 0,491

Kapitalisasi pasar: USD 16 miliar

Cardano adalah platform cryptocurrency yang dibuat oleh salah satu pendiri Ethereum. Cardano juga menggunakan kontrak pintar sehingga memungkinkan manajemen identitas.

 

3 dari 3 halaman

9. Solana (SOL)

Harga: USD 38.37

Kapitalisasi pasar: USD 13 miliar

Diluncurkan pada Maret 2020, Solana adalah mata uang kripto yang lebih baru dan memuji kecepatannya dalam menyelesaikan transaksi dan kekokohan keseluruhan platform "skala web". Penerbitan mata uang, yang disebut SOL, dibatasi pada 480 juta koin.

10. Dogecoin (DOGE)

Harga: USD 0,06481

Kapitalisasi pasar: USD 9 miliar

Awalnya dibuat sebagai lelucon setelah kenaikan Bitcoin, Dogecoin mengambil namanya dari meme internet yang menampilkan anjing Shiba Inu. Tidak seperti banyak mata uang digital yang membatasi jumlah koin yang ada, Dogecoin memiliki penerbitan tidak terbatas. Selain itu, Dogecoin dapat digunakan untuk pembayaran atau pengiriman uang.

11. Dai (DAI)

Harga: USD 1,00

Kapitalisasi pasar: USD 7 miliar

Dai adalah stablecoin berbasis Ethereum yang dikeluarkan oleh MakerDAO yang terkait dengan nilai Dolar AS. Dai membantu memfasilitasi pinjaman dengan jaminan kripto menggunakan Protokol Pembuat. Stablecoin tersedia di sejumlah bursa terpusat dan terdesentralisasi.

12. Polkadot (DOT)

Harga: USD 7.04

Kapitalisasi pasar: USD 7 miliar

Diluncurkan pada Mei 2020, Polkadot adalah mata uang digital yang menghubungkan teknologi blockchain dari berbagai cryptocurrency. Salah satu pendiri Ethereum adalah salah satu penemu Polkadot, dan beberapa pengamat industri percaya bahwa Polkadot ingin melengserkan Ethereum.

Pada intinya, pasar cryptocurrency adalah Wild West, meskipun tampaknya pemerintah AS akan mengambil peran lebih aktif dalam mengawasi ruang crypto sehingga mereka yang berspekulasi dalam aset digital ini tidak boleh memasukkan lebih banyak uang daripada yang mereka mampu untuk kehilangan.

Sementara itu, volatilitas sangat tinggi dengan aset crypto berfluktuasi secara signifikan pada tahun 2022. Pasar telah jatuh sejak mencapai tertinggi sepanjang masa pada November 2021.

Bahkan investor individu dapat berdagang melawan pemain yang sangat canggih, menjadikannya pengalaman yang penuh bagi pemula.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.