Sukses

Elon Musk Tegaskan Komitmen Terus Dukung Dogecoin

Liputan6.com, Jakarta - CEO Tesla dan Spacex, Elon Musk kembali menegaskan komitmennya terhadap dogecoin (DOGE). Dia menegaskan akan terus membeli dan mendukung cryptocurrency meme populer itu. 

Pada Minggu, Elon Musk menulis cuitan, dia akan terus mendukung DOGE. Dia juga mengindikasikan akan terus membeli koin meme. 

"Saya akan terus mendukung Dogecoin," tweet Musk kepada hampir 99 juta pengikutnya pada 19 Juni, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (20/6/2022).

Tak sampai situ, pada Sabtu, bos Tesla juga menyebut DOGE di Twitter sebagai tanggapan atas tweet oleh co-creator Dogecoin Billy Markus. Markus menyatakan keinginannya agar orang-orang dapat menggunakan DOGE untuk sesuatu yang lebih dibandingkan hanya untuk skema pump and dump.

Bukan Musk jika cuitannya tentang Dogecoin tidak bisa membuat harga DOGE berubah. Setelah saat cuitan tersebut, DOGE diperdagangkan pada USD 0,062662, atau sekitar Rp 928,84, naik 25 persen dalam 24 jam terakhir.

Musk telah lama dikenal sebagai pendukung dogecoin. Di komunitas kripto, Musk juga dijuluki sebagai Dogefather. Dia percaya DOGE adalah kripto rakyat dan memiliki potensi sebagai mata uang. Sebaliknya, dia mengatakan bitcoin lebih cocok sebagai penyimpan nilai.

Musk juga sebelumnya mengungkapkan dia secara pribadi memiliki beberapa DOGE selain BTC dan ETH sebagai aset investasinya. 

Pekan lalu, seorang investor dogecoin menggugat Musk, Tesla, dan Spacex karena mempromosikan meme kripto. Gugatan class action senilai USD 258 miliar menuduh Musk dan perusahaannya “secara keliru dan menipu mengklaim dogecoin adalah investasi yang sah ketika tidak memiliki nilai sama sekali”.

Penggugat mengklaim Musk, Tesla, dan Spacex terlibat dalam skema piramida kripto (alias skema Ponzi) melalui mata uang kripto dogecoin.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Investor Dogecoin Gugat Elon Musk Rp 3.825 Triliun, Ada Apa?

Sebelumnya, Elon Musk digugat sebesar USD 258 miliar atau sekitar Rp 3.825 triliun pada Kamis, 16 Juni 2022 oleh seorang investor Dogecoin yang menuduhnya menjalankan skema piramida untuk mendukung cryptocurrency.

Dalam pengaduan yang diajukan di pengadilan federal di Manhattan, penggugat Keith Johnson menuduh Musk, perusahaan mobil listrik Tesla Inc dan perusahaan pariwisata luar angkasa SpaceX melakukan pemerasan karena menggembar-gemborkan Dogecoin dan menaikkan harganya, hanya untuk kemudian membiarkan harganya jatuh.

"Terdakwa menyadari sejak 2019 bahwa Dogecoin belum memiliki nilai yang mempromosikan dogecoin untuk mendapat untung dari perdagangannya," isi pengaduan, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (17/6/2022). 

"Musk menggunakan statusnya sebagai orang Terkaya di Dunia untuk mengoperasikan dan memanipulasi Skema Piramida Dogecoin untuk keuntungan, eksposur, dan hiburan,” lanjut pengaduan itu.

Kasusnya dengan nama Johnson v. Musk dkk, Pengadilan Distrik AS, Distrik Selatan New York, No. 22-05037 tersebut juga mengumpulkan komentar dari Warren Buffett, Bill Gates, dan lainnya yang mempertanyakan nilai cryptocurrency. 

Seorang pengacara untuk Johnson tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang bukti spesifik apa yang dimiliki atau diharapkan kliennya yang membuktikan Dogecoin tidak berharga dan para terdakwa menjalankan skema piramida.

 

3 dari 5 halaman

Minta Ganti Rugi Tiga Kali Lipat

Johnson meminta ganti rugi sebesar USD 86 miliar, mewakili penurunan nilai pasar Dogecoin sejak Mei 2021, dan menginginkannya tiga kali lipat.

Dia juga ingin memblokir Musk dan perusahaannya dari mempromosikan Dogecoin dan hakim untuk menyatakan perdagangan Dogecoin adalah perjudian di bawah undang-undang federal dan New York.

Keluhan tersebut mengatakan aksi jual Dogecoin dimulai sekitar waktu Musk menjadi tuan rumah acara NBC "Saturday Night Live dan, memainkan ahli keuangan fiktif di segmen "Pembaruan Akhir Pekan". 

Tesla pada Februari 2021 mengatakan telah membeli USD 1,5 miliar bitcoin dan untuk waktu yang singkat menerimanya sebagai pembayaran untuk kendaraan. Dogecoin diperdagangkan sekitar 5,8 sen pada Kamis, turun dari harga tertinggi pada Mei 2021 di sekitar 74 sen.

4 dari 5 halaman

Dogecoin Kehilangan Nilai 91 Persen dari Harga Tertinggi Tahun Lalu

Sebelumnya, penggemar Dogecoin telah menyaksikan aset koin meme terbesar merosot nilainya dari minggu ke minggu. Secara keseluruhan, DOGE telah kehilangan sekitar 91 persen nilai dari tertinggi sepanjang masa. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Kamis (16/6/2022), meskipun masih merupakan 10 cryptocurrency teratas, dogecoin (DOGE) telah kehilangan banyak nilai sejak aset tertinggi sepanjang masa pada 8 Mei 2021. 

Lebih dari setahun yang lalu DOGE diperdagangkan di harga USD 0,739 atau sekitar Rp 10.756 per unit dan hari ini kisaran harga untuk DOGE adalah antara USD 0,064 hingga USD 0,072 per koin.

Pada Minggu, 12 Juni 2022, ada sekitar USD 567 juta dalam volume perdagangan DOGE di seluruh dunia selama 24 jam terakhir. Valuasi pasar Dogecoin hari ini adalah USD 8,68 miliar yang setara dengan 0,755 persen dari ekonomi kripto senilai USD 1,15 triliun. 

Sementara kapitalisasi pasar terbesar kesepuluh, DOGE berada di bawah solana (SOL) dan tepat di atas polkadot (DOT). DOGE kehilangan 21 persen dalam 30 hari, dan 19,9 persen dari persentase itu telah dihapus selama dua minggu terakhir. 

Saat ini, seluruh ekonomi meme-coin bernilai USD 14,4 miliar dan DOGE setara dengan 60,27 persen dari nilai itu. Selebihnya ditempati oleh shiba inu (SHIB) dan segudang meme coin kripto baru yang lahir selama setahun terakhir.

 

5 dari 5 halaman

Penambang DOGE

Selain itu, pendapatan penambangan DOGE kehilangan lebih dari 76 persen tahun lalu. Dari 15 aset kripto yang dapat ditambang, DOGE adalah yang ke-11 paling menguntungkan dalam daftar. 

Penambang DOGE mencapai hashrate tertinggi sepanjang masa pada 23 April 2022, pada ketinggian blok 4.196.514 ketika mencapai 1,34 petahash per detik (PH/s).

Hari ini, hashrate DOGE meluncur pada 362,97 terahash per detik (TH/s), yang merupakan penurunan 72,91 persen dari tertinggi 1,34 PH/s. Baik pendapatan penambangan DOGE dan hashrate keseluruhan anjlok banyak selama dua bulan terakhir. Meskipun DOGE telah turun nilainya, ini bukan pasar beruang pertama dari meme koin.

DOGE telah melalui masa-masa sulit selama dekade terakhir dan bisa dibilang akan bertahan lebih lama daripada beberapa aset koin meme baru yang dibuat selama 12 bulan terakhir. Satu-satunya koin meme lain yang mendekati DOGE adalah shiba inu (SHIB) dengan penilaian pasar USD 5,15 miliar.