Sukses

Senator AS Perkenalkan RUU Baru yang Atur Kripto Sebagai Komoditas

Menurut para senator, kripto beroperasi lebih seperti komoditas daripada sekuritas.

Liputan6.com, Jakarta - Sepasang senator bipartisan AS meluncurkan RUU pada Selasa, 7 Juni 2022 yang akan menetapkan aturan baru untuk cryptocurrency dan menyerahkan sebagian besar pengawasan mereka kepada Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC).

RUU tersebut, diperkenalkan oleh Senator Republik, Cynthia Lummis salah satu pendukung kripto paling vokal di Kongres dan Senator Demokrat, Kirsten Gillibrand, menandai salah satu upaya paling ambisius oleh anggota parlemen untuk menempatkan pagar pengaman yang jelas di sekitar pasar cryptocurrency yang berkembang pesat dan kontroversial.

Langkah tersebut akan menetapkan CFTC, bukan Komisi Sekuritas dan Bursa, memainkan peran utama dalam mengatur produk kripto, yang sebagian besar menurut para senator beroperasi lebih seperti komoditas daripada sekuritas. 

CFTC yang lebih kecil umumnya dipandang sebagai regulator yang lebih ramah untuk cryptocurrency, karena SEC biasanya menemukan produk kripto harus mematuhi sejumlah persyaratan sekuritas.

RUU itu diperkirakan tidak akan menjadi undang-undang di sesi Kongres saat ini, dengan pemilihan paruh waktu hanya beberapa bulan lagi, tetapi kerangka kerjanya dapat berfungsi sebagai titik awal untuk perdebatan di masa depan tentang cara terbaik untuk mengawasi pasar tersebut.

Seorang analis Cowen Washington Research Group, Jaret Seiberg berharap RUU ini akan menjadi titik awal perdebatan tahun depan terlepas dari partai mana yang mengontrol DPR atau Senat.

“Yang penting adalah ada upaya bipartisan untuk membawa kripto ke dalam rezim regulasi yang ada bahkan jika detailnya kemungkinan akan berubah,” ujar Seiberg dikutip dari Channel news Asia, Rabu (8/6/2022). 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Poin RUU Kripto

Para senator mengatakan RUU itu bertujuan memberikan kepastian dan kejelasan ke pasar kripto, di samping perlindungan konsumen.

Di antara item lainnya, RUU tersebut akan menetapkan aturan baru untuk "stablecoin", yang merupakan token yang dimaksudkan agar nilainya dipatok ke aset tradisional seperti dolar AS. Produk-produk tersebut berada di bawah tekanan yang signifikan akhir-akhir ini setelah jatuhnya nilai stablecoin terkenal, Terra USD.

RUU baru akan mengharuskan penerbit stablecoin untuk mempertahankan aset likuid berkualitas tinggi yang setara dengan nilai semua stablecoin yang beredar, dan pengungkapan publik dari kepemilikan tersebut.

Mereka menambahkan RUU itu adalah produk dari diskusi berbulan-bulan dengan sesama senator, termasuk Partai Republik seperti Pemimpin Minoritas Mitch McConnell dan Pat Toomey, serta Demokrat seperti Ron Wyden.

3 dari 4 halaman

Ingin Lemahkan Rusia, Senator AS Minta Regulator Perketat Pengawasan Kripto

Sebelumnya, ketika pemerintah di seluruh dunia memberikan sanksi terhadap Rusia setelah invasinya ke Ukraina, Senator AS Elizabeth Warren khawatir cryptocurrency dapat memberi Rusia cara untuk menghindari sanksi. 

Menurut Warren cryptocurrency berisiko merusak sanksi terhadap Rusia, memungkinkan Putin dan rekan-rekan dekatnya  menghindari kesulitan ekonomi.

"Kita regulator keuangan perlu menanggapi ancaman ini dengan serius dan meningkatkan pengawasan mereka terhadap aset digital,” kata Warren dalam cuitan di Twitter, dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (9/3/2022). 

Tweet Senator Warren sangat dikritik oleh komunitas kripto global. Beberapa orang menyebutnya bodoh sementara yang lain mengatakan dia berbohong. 

"Jadi apa yang Anda katakan adalah bahwa mata uang tanpa kewarganegaraan, tanpa izin, terdesentralisasi, dan tahan sensor berada di luar kendali Anda sehingga harus dihentikan?” cuitan salah satu netizen mengomentari tweet Warren. 

Senator AS lainnya, Ted Cruz dari Texas baru-baru ini juga mengatakan, Senator Warren tidak menyukai Bitcoin dan cryptocurrency karena dia tidak dapat mengendalikannya.

Direktur eksekutif lembaga think tank Coin Center, Jerry Brito mengungkapkan, potensi Rusia menggunakan kripto untuk menghindari mungkin saja. Namun, dia tidak melihat kripto dapat digunakan Rusia untuk merusak langkah-langkah yang telah diambil regulator. 

4 dari 4 halaman

Analis Skeptis Soal Peluang Jaringan Baru Terra

Sebelumnya, versi baru dari kripto Luna yang runtuh beberapa pekan lalu kini sudah tersedia dan diperdagangkan di berbagai bursa utama, Namun, koin Luna tersebut memulai debut dengan awal yang buruk.

Setelah mencapai puncak USD 19,53 atau sekitar Rp 284.626 pada Sabtu, token Luna baru turun serendah USD 4,39 hanya beberapa jam kemudian. Menurut data CoinMarketCap, sejak itu menetap dengan harga sekitar USD 5,90.

Kepala internasional di pertukaran kripto Luno, Vijay Ayyar mengatakan, banyak investor yang terbakar oleh bencana tidak mungkin mempercayai Terra untuk kedua kalinya.

"Ada kehilangan kepercayaan besar-besaran dalam proyek tersebut,” ujar Ayyar dikutip dari CNBC, Selasa (31/5/2022). 

Di sisi lain, para analis juga sangat skeptis tentang peluang keberhasilan blockchain Terra yang dihidupkan kembali. Blockchain itu harus bersaing dengan sejumlah jaringan lain yang disebut “Lapisan 1” infrastruktur yang menopang cryptocurrency seperti ethereum, solana, dan cardano.

Pekan lalu, pendukung proyek blockchain Terra memilih untuk menghidupkan kembali luna tetapi tidak dengan stablecoin terra USD (UST), yang jatuh di bawah pasak dolar. Hal itu menyebabkan kepanikan di pasar kripto. Akibat insiden itu, token Luna sebelumnya (Luna Classic) juga kehilangan nilainya karena UST dan Luna saling terkait. 

Sekarang, luna memiliki iterasi baru, yang oleh investor disebut Terra 2.0. Itu sudah diperdagangkan di bursa termasuk Bybit, Kucoin dan Huobi. Binance, pertukaran kripto terbesar di dunia, mengatakan akan mendaftarkan Luna pada Selasa.

Terra mendistribusikan token luna melalui apa yang disebut "airdrop". Sebagian besar akan diberikan kepada mereka yang memegang luna classic dan UST sebelum runtuh, dalam upaya untuk mengkompensasi investor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.