Sukses

Pengawas Inggris Peringatkan 50 Perusahaan Kripto Terkait Iklan

Bagi perusahaan kripto yang tidak patuh dan tidak mengubah iklan akan dikenakan sanksi.

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 50 perusahaan cryptocurrency telah dikirimi pemberitahuan penegakan oleh pengawas periklanan Inggris sebagai bagian dari tindakan keras peraturan terhadap promosi di industri kripto.

Otoritas Standar Periklanan Inggris (ASA) mengatakan, mereka telah memberi tahu perusahaan untuk meninjau iklan mereka dan memastikan mereka mematuhi aturan.

Pemberitahuan tersebut sekaligus memberikan peringatan, bagi perusahaan kripto yang tidak patuh dan tidak mengubah iklan yang telah disiarkan hingga 2 Mei 2022, maka akan mendapatkan sanksi. 

Dalam pemberitahuannya kepada perusahaan, regulator memberikan panduan yang menyatakan pengiklan harus memperjelas aset digital tidak diatur di Inggris Perusahaan tidak boleh mendesak orang untuk membeli bitcoin atau cryptocurrency lain dalam iklan mereka.

ASA tidak menyebutkan nama perusahaan yang telah dihubungi, tetapi mengatakan sebelumnya telah melarang iklan dari platform kripto seperti Coinbase dan rantai pizza Papa John karena kekhawatiran mereka menyesatkan konsumen.

"Ini adalah masalah prioritas peringatan merah bagi kami dan kami baru-baru ini melarang beberapa iklan kripto untuk menyesatkan konsumen dan karena tidak bertanggung jawab secara sosial," kata ASA dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNBC, Senin (11/4/2022).

Itu terjadi ketika Inggris mengambil garis yang lebih keras pada industri kripto. Pemerintah pada Januari lalu mengatakan akan membawa iklan kripto di bawah aturan yang sama untuk promosi keuangan, sebuah langkah yang akan mengharuskan pengiklan di industri untuk disahkan oleh regulator.

Global Digital Finance, sebuah badan industri yang mencakup pertukaran kripto Coinbase dan Bitfinex, mengatakan telah mengirim surat kepada Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak mengungkapkan beberapa kekhawatiran.

"Daripada mencoba memperluas cakupan undang-undang yang ada, menghambat pasar dan menarik konsekuensi yang tidak diinginkan, rezim baru yang dipesan lebih dahulu harus diterapkan," tulis direktur urusan pemerintahan dan regulasi Global Digital Finance Lavan Thasarathakumar dalam surat itu.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inggris Bakal Atur Sejumlah Stablecoin

Sebelumnya, Departemen Keuangan Inggris, Rishi Sunak telah mengumumkan akan mengatur beberapa cryptocurrency sebagai bagian dari rencana yang lebih luas untuk menjadikan Inggris sebagai pusat bagi perusahaan pembayaran digital.

Apa yang disebut sebagai Stablecoin akan menjadi bentuk pembayaran yang diakui untuk memberi orang kepercayaan dalam menggunakan mata uang digital. 

Seperti diketahui, Stablecoin memang secara khusus dirancang untuk memiliki nilai stabil yang terkait dengan aset lainnya seperti mata uang atau aset tradisional seperti emas.

Sunak juga mengatakan pihaknya berencana untuk berkonsultasi tentang pengaturan kripto yang jauh lebih luas akhir tahun ini, tanpa mengatakan jenis kripto apa.

"Kami ingin melihat bisnis cryptocurrency di masa depan dan pekerjaan yang dapat mereka ciptakan di sini di Inggris. Dengan mengatur secara efektif kami dapat memberi mereka kepercayaan yang mereka butuhkan,” ujar Sunak dikutip dari BBC, Selasa, 5 April 2022.

Hingga saat ini, Departemen Keuangan Inggris, belum mengkonfirmasi stablecoin mana yang akan diatur. Hingga saat ini beberapa stablecoin yang terkenal di antaranya adalah Tether dan Binance USD.

Stablecoin saat ini digunakan di Amerika Serikat untuk memfasilitasi perdagangan, peminjaman, atau peminjaman aset digital lainnya. 

Namun, mereka bukannya tanpa kontroversi. Tether, sebuah perusahaan yang berbasis di Hong Kong, telah menghadapi pertanyaan tentang praktik bisnisnya dan didenda USD 41 juta atau sekitar Rp 588 miliar pada 2021 oleh Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi AS karena diduga salah menyatakan cadangan asetnya.

Sunak mengatakan dengan mengatur Stablecoin akan memastikan pengguna atau masyarakat dapat menggunakan Stablecoin dengan aman. 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Bakal Atur Cryptocurrency

Sebelumnya, Pemerintah Inggris akan segera ungkapkan rencana mengatur cryptocurrency dengan fokus pada jenis token yang tumbuh cepat yang dikenal sebagai stablecoin.

Hal itu berdasarkan sejumlah sumber yang mengetahui hal tersebut. Demikian mengutip dari laman CNBC, Minggu, 27 Maret 2022. Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak akan membuat pengumuman dalam beberapa minggu mendatang mengenai peraturan baru kripto. Demikian disampaikan sumber kepada CNBC. Sementara itu, Departemen Keuangan Inggris menolak berkomentar ketika ditanya hal tersebut oleh CNBC.

Sumber menyebutkan, aturan tersebut terus digodok. Aturan itu memberikan kejelasan hukum untuk sektor yang sejauh ini kurang dalam regulasi.

Menurut sumber tersebut, pejabat Departemen Keuangan Inggris telah menunjukkan kesediaan untuk memahami kompleksitas pasar kripto dan apa yang disebut stablecoin. Adapun aset digital ini yang memperoleh nilainya dari mata uang uang ada seperti dolar AS.

Departemen Keuangan telah berdiskusi dengan sejumlah perusahaan termasuk Winklevoss brothers crypto exchange Gemini. Gemini mengeluarkan stablecoin sendiri yang disebut dolar Gemini yang dipatok ke dolar AS.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Stablecoin telah melihat pertumbuhan ekponensial dalam hal pemakaian selama beberapa tahun terakhir, seiring meningkatnya minat pada cryptocurrency secara lebih luas. Tether, stablecoin terbesar di dunia kini memiliki total pasokan yang beredar lebih dari USD 80 miliar, naik dari sekitar USD 4 miliar pada dua tahun lalu.

Akan tetapi, token itu juga telah menimbulkan kekhawatiran bagi regulator yang khawatir token tersebut mungkin tidak sepenuhnya didukung jumlah cadangan yang setara dan digunakan untuk pencucian uang dan kegiatan terlarang lainnya.

Sementara itu, regulator khawatir tentang kemungkinan paparan sistem keuangan terhadap bitcoin dan mata uang digital lainnya, serta potensi penggunaannya untuk menghindari sanksi yang dikenakan pada Rusia di tengah invasi ke Ukraina.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.