Sukses

Unicef Terima Sumbangan Kripto Rp 35,7 Miliar untuk Ukraina

Uang itu akan digunakan untuk membiayai upaya organisasi di Ukraina di tengah meningkatnya konflik dengan Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Binance Charity menyumbangkan cryptocurrency senilai USD 2,5 juta atau sekitar Rp 35,7 miliar untuk mendukung upaya kemanusiaan Unicef di Ukraina.

Uang itu akan digunakan untuk membiayai upaya organisasi di Ukraina di tengah meningkatnya konflik dengan Rusia yang mengancam semakin banyak anak dan orang tua mereka.

"Kebutuhan kemanusiaan meningkat dari waktu ke waktu,” kata Unicef dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (14/3/2022).

"Banyak anak sangat trauma dengan kekerasan di sekitar mereka. Ratusan ribu orang bergerak, dan anggota keluarga telah terpisah dari orang yang mereka cintai," lanjut pernyataan Unicef. 

Unicef mencatat sumbangan kripto datang pada saat dana tersebut perlu meningkatkan kegiatannya di Ukraina dan negara-negara tetangga yang menerima pengungsi. Tujuannya adalah untuk menjangkau setiap anak yang membutuhkan perlindungan dan Ukraina memiliki sekitar 7,5 juta anak.

Organisasi tersebut saat ini berfokus untuk memastikan akses ke air bersih dan perawatan kesehatan, termasuk di daerah yang dekat dengan garis konflik. 

Dana untuk anak didistribusikan dengan otoritas lokal untuk memberikan bantuan segera kepada keluarga yang membutuhkan serta layanan perlindungan anak dan perawatan psikososial.

“Kami mengandalkan kemurahan hati dan dukungan komunitas bisnis global untuk membantu Unicef dan mitra kami menjangkau anak-anak dan keluarga mereka yang kehidupan dan masa depannya tergantung pada keseimbangan,” kata Direktur Divisi Penggalangan Dana dan Kemitraan Swasta Unicef di Jenewa, Carla Hadid Mardini.

Selain itu, Mardini juga berterima kasih kepada Binance Charity atas dukungannya. Binance, pertukaran kripto terbesar di dunia, minggu lalu mengumumkan serangkaian kegiatan kemanusiaan dan sumbangan USD 10 juta untuk orang-orang Ukraina. Binance Charity telah bekerja dengan Unicef melalui Komite Luksemburg.

Pendiri dan CEO Binance Changpeng Zhao berkomentar, tingkat konflik di Ukraina yang meningkat telah mengejutkan dunia. Dia juga memuji kolaborasi antara komunitas Binance dan Unicef.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Binance Beri Sumbangan Rp 143,7 Miliar ke Ukraina

Sebelumnya, Binance, salah satu perusahaan terbesar pertukaran kripto, telah mengumumkan niat untuk membantu rakyat Ukraina dari konflik yang saat ini terjadi.

Binance mengumumkan akan menyumbangkan setidaknya USD 10 juta atau sekitar Rp 143,7 miliar untuk mendukung upaya kemanusiaan memperbaiki situasi warga Ukraina di tengah konflik.

Donasi diberikan oleh Binance Charity Foundation dan akan dibagi antara organisasi nirlaba serta pemerintah yang ada di negara tersebut.

Di antara organisasi-organisasi ini adalah UNICEF, yang memiliki sejarah panjang kerjasama dengan Binance tujuan kemanusiaan. Organisasi lain yang akan mengelola sebagian dari dana tersebut termasuk UNHCR, Badan Pengungsi PBB, Isans, dan People in Need, yang akan memfokuskan upaya mereka untuk mendukung anak-anak terlantar dan keluarga mereka.

Selain itu, untuk mengkoordinasikan bantuan pihak ketiga yang juga ingin menyumbang, Binance meluncurkan program inisiatif crowdfunding yang disebut “Humanity First Ukraina Emergency Relief Fund”.

Dalam program ini, siapapun dapat memasukkan sebagian dari dana kripto mereka untuk inisiatif ini. 

“Dana ini akan diarahkan untuk membantu memberikan bantuan darurat kepada pengungsi dan anak-anak dan untuk mendukung logistik di lapangan seperti makanan, bahan bakar, dan persediaan untuk pengungsi,” kata pihak Binance, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa, 8 Maret 2022.

Binance telah menyumbangkan 16.042 BNB untuk dana ini, pada saat donasi tersebut setara dengan USD 6 juta. Donatur lain juga telah berkontribusi untuk dana tersebut. 

Ada sekitar lebih dari 370 transaksi yang dilakukan ke alamat yang terkait dengan dana ini, dengan total yang disumbangkan mencapai 148,25 BTC, senilai sekitar USD 6 juta. 

Binance bukan satu-satunya yang mengkoordinasikan donasi terkait dengan konflik Ukraina. Pemerintah Ukraina mulai meminta sumbangan cryptocurrency secara langsung pada Sabtu minggu lalu, melalui alamatnya sendiri yang diposting di media sosial. 

Pemerintah Ukraina menerima Bitcoin, Ether, dan USDT untuk sumbangan. Adapun komunitas kripto secara global telah menyumbangkan lebih dari USD 10,6 juta di 13.670 transaksi yang diarahkan ke alamat yang disebutkan di atas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.