Sukses

Mesin Kopi Berpengaruh pada Kenikmatan Rasanya

Citizen6, Jakarta: Kenikmatan kopi dalam segelas cangkir menjadi keseharian para pecinta kopi di seluruh dunia, baik pria maupun wanita.

Pengolahan kopi yang awalnya masih tradisional, kini makin canggih. Hanya dengan satu mesin pengolah kopi, layaknya espreso, kenikmatan dari sari atau inti kopi bisa didapat dengan mudah. Tentu saja ada banyak sekali merek dan jenis mesin atau alat pembuat kopi. Salah satu pertimbangan utama dalam memilih mesin kopi adalah ukuran seperti apa yang dibutuhkan. 

Apakah Anda ingin membuat secangkir kopi atau beberapa cangkir sekaligus? Mesin pembuat kopi biasanya mempunyai kapasitas untuk menghasilkan beberapa cangkir kopi sekali buat. Ini juga akan berhubungan dengan jenis kopi apa yang akan Anda buat. Banyak mesin atau alat penyeduh kopi untuk menghasilkan cita rasa kopi yang berbeda.

Kualitas kopi tidak akan terlepas dari biji kopi yang dipergunakan. Kualitas biji kopi tergantung pada kombinasi beberapa faktor, di antaranya selang waktu antara penggilingan dan pemanggangan. Semakin cepat biji digiling setelah dipanggang akan semakin baik, karena bila terlalu lama akan mengurangi kualitas kopi.

Selain itu, mesin harus dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dengan sedikit perawatan. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dan pembersihan rutin agar mesin dapat terus bekerja optimal selama bertahun-tahun. Ingat,  mesin yang bersih memberikan rasa kopi yang lebih enak daripada mesin yang kotor.

Jangan sembarangan menggunakan produk pembersih, pergunakan hanya yang direkomendasikan untuk mesin Anda. Setelah kopi selesai dimasak, penyajian kopi harus memperhatikan cangkir kopi yang dipergunakan.

Cangkir kopi yang ideal juga harus memiliki diameter yang cukup sehingga aroma dapat mencapai hidung. Hal ini karena aroma merupakan faktor utama yang mempengaruhi indera perasa.

Selain itu, cangkir kopi yang Anda pergunakan juga harus mampu menjaga suhu kopi tetap panas untuk waktu yang cukup lama. Anda bisa menyiapkan cangkir porselen karena kemampuan insulasi suhunya.

Bila Anda menghendaki, dapat juga disiapkan cangkir yang terbuat dari baja tahan karat atau yang berdinding gelas ganda. Ini tentunya memiliki kemampuan insulasi yang lebih baik. (mar)

Penulis
Min Syahril
Jakarta, minsyahrixxx@gmail.com

Baca juga:
Kopling, Paduan Antara Kenikmatan Kopi dan Seni
Nikmatnya Si Kopi Hitam Suralaya
Pabrik Kopi di Bandung ini, Berdiri Sejak 1930


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com





Terciduk, Maling Motor Dilempar ke Kali Berlumpur

Tutup Video