Sukses

Kisah Buruh yang Sukses Jadi Pengusaha Batik Abstrak

Bisri, seorang buruh batik yang memproduksi batik abstrak berupa kaos, kerudung, daster, dan lain-lain.

Citizen6, Pekalongan: Kota Pekalongan dikenal sebagai kota batik. Batik yang sering diproduksi di Pekalongan adalah batik tulis, cap dan sablon. Selain itu, Pekalongan juga memproduksi batik abstrak yang akhir-akhir ini diminati masyarakat di kota tersebut.

Batik abstrak adalah batik tanpa motif, yang dimana motifnya bebas. Para produsen batik abstrak memproduksinya berupa kaos, kerudung, daster, dan lain-lain. Salah satu produsen yang membuat batik tersebut adalah Bisri.

Sebelum memulai bisnisnya, Bisri pernah menjadi buruh batik yang juga memproduksi batik abstrak. Dari jeri payah dan mendapatkan teknik-teknik cara pembuatan batik tersebut, akhirnya ia bisa memproduksinya sendiri di rumahnya. Usaha ini dimulai pada 2010, akan tetapi ia masih terikat dengan orang yang memperkerjanya dulu. Ia menerima kain yang berbentuk baju, dan ia hanya melakukan pekerjaan dalam pewarnaan.

Setelah modal usaha sudah cukup, ia melepaskan diri dari ikatan pekerjaannya dulu. Ia mulai usahanya secara mandiri dengan mempekerjakan 5 orang yang berasal dari keluarga dan tetangganya sendiri. Dalam sehari ia bisa memproduksi kurang lebih 25 kodi berupa kaos orang dewasa, anak-anak dan daster. Dengan menjalankan usaha ini ia bisa membantu kondisi keuangan keluarganya dan ia bisa membuka lapangan pekerjaan meskipun masih terbatas. (Sa'adatina/mar)

Sa'adatina adalah pewarta warga.

Mulai 18 November-29 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Guruku Idolaku". Dapatkan merchandise menarik dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.