Sukses

Eksotisme Indonesia, Tujuan Wisata Dunia

Terkenal dengan keindahan alam dan eksotismenya, membuat Indonesia menjadi tujuan wisata dunia.

Citizen6, Bogor: "Di sana tempat lahir beta. Dibuai dibesarkan bunda. Tempat berlindung dihari tua. Sampai akhir menutup mata".

Dari penggalan lagu Indonesia Pusaka tersebut, terlihat jelas betapa berartinya Indonesia. Sudah seharusnya setiap warga negara Indonesia mencintai tanah airnya. Setiap orang memiliki alasannya sendiri mengapa cinta Indonesia. Memang, Indonesia memiliki banyak alasan untuk dicintai.

Penduduk Indonesia merupakan salah satu alasannya. Setiap turis yang datang selalu berpendapat penduduk Indonesia yang ramah menjadi alasan mereka senang datang ke Indonesia. Memang terbukti banyak senyum dan tolong-menolong di Indonesia. Dua hal yang sulit ditemukan di negara lainnya.

Sebagai warga negara, Hashiyah Shabrina mengungkapkan betapa bersyukurnya ia tinggal di negara dengan penduduk yang memiliki kepedulian antar sesama. Mulai dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari sampai yang akan sangat terasa saat ada bencana alam misalnya. Penduduk Indonesia walaupun heterogen mereka memiliki ciri khas Indonesia yang sama, yaitu gotong-royong dan bekerja sama, baik di pedesaan maupun di perkotaan.

Terkenal dengan keindahan alam dan eksotismenya, membuat Indonesia menjadi tujuan wisata dunia. Mulai dari hamparan sawahnya, pantai, alam bawah laut, dan keindahan alam lainnya. Lokasi-lokasi tertentu seperti Raja Ampat, Bunaken, Pulau Derawan belum cukup menggambarkan betapa kayanya keindahan Indonesia.

Pancasila, ideologi negara yang membuat siapa saja merasa bangga dapat memilikinya. Perumusan yang begitu sulit, namun sebanding dengan hasilnya. Benar-benar mewakili semua bidang kehidupan dalam 5 silanya. Banyak yang menilai sekarang ini nilai-nilai pancasila sudah luntur. Nyatanya pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari masih sering ditemukan. Paling terasa adalah kerukunan antar umat beragama. Banyak tempat-tempat beribadah berbeda letaknya saling berdampingan, namun tetap terjalin hubungan yang rukun tanpa pertikaian. Hal inilah yang sulit ditemukan di negara lain.

Indonesia juga kaya akan budaya dan bahasanya. Bahkan satu daerah memiliki lebih dari satu jenis budaya. Ada yang berbentuk tarian, lagu daerah, alat musik, pakaian tradisional, dan lain sebagainya. Semua budaya seakan tercipta begitu indah karena bertujuan untuk memberikan kekhasan Indonesia. Betapa kaya budaya Indonesia.

Semangat para generasi mudanya menjadi salah satu alasan mengapa Indonesia juga cintai. Meskipun banyak pemberitaan di media tentang perilaku kekerasan yang dilakukan generasi muda, tidak sedikit pula prestasi yang telah diukir atlit-atlit olahraga muda berbakat  yang menunjukkan semangat prestasinya. Contohnya yang baru-baru ini dilakukan timnas U-19. Selain itu, dalam bidang akademik,banyak anak muda Indonesia yang memenangkan berbagai olimpiade dunia dengan menciptakan karya baru berteknologi, ataupun melalui kreativitasnya menyulap barang tidak terpakai menjadi bernilai tinggi.

Kekayaan kuliner Indonesia pun beragam dan rasanya sangat lezat. Rendang, satu dari sekian banyak kuliner khas Indonesia, terpilih menjadi makanan terlezat di dunia. Sama seperti budaya dan bahasa, setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing. Misalnya saja dari sebuah bahan utama yang sama dapat dijadikan hidangan beraneka macam. Ada ayam betutu (Gilimanuk, Bali), ayam rica-rica (Manado), ayam taliwang (Lombok, NTB), sate ayam (Madura), ayam pop (Pandang) dan lain-lain.

Makanan pokok mayoritas penduduk Indonesia pun dapat diolah menjadi berbagai jenis, nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, nasi bakar, nasi minyak. Sambal atau mungkin kerupuk, pelengkap lauk yang menjadi favorit banyak orang ini, juga banyak macamnya. Makanan khas Indonesia yang kaya akan rempah-rempah, cita rasanya mampu bersaing dengan makanan negara lainnya. Bukan hanya makanan, kopi luwak disebut sebagai salah satu kopi terenak di dunia dan coklat produksi Lampung merupakan salah satu coklat berkualitas tinggi di dunia.

Di samping kelebihan-kelebihan yang dimiliki Indonesia, pasti ada pula kekurangannya. Namun kekurangan yang dimiliki Indonesia, tidak membuat rasa cinta terhadap Indonesia memudar atau hilang sama sekali. Tapi kekurangan juga tidak untuk diabaikan. Jadi, ayo berkontribusi menjadikan Indonesia lebih baik lagi. Kontribusi sebagai bentuk rasa cinta kita kepada Indonesia. (Hashiyah Shabrina/mar)

Hashiyah Shabrina adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.