Sukses

5 Alasan Kenapa Anda Membutuhkan Work Bestie, Sahabat Saat Berada di Kantor

Memiliki work bestie atau sahabat di kantor ternyata memiliki banyak manfaat untuk Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang pekerja kantoran memang tidak mudah. Walaupun Anda sendiri benar-benar mencintai pekerjaan tersebut, pasti tidak akan menyangkal bahwa semuanya mempunyai beberapa tantangan.

Seperti misalnya ada banyak tekanan dari atasan, mempunyai teman kerja yang kurang bisa diandalkan, bahkan sesederhana lupa menyimpan data pekerjaan. Atau Anda memiliki masalah di luar pekerjaan tapi tetap harus mencapai target dan memenuhi deadline meskipun sedang tidak fokus bekerja. Semuanya pasti memiliki dinamikanya tersendiri.

Selain itu, masalah-masalah ini bisa menjadi pemicu stres, gangguan kesehatan mental, dan drama perkantoran yang tidak bisa dihindari. Namun, semuanya mungkin akan terasa mudah dikendalikan jika Anda memiliki teman kerja atau work bestie yang bisa memahamimu. 

Akan tetapi, sebenarnya apa itu work bestie dan bagaimana Anda bisa mendapatkan hubungan yang seperti itu di tempat kerja saat ini? Tidak usah khawatir!

Melansir dari Very Well Mind, Rabu (3/7/2024), ini hal yang perlu Anda ketahui tentang work bestie dan kenapa Anda memerlukan mereka.

Apa Itu Work Bestie?

Seorang work bestie adalah rekan kerja yang menjadi temanmu untuk tertawa, mencurahkan isi hati, dan memberikan dukungan. Mereka adalah sahabat kantormu yang membuat pekerjaan sehari-hari menjadi lebih menyenangkan dan tertahankan.

Dan karena Anda berdua bekerja bersama, Anda lebih memahami satu sama lain dan semua nuansa tempat kerjamu.

“Seorang sahabat di dunia kerja adalah seseorang yang bisa menjadi diri Anda sendiri, hal yang jarang terjadi di dunia profesional,” kata Rhia Batchelder, burnout expert dan career coach.

“Mereka adalah orang yang membuatmu merasa diperhatikan. Anda tahu Anda telah menemukannya ketika Anda ingin menemui mereka dengan gosip kantor terbaru atau untuk merayakan kemenangan pekerjaanmu," sambungnya.

Dia menambahkan bahwa kita secara alami menahan bagian-bagian yang lebih pribadi dari diri kita di lingkungan kerja. Work bestie adalah teman unik yang dapat melihat semua aspek diri kita—profesional dan pribadi.

“Para sahabat di tempat kerja adalah orang-orang yang bisa membuatmu merasa konyol, mengatakan apa yang benar-benar Anda pikirkan dan mencari dukungan,” kata Batchelder.

“Anda tahu, sahabat kerja akan menjaga rahasia Anda dan mereka akan selalu ada saat Anda perlu [curhat] tentang rekan kerja," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Memiliki Work Bestie

Sahabat di dunia kerja membuatmu bersemangat di hadapan kolega dan pimpinan, menjadi teman makan siang Anda, dan membantumu menavigasi drama kerja. Selain itu, bagian terbaik dari semuanya, mereka dapat mengubah hari kerja yang paling berat sekalipun menjadi hari kerja yang lebih ringan.

Ini dia alasan kenapa Anda perlu memiliki work bestie di kantor:

1. Mereka mencoba mengerti kondisimu

Teman kerja berbeda dari teman biasa karena mereka melihat apa yang Anda lakukan sepanjang hari, sehingga menciptakan beberapa pemahaman tambahan.

“Kami menghabiskan begitu banyak waktu di tempat kerja, dan rasanya sangat menyenangkan bisa mengobrol dengan seseorang yang benar-benar 'mengerti' kehidupan kerja Anda sehari-hari, mengenal karakter utama, dan dapat memberi Anda saran tepat untuk masalah apa pun yang Anda hadapi,” kata Batchelder.

3 dari 4 halaman

2. Bisa mengurangi stres

Penelitian menunjukkan bahwa persahabatan dan komunitas adalah kunci untuk mengelola tingkat stres. Seorang work bestie membawa hal ini ke tingkat berikutnya karena seberapa sering Anda bertemu mereka dan seberapa besar Anda memahami kehidupan profesional satu sama lain.

“Pekerjaan terbaik adalah pencegahan kelelahan. Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang tidak perlu melakukan aktivitas adalah cara yang bagus untuk menyelesaikan siklus stres, yang penting untuk gaya hidup dengan tingkat stres tinggi yang kita jalani saat ini," ucap Batchelder.

3. Dapat memberikan feedback yang nyata

Memiliki teman baik untuk diajak bicara ketika urusan pekerjaan terasa sangat menegangkan. Seperti ketika sebuah proyek tidak berjalan lancar atau atasanmu menghadapi tantangan bisa menjadi tantangan tersendiri.

Namun, hal ini tidak berlaku jika Anda memiliki work bestie. Kondisi ini justru bisa bermanfaat. Karena mereka memahami nuansa tempat kerjamu (dan mereka memercayaimu), mereka dapat memberi Anda umpan balik yang bermanfaat dan perspektif unik tentang hal-hal yang benar-benar penting.

4 dari 4 halaman

4. Membuat pekerjaan lebih menyenangkan

Work bestie memberikan kesenangan di tempat kerja dengan melontarkan lelucon, menjadi teman selama acara kerja, dan berkolaborasi dalam proyek dengan antusias. Mereka mengubah tugas-tugas biasa menjadi peluang untuk bersenang-senang bersama.

Mereka juga biasanya akan menawarkan dukungan moral selama masa-masa sulit dan menciptakan suasana positif yang meningkatkan semangat dan mendorong produktivitas.

5. Bisa leluasa curhat tentang pekerjaan

Tidak dipungkiri Anda pasti membutuhkan curhatan kepada seseorang tentang pekerjaanmu. Sayangnya, tidak semua orang mengerti tentang apa yang dikeluhkan.

Namun, seorang work bestie? Mereka sama-sama bekerja denganmu, jadi mereka pasti mengerti! Melepaskan diri bersama tidak hanya bersifat katarsis, tetapi juga dapat membantumu mengidentifikasi dan mengatasi masalah tertentu, sehingga Anda dapat lebih menikmati pekerjaan dalam jangka panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.