Sukses

Viral Video Zhang Ziyu, Pebasket Wanita Asal China dengan Tinggi 220 Cm Kalahkan Indonesia

Saat Zhang Ziyu duduk di kelas satu, tingginya sudah mencapai 1,58 meter. Tingginya kemudian melonjak hingga 2,1 meter saat kelas enam, menurut media pemerintah Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta Tiongkok telah menurunkan punggawanya setinggi 2,2 meter di panggung internasional. Pemain basket putri bernama Zhang Ziyu itu mendominasi pertandingan di Piala Asia Wanita Fiba U18 di Shenzhen, mencetak 55 poin hanya dalam dua pertandingan.

Menurut laporan Fox News, pemain berusia 17 tahun itu masuk dari bangku cadangan untuk melakukan debut turnamen internasionalnya pada hari Senin dan mencetak 19 poin hanya dalam 13 menit saat timnya mengalahkan Indonesia 109-50.

Pada hari Selasa, FIBA merilis video penampilannya yang kemudian menjadi viral di media sosial, dan memicu ratusan komentar dari penggemar di seluruh dunia.

“Dia akan menghasilkan ribuan dolar di WNBA,” tulis salah satu pengguna Twitter atau X.

Cuplikan highlight menunjukkan Zhang Ziyu menempatkan dirinya di bawah ring, mengambil bola dari udara hanya dengan satu lompatan dan dengan santai memasukkannya ke dalam ring, juga melakukan tujuh rebound, dua assist, dua steal dan tiga blok.

Pada pertandingan keduanya, pemain tengah tersebut mencetak 36 poin, bersama dengan 13 rebound dan empat blok, saat Tiongkok mengalahkan Selandia Baru 90-68 pada hari Selasa untuk mempertahankan rekor kemenangan 100 persen di turnamen tersebut.

Tiongkok akan bermain melawan Jepang pada hari Rabu dan Zhang kemungkinan akan kembali membintanginya. Zhang lahir dalam keluarga bola basket pada tanggal 1 Mei 2007. Ibu dan ayahnya bermain secara profesional di Tiongkok.

Ayahnya memiliki tinggi 2,13 meter sedangkan ibunya, bernama Yu Ying, mantan anggota tim bola basket wanita nasional Tiongkok, memiliki tinggi 1,98 meter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Viral di media sosial Tiongkok

Saat Zhang duduk di kelas satu, tingginya sudah mencapai 1,58 meter. Tingginya kemudian melonjak hingga 2,1 meter saat kelas enam, menurut media pemerintah Tiongkok.

Pada tahun 2021, ia bermain di Liga Bola Basket Nasional U15 Tiongkok dan menjadi viral di media sosial Tiongkok setelah ia mencetak total 42 poin untuk membantu timnya memenangkan gelar.

Menurut peraturan Asosiasi Bola Basket Nasional Wanita (WNBA), para atlet harus berusia minimal 22 tahun sebelum mereka memenuhi syarat untuk mengikuti wajib militer, yang berarti Zhang masih belum bisa keluar dari liga-liga besar.

Sorotan atas sosok Zhang dengan cepat menjadi topik trending di media sosial dan mengingat status, usia, dan potensinya untuk berkembang menjadi bintang yang lebih besar, inilah saatnya untuk mengenalnya lebih dekat.

 

3 dari 7 halaman

Berapa umur Zhang Ziyu?

Zhang berusia 17 tahun. Ia lahir pada tanggal 1 Mei 2007, menurut profil FIBA-nya.

Berdasarkan aturan saat ini, Zhang masih beberapa tahun lagi untuk memenuhi syarat untuk mengikuti WNBA – namun sorotannya telah menempatkannya dalam perhatian.

 

4 dari 7 halaman

Berapa tinggi Zhang Ziyu?

Zhang terdaftar di peringkat 7-3 di profil FIBA-nya.

Tingginya 1,58 meter di kelas satu dan 2,1 meter di kelas enam, menurut profil tahun 2021 di Global Times.

 

5 dari 7 halaman

Sorotan Zhang Ziyu

Zhang mendominasi Piala Asia FIBA ​​U-18, membukukan rata-rata 27,0 poin dan 10,0 rebound dalam dua pertandingan.

Dia memulai dengan 19 poin (dari 9 dari 9 tembakan) dalam 13 menit dalam kemenangan atas Indonesia.

Turnamennya dilanjutkan dengan 36 poin (dari 16 dari 20 tembakan), 13 rebound dan empat blok dalam 23 menit dalam kemenangan atas Selandia Baru.

 

6 dari 7 halaman

Apakah Zhang Ziyu bermain di Olimpiade?

Zhang tidak terdaftar dalam daftar 17 pemain pemusatan latihan bola basket putri Tiongkok untuk persiapan Olimpiade Paris 2024. Kecuali ada penambahan yang terlambat, jangan berharap Zhang akan mewakili Tiongkok di Olimpiade tahun ini.

 

7 dari 7 halaman

Kapan Draf WNBA Zhang Ziyu memenuhi syarat?

Zhang akan memenuhi syarat untuk Draf WNBA pada tahun 2027.

Aturan Draf WNBA menyatakan bahwa pemain internasional memenuhi syarat untuk direkrut pada tahun kalender ketika mereka berusia 20 tahun. Zhang akan berusia 20 tahun pada 1 Mei 2027.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini