Sukses

7 Manfaat Pepaya untuk Kulit, Mencegah Jerawat Hingga Mengatasi Flek Hitam

Pepaya kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu merangsang produksi kolagen, yaitu protein yang membuat kulit dapat menjadi kencang dan elastis.

Liputan6.com, Jakarta - Selain memiliki rasa yang enak, buah pepaya juga kaya akan nutrisi. Buah berbiji ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara umum, namun juga dapat memberikan manfaat secara khusus dalam hal kecantikan, termasuk kesehatan kulit.

Sebagai bagian terluar manusia, kulit berfungsi untuk melindungi tubuh serta faktor penentu penampilan. Kulit yang sehat juga membuat penampilan semakin terlihat baik. 

Pepaya kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu merangsang produksi kolagen, yaitu protein yang membuat kulit dapat menjadi kencang dan elastis. Selain itu, enzim proteolitik dalam pepaya, seperti papain dan chymopapain, juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Terdapat pula penelitian yang menunjukkan bahwa pepaya cukup menjanjikan dalam mengobati kutil, sinus, eksim dan sakit kulit lainnya. Dilansir dari Skinkraft, Sabtu (15/6/2024), berikut 7 manfaat pepaya untuk kulit.

1. Mengendalikan Jerawat

Papain merupakan enzim yang dapat mengurangi peradangan. Dengan memilih produk dengan kandungan tersebut, maka dapat membantu mengendalikan jerawat. Dia bekerja dengan membersihkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Jika kamu mengenal retinol sebagai bahan aktif yang terdapat dalam skincare, kamu juga bisa menemukan jenis alaminya yang terkandung dalam buah pepaya. Oleh sebab itu, tidak heran bila pepaya dapat mengobati dan mencegah jerawat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mengurangi Kerutan

Pepaya kaya akan antioksidan seperti likopen yang mampu mengurangi tanda-tanda penuaan. Menurut sebuah penelitian di tahun 2017, antioksidan ini dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas serta dapat menjaga kulit terlihat awet muda.

Nutrisi dalam pepaya juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit sehingga dapat meminimalkan munculnya kerutan.

3. Membersihkan Kulit Secara Mendalam

Komponen enzim yang terdapat dalam pepaya tidak hanya dapat menghilangkan kotoran yang terdapat di permukaan kulit, tetapi juga mampu menembus lapisan kulit dan menghilangkan residu dan minyak berlebih secara menyeluruh.

Oleh sebab itu, tidak heran bila pepaya dapat membuat kulit terlihat lebih bersih dan cerah apabila kamu menggunakannya secara rutin.

3 dari 4 halaman

4. Membantu Mengobati Penyakit Kulit

Selama berabad-abad, pepaya telah digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka maupun kelainan di kulit. Sebab enzim yang terdapat dalam pepaya dapat melepas sel kulit mati dan menghilangkan polutan pada kulit.

Penggunaannya cukup sederhana, yaitu hanya dengan mengoleskan daging pepaya ke kulit yang terkena masalah seperti eksim dan psoriasis. Buah dapat membantu mengurangi rasa gatal dan kemerahan.

5. Melembabkan Kulit

Buah berwarna oranye ini juga dapat berperan sebagai pelembab kulit yang baik. Antioksidan dan enzim konsentrasi tinggi yang terdapat dalam buah ini bisa membantu merawat kulit kering dan bersisik, serta mengembalikan kelembaban kulit secara alami.

Cara mengaplikasikannya pun sama dengan sebelumnya, yaitu dengan mengoleskan daging buah pepaya ke kulit yang terasa kering dan butuh pelembab lebih.

4 dari 4 halaman

6. Membantu Mengobati Flek Hitam

Bagi kamu yang memiliki masalah bintik-bintik hitam atau spot kecokelatan di kulit, menggunakan pepaya bisa menjadi salah satu solusinya. Dapat demikian, sebab enzim papain mampu menjadi obat yang sangat baik untuk kulit yang gelap, seperti bekas jerawat, flek hitam, atau lipatan yang gelap.

Selain itu, pepaya juga populer sebagai obat rumahan untuk melasma, salah satu kondisi kulit yang menyebabkan bercak gelap dan berubah warna. Kemampuan ini telah terbukti secara klinis bahwa pepaya mampu melarutkan protein tidak aktif, sehingga kulit dapat menjadi lebih cerah dan lembut.

7. Merawat Rambut Wajah

Tahukah kamu, biasanya wajah manusia ditumbuhi oleh rambut-rambut kecil yang seringkali tidak disadari keberadaannya?

Dengan menggunakan pepaya, maka kamu tidak perlu repot untuk mencegah bagaimana agar rambut tersebut dapat hilang atau tumbuh terlalu panjang. Hanya dengan menggunakan masker wajah pepaya secara rutin, maka enzim yang terkandung di dalamnya dapat mencegah kembali pertumbuhan rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.