Sukses

Tambah 2 Bahan, Ini Trik Olah Usus Sapi Agar Empuk dan Tidak Bau

Ada beberapa cara ampuh agar usus sapi tetap empuk dan tidak berbau. Simak caranya.

Liputan6.com, Jakarta Menjelang hari raya Idul Adha, bagian jeroan sapi seperti babat, limpa atau usus ternyata sangat disukai oleh banyak orang.

Terlebih lagi usus sapi, yang dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat seperti gulai tambusu, usus sapi bacem hingga usus saus teriyaki.

Hanya saja, bagian jeroan seperti usus sapi ini memang memiliki bau amis yang cukup mengganggu. Hal itu cukup wajar karena di bagian jeroan ini memang banyak kotoran sapi yang mengumpul. Selain itu, usus sapi juga harus direbus dengan waktu yang presisi agar bisa empuk.

Beruntungnya, mengolah usus sapi agar empuk dan tidak bau bukanlah hal yang sulit. DIrangkum dari berbagai sumber pada Selasa (11/06/2024), inilah cara ampuh agar usus sapi jadi empuk dan tidak bau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Sikat Usus Sapi Sampai Bersih

Usus sapi, khususnya yang masih fresh dan baru didapat dari pemotongan hewan kurban sering kali masih banyak terdapat kotoran.

Untuk membersihkan kotoran tersebut, usus sapi harus dipotong atau digunting memanjang terlebih dahulu agar lebih mudah membersihkan bagian dalamnya. Usai dipotong, sikat usus sapi sampai bersih dengan pisau.

3 dari 11 halaman

Rendam dengan Jeruk Nipis dan Garam

Jika sudah dipotong-potong, masukkan usus sapi ke dalam baskom lalu tambahkan perasan jeruk nipis dan garam. Setelah itu, tambahkan air sampai usus terendam lalu aduk-aduk hingga merata. Biarkan usus sapi direndam selama lima belas menit.

Adapun fungsi dari jeruk nipis adalah menghilangkan bau amis. Sedangkan fungsi garam adalah mengangkat kotoran dan lendir dari usus sapi.

4 dari 11 halaman

Cuci Bersih

Selepas direndam selama lima belas menit, cuci usus sapi dengan air mengalir sampai bersih. Namun, usus sapi harus benar-benar ditempelkan ke mulut keran agar benar-benar bersih.

5 dari 11 halaman

Rebus Usus Sapi

Sesudah dicuci, usus sapi bisa langsung direbus dengan metode 5-30-7. Seperti biasa, rebus air sampai mendidih terlebih dahulu, baru masukkan usus sapi ke dalam rebusan selama 5-10 menit.

Jika sudah, matikan kompor lalu biarkan selama setengah jam. Baru setelah itu nyalakan kompor lagi untuk merebus selama tujuh menit sebelum ditiriskan.

Pada tahap ini, rebusan usus bisa ditambahkan bumbu aromatik seperti serai, daun salam, lengkuas atau jahe agar semakin harum. Namun, bumbu-bumbu ini bersifat opsional karena bau amis pada usus sapi sudah hilang setelah direndam dengan jeruk nipis.

 

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Usus Sapi

7 dari 11 halaman

Usus Sapi Disebut Apa?

Jeroan sapi, yang juga dikenal sebagai usus sapi, memiliki popularitas tinggi yang disebut sebagai iso. Cita rasanya yang gurih sangat memikat para penggemarnya. Namun, perlu diingat untuk berhati-hati saat mengonsumsi jenis makanan ini karena dapat meningkatkan risiko penyakit asam urat.

8 dari 11 halaman

Usus Sapi Mengandung Apa Saja?

Menurut peneliti yang dilaporkan oleh Daily Mail, daging babat dan usus sapi kaya akan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Jumlah kalsiumnya mencapai 52 miligram per 100 gram. Bagian tersebut juga mengandung protein sebanyak 10,6 gram, kalori sebesar 49, dan lemak sekitar 0,75 gram.

9 dari 11 halaman

Apa Itu Tambusu?

Salah satu makanan istimewa dari Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Agam, adalah gulai tambunsu atau tambusu. Terdiri dari usus lembu atau kerbau yang diolah dengan kuah gulai kental, tambusu ini juga disajikan dengan telur putar yang bumbunya khas.

10 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Membersihkan Usus Sapi?

Menjaga agar kotoran di dalam usus sapi tidak ada yang tertinggal atau menempel sangatlah penting. Cara yang efektif untuk melakukannya adalah dengan membersihkan usus menggunakan air mengalir. Sikatlah bagian dalam usus secara menyeluruh untuk memastikan kebersihannya. Pastikan proses pencucian ini dilakukan secara teliti hingga tidak ada sisa kotoran yang tersisa.

11 dari 11 halaman

Apakah Usus Bergizi?

Selain memiliki kandungan kalori yang minim, bagian usus juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti zat besi, vitamin A, fosfor, vitamin B, dan kalsium.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini