Sukses

Tidak Perlu Pakai Presto, Ini Trik Lunakkan Duri Ikan Mas Agar Nikmat Dimakan

Duri ikan mas yang cukup banyak bisa dilunakkan dan dimakan meski tidak dipresto. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Ikan mas merupakan salah satu ikan yang sering kali dijadikan olahan makanan tradisional seperti pepes ikan mas atau ikan mas goreng. Rasa ikan mas sendiri diketahui sangat gurih dengan daging yang lembut  seperti ikan gurame.

Walau begitu, tantangan terbesar dari memakan ikan mas terletak pada durinya yang sangat banyak dan menyebar di seluruh bagian badan dan ekor. Karena itu pula kebanyakan orang lebih memilih untuk menyantap kepala ikan mas karena lebih minim duri.

Namun jangan khawatir, karena ada satu cara yang bisa dilakukan agar duri ikan mas jadi lunak dan bisa dimakan bahkan tanpa dipresto.

Cara ini dibagikan oleh pemilik kanal YouTube/aisie ayah fabilq, yang akan dirangkum pada Rabu (10/7/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

SIapkan Bumbu Arsik

Jadi, yang akan dimasak di sini adalah ikan mas arsik, yakni olahan tradisional ikan mas khas Batak. Ikan mas akan dimasak dengan bumbu arsik yang meliputi:

●     8 siung besar bawang merah dan 4 siung bawang putih.

●      2 ons cabe merah dan 0,5 ons cabe rawit (sesuaikan selera).

●     2 tangkai combrang atau honja dan 3 ikat bawang batak.

●     1 butir kemiri, 1 ruas jahe, 1 ruas kunyit dan 3 batang serai.

●     5 potong asam potong dan ½ ons andaliman.

●     5 sendok teh garam halus.

●     seujung sendok teh penyedap rasa.

Letakkan setengah kecombrang, daun bawang, asam potong dan andaliman di dalam rice cooker. Lalu sisa bumbu selain yang disebutkan akan dihaluskan dengan blender.

3 dari 11 halaman

Masukkan Ikan Mas

Jika bumbu arsik tadi sudah dimasukkan, sekarang tambahkan semua potongan ikan mas yang sudah dibersihkan tepat di atas bumbu arsik. Setelah itu, tambahkan lagi sisa kecombrang, daun bawang dan andaliman di atas ikan mas.

4 dari 11 halaman

Tuangkan Bumbu Halus

Langkah selanjutnya, tuangkan bumbu halus yang sudah diblender tadi ke dalam rice cooker. Arti arsik sendiri adalah “mengguyur”, di mana ikan mas akan diguyur dengan bumbu dan disiram air sampai kering saat dimasak.

Dengan begitu, tuangkan air ke dalam rice cooker sampai merendam seluruh bumbu arsik, ikan mas dan bumbu halus. Namun air yang dituang jangan terlalu banyak agar tidak tumpah saat mendidih.

5 dari 11 halaman

Tanak Selama 3 Jam

Tutup rice cooker lalu setel ke mode cook untuk memasak ikan mas selama dua hingga tiga jam. Usai menunggu tiga jam, matikan rice cooker lalu keluarkan dan sajikan ikan mas di atas piring. Sekarang, duri ikan mas bumbu arsik sudah sangat lunak dan bisa disantap.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Seputar Ikan Mas

7 dari 11 halaman

Arsik Makanan Khas Batak Apa?

Ikan mas arsik, yang dikenal dalam bahasa Batak sebagai Dekke Na Niarsik, adalah hidangan tradisional Batak Toba yang artinya ikan yang dimasak hingga kering.

8 dari 11 halaman

Apakah Arsik dan Naniura Sama?

Naniura sekilas tampak serupa dengan arsik, masakan ikan mas yang diolah dengan bumbu andaliman. Perbedaannya terletak pada penggunaan ikan mentah sebagai bahan utama dalam Naniura.

9 dari 11 halaman

Manfaat Ikan Mas Apa?

Berdasarkan pengobatan Timur, ikan mas memiliki manfaat dalam mendukung proses diuretik, membantu tubuh pulih saat mengalami flu, menormalkan fungsi paru-paru, dan membersihkan sistem pencernaan.

10 dari 11 halaman

Ikan Arsik Terbuat dari Apa?

Dekke na niarsik atau Ikan Mas Arsik adalah salah satu hidangan khas Batak yang sangat populer. Sajian tradisional ini memakai ikan mas sebagai bahan utamanya, yang dibaluri dengan bumbu kuning tanpa membuang sisiknya.

11 dari 11 halaman

Andaliman Rasanya Seperti Apa?

Andaliman merupakan bumbu yang sangat terkait dengan kuliner Batak. Rempah ini kerap disebut sebagai lada Batak karena memberikan rasa pedas yang khas dan sedikit pahit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini