Sukses

Studi: Makan 12 Butir Telur Seminggu Tidak Bikin Kolesterol Naik

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa konsumsi telur dalam jumlah sedang mungkin baik untuk jantungmu.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun telur adalah sumber protein yang bergizi dan tanpa lemak, telur mengandung kolesterol dalam jumlah tinggi. Jadi, apakah telur cocok dengan pola makan yang menyehatkan jantung?

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa konsumsi telur dalam jumlah sedang mungkin baik untuk jantungmu. Namun, para ahli mengingatkan bahwa orang yang mengidap penyakit jantung atau diabetes harus berkonsultasi dengan dokter tentang apa yang cocok untuk mereka.

Melansir dari Healthline, Minggu (26/5/2024), dalam studi pendahuluan, para peneliti menemukan bahwa orang yang makan 12 butir telur yang diperkaya (omega-3) per minggu memiliki kadar kolesterol yang sama setelah 4 bulan dibandingkan dengan mereka yang kurang dari 2 butir telur jenis apa pun per minggu. 

“Ini adalah penelitian kecil, tapi ini memberi kita kepastian bahwa makan telur omega-3 tidak masalah sehubungan dengan efek lipid selama 4 bulan, bahkan di antara populasi yang lebih berisiko tinggi,” penulis studi Dr. Nina Noyhravesh, seorang peneliti di Duke Clinical Research Institute di Durham, North Carolina.

Makan selusin telur tidak memengaruhi kadar kolesterol

Penelitian tersebut, yang dipresentasikan pada 6 April lalu di Sesi Ilmiah Tahunan American College of Cardiology, melibatkan 140 orang berusia 50 tahun atau lebih yang mengidap penyakit kardiovaskular atau berisiko tinggi mengidap penyakit tersebut.

Faktor risiko penyakit jantung termsuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, obesitas dan diabetes. 

Usia rata-rata peserta adalah 66 tahun, sekitar setengahnya adalah perempuan. Hampir seperempat peserta mengidap diabetes. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Telur omega-3 mengandung sedikit lemak jenuh

Para peneliti secara acak menugaskan peserta untuk makan 12 telur omega-3 per minggu atau makan kurang dari 2 butir telur jenis apa pun per minggu. Peserta bisa memasak telur sesuka mereka.

Michelle Routhenstein, ahli diet kardiologi preventif di EntirelyNourished.com, memperingatkan bahwa ketika telur dimasak pada suhu tinggi, hal ini bisa menghasilkan tingkat produk akhir glikasi lanjutan (AGEs) yang lebih tinggi, yang bisa berdampak negatif pada kesehatan jantung.

Telur omega-3 mengandung lebih sedikit lemak jenuh serta tambahan vitamin dan mineral, seperti yodium, vitamin D, selenium, vitamin B2, vitamin B5, vitamin B12 dan asam lemak omega-3. Hal ini dicapai dengan memberi ayam makanan khusus. 

 

 

3 dari 4 halaman

Hasil penelitian

Dalam studi tersebut, setelah memantau peserta selama 4 bulan, para peneliti tidak melihat adanya efek buruk pada kesehatan jantung di antara peserta yang mengonsumsi 12 telur omega-3 per minggu. 

Misalnya, kadar kolesterol darah serupa antara individu yang rutin mengonsumsi telur omega-3 dan mereka yang makan sedikit atau tanpa telur.

Peserta yang mengonsumsi telur omega-3 juga mengalami penurunan kadar kolesterol total, skor resistensi insulin, dan troponin dengan sensitivitas tinggi (penanda kerusakan jantung). Mereka bahkan melihat peningkatan kadar vitamin B.

“Ada sinyal potensi manfaat dari mengonsumsi telur omega-3 yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut dalam penelitian yang lebih besar,” kata Nouhravesh. 

Secara khusus, ada kemungkinan manfaat mengonsumsi telur omega-3 pada orang lanjut usia dan pengidap diabetes, termasuk peningkatan kolesterol HDL (baik) dan penurunan kolesterol LDL (jahat). 

 

4 dari 4 halaman

Berapa banyak telur yang harus Anda masukkan ke dalam makanan?

Dr Nieca Goldberg, seorang ahli jantung dan profesor kedokteran klinis di NYU Grossman School of Medicine di New York City, menekankan bahwa telur adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik dan mengandung banyak zat gizi mikronutrien seperti vitamin B, kolin dan asam lemak omega-3.

“Saya tidak akan makan 5 butir telur sehari, tapi 1 atau 2 butir telur sehari tidak serta merta meningkatkan risiko penyakit jantung,” kata Goldberg kepada Healthline. 

Namun, perlu diingat bahwa satu telur berukuran besar mengandung 186 miligram kolesterol.

Pedoman diet federal sebelumnya merekomendasikan makan tidak lebih dari 300 miligram kolesterol per hari, yaitu kurang dari 2 butir telur per hari.

Pedoman saat ini menyarankan untuk menjaga konsumsi kolesterol makanan “serendah mungkin tanpa mengurangi kecukupan nutrisi dalam makanan.”

“Saat saya berbicara dengan pasien (penyakit jantung) tentang pola makan mereka, saya mengatakan kepada mereka untuk berhati-hati dengan telur karena kolesterolnya tinggi,” kata Yu-Ming Ni, ahli jantung dan ahli lipidologi di MemorialCare Heart and Vascular Institute di Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, California.

“Saya mengizinkan orang makan hingga 1 butir telur sehari dan mereka bisa menggaungkannya di akhir pekan, jika mereka mau,” sambungnya.

Pilihan lainnya adalah dengan mengonsumsi putih telur, katanya, yang kolesterolnya sangat sedikit karena kuning telurnya sudah dibuang. Atau Anda bisa mengaduk 1 butir telur dengan satu putih telur, yang akan memberikan tambahan protein sekaligus menjaga kolesterol tetap rendah.

Goldberg juga menekankan bahwa “jika menyangkut pertanyaan tentang telur, yang terpenting bukan hanya tentang telurnya, tetapi juga dengan apa Anda memasangkannya.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.