Sukses

Cara Simpan Rendang Agar Tidak Berubah Tekstur dan Awet Berbulan-bulan, Hanya Perlu 1 Alat

Tekstur rendang dijamin tidak berubah dan tetap awet tahan lama. Ini dia cara menyimpan rendang yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Dengan penggunaan bumbu yang tajam dan khas, rasanya tidak heran jika rendang dikategorikan sebagai salah satu makanan terlezat di Indonesia dan bahkan dunia.

Namun, karena bumbu yang tajam itulah yang mengharuskan penggunaan air yang cukup banyak saat membuat rendang. Hal itu membuat rendang cepat basi dalam hitungan empat hingga lima hari saja.

Meskipun begitu, rendang ternyata bisa tetap awet berbulan-bulan jika disimpan dengan tepat. Hal ini persis seperti cara yang dibagikan oleh pemilik kanal YouTube Dapur Moochies TV, yang dirangkum pada Sabtu (25/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Masukkan ke dalam Plastik

Pertama-tama, siapkan beberapa lembar plastik persis seperti pada di gambar. Masukkan potongan-potongan rendang ke dalam plastik tersebut. Jika kurang rapat, bisa tempelkan selotip pada plastik.

3 dari 11 halaman

Pisahkan Berdasarkan Ukuran Plastik

Beberapa plastik memiliki ukuran dan jenis yang berbeda-beda. Oleh karena itu, masukkan tiga potong rendang pada plastik yang lebih besar, sedangkan untuk plastik yang kecil cukup masukkan dua potong saja.

4 dari 11 halaman

Letakkan dalam Wadah yang Rapat

Siapkan wadah khusus yang bersih untuk menyimpan potongan-potongan rendang tadi. Tutup wadah dengan rapat dan jangan sampai ada celah masuk udara. Jika perlu, ikat dengan karet biar semakin rapat.

5 dari 11 halaman

Simpan di Freezer

Langkah terakhir adalah menyimpan wadah berisi rendang tersebut ke dalam freezer. Dengan cara ini, kualitas dan tekstur rendang akan tetap terjaga sampai berbulan-bulan. Namun, jangan simpan rendang dalam keadaan yang masih sangat panas karena dapat merusak kualitasnya.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Rendang

7 dari 11 halaman

Bolehkah Rendang Disimpan di Freezer?

Bila dimasak dengan tepat dan tanpa proses pemotongan di tengahnya, rendang bisa bertahan di freezer selama 3 hingga 6 bulan. Apabila dibuat dalam kondisi kering yang sesuai, hidangan khas Minang ini dapat disimpan dalam jangka waktu tersebut.

8 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Menyimpan Rendang?

Menyimpan rendang dengan praktis dan efektif dapat dilakukan dengan memanfaatkan wadah kedap udara atau kontainer yang rapat. Untuk menjaga kesegaran rendang yang hendak dinikmati dalam beberapa hari ke depan, disarankan untuk menyimpannya di dalam kulkas.

9 dari 11 halaman

Apakah Rendang Tahan Lama Tanpa Kulkas?

Rendang yang dipersiapkan dengan cara dimasak sampai kering sehingga rempah-rempahnya berubah warna menjadi hitam dapat bertahan selama sekitar satu bulan tanpa perlu disimpan di dalam kulkas.

10 dari 11 halaman

Berapa Lama Rendang Tahan di Kulkas?

Biasanya, rendang dapat bertahan selama beberapa hari, khususnya sekitar 4 hingga 5 hari. Namun, ada kasus di mana rendang dapat bertahan bahkan hingga berbulan-bulan lamanya jika disimpan di dalam kulkas dengan metode yang benar.

11 dari 11 halaman

Berapa Kali Rendang Boleh Dipanaskan?

Pastikanlah memanaskan masakan setelah diletakkan dalam suhu ruangan sebelumnya. Jangan biarkan proses pemanasan terlalu lama agar konsistensi santan tetap terjaga. Di lain pihak, untuk menjaga kesehatan tubuh dari risiko santan, hidangan yang mengandung santan seperti opor ayam dan rendang disarankan hanya dipanaskan hingga tiga kali saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.