Sukses

9 Skandal KPop yang Geger Pada Masanya, Penyalahan Narkoba Hingga Pelaku Bully

Bagi kamu yang penasaran siapa-siapa saja, berikut 9 skandal terbesar dalam KPop yang membuat heboh penggemar pada masanya.

Liputan6.com, Jakarta - Korean pop atau KPop merupakan genre musik asal Korea Selatan yang saat ini sedang digemari oleh banyak orang, termasuk orang Indonesia. Tidak sembarangan, para idol KPop merupakan orang-orang yang sudah dipilih dan dilatih sebelumnya, sehingga mereka bisa melakukan debut.

Agar karier seorang idol dapat terus bertahan, bakat menyanyi dan menari saja tidaklah cukup. Mereka juga harus memiliki karakter dan sifat yang baik, serta riwayat masa lalu yang bersih. Tak heran jika Korea selalu menuntut kesempurnaan pada publik figurnya.

Meski banyak idol KPop yang melakukan seluruh pekerjaannya dengan sukses dan tidak pernah mendapat pemberitaan tidak enak, nyatanya tidak semua idol dapat berada di titik tersebut. Sedangkan bagi mereka yang sudah berada di titik sukses, tidak semua juga dapat mempertahankan kesuksesan tersebut dengan menimbulkan skandal yang menarik perhatian banyak orang.

Mereka terlibat dalam berbagai kasus mulai dari penyalahgunaan narkoba, perundungan, hingga pelecehan seksual.

Bagi kamu yang penasaran siapa-siapa saja, berikut 9 skandal KPop yang membuat heboh penggemar pada masanya. 

1. Burning Sun Milik Seungri ex-Bigbang

Skandal Burning Sun merupakan skandal terbesar dalam sejarah KPop, karena mampu menyeret banyak pihak tidak hanya banyak idol, tetapi juga beberapa pihak lain untuk melancarkan aksinya.

Kasus ini pertama kali terkuak pada Februari 2019 silam karena ada seorang pengunjung Kelab Burning Sun yang dipukuli hingga mengalami luka berat. 5 tahun kemudian alias baru-baru ini, skandal Burning Sun kembali ramai dibicarakan seluruh dunia seiring dengan viralnya film dokumenter kasus tersebut.

Diketahui, Seungri yang merupakan mantan personel grup BigBang merupakan otak besar atas kasus ini karena dirinya adalah pendiri serta pemilik sebagain besar Kelab Burning Sun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Perkelahian Min Hee Jin dengan HYBE

Tidak kalah menjadi topik hangat dalam minggu-minggu terakhir, Min Hee Jin selaku CEO ADOR berkelahi dengan HYBE yang dibawahi oleh Bang Si Hyuk. 

Konflik ini berawal dari penyelidikan atas dugaan rencana Min Hee Jin untuk mengambil ADOR yang merupakan anak perusahaan HYBE. Selain itu, permasalahan ini semakin merembet tatkala Min Hee Jin mengungkap obrolan pribadinya dengan Bang Si Hyuk serta menuduh ILLIT telah memplagiat NewJeans.

Hingga saat ini, persaingan tersebut masih berlangsung di meja hijau. Sidang demi sidang masih terus digelar demi mencari kebenaran di antara keduanya.

3. Obrolan Grup Jung Joon Young

Masih dalam kasus besar Burning Sun, Jung Joon Young dikenal sebagai tangan kanan Seungri. Saat skandal ini pertama terungkap, seorang anonim meninggalkan flashdisk yang berisi percakapan tidak senonoh Jung Joon Young di dalam sebuah grup chat yang juga berisi Seungri dan Choi Jong Hoon. Hal ini tentu menggemparkan dunia per-KPop-an saat itu.

3 dari 5 halaman

4. Jessica Keluar dari SNSD

SNSD atau Girls’ Generation merupakan salah satu grup paling terkenal dan paling aktif pada masanya. Namun dalam sejarahnya, grup besutan SM ini pernah kehilangan salah satu anggotanya, yaitu Jessica Jung.

Keluarnya Jessica dari SNSD tentu menjadi perhatian para penggemar KPop, terutama Sone--sebutan untuk penggemar SNSD. Hal itu terjadi pada tahun 2015 tanpa sebab yang pasti karena baik pihak Jessica maupun agensi SM Entertainment memberikan pernyataan berbeda terkait alasan keluarnya Jessica.

5. Kematian Sulli

Sulli merupakan aktris dan penyanyi yang memiliki nama asli Choi Jin Ri. Diberitakan meninggal pada 14 Oktober 2022 lalu, polisi memastikan penyebabnya adalah bunuh diri. 

Sejak kariernya menanjak naik, Sulli tidak pernah terlepas dari pemberitaan serta komentar negatif netizen. Komentar tersebut datang untuk bentuk tubuhnya, pacarnya, hingga gaya busananya. 

Meskipun terlihat kuat di luar, pada akhirnya dirinya mengalami depresi karena komentar nyinyir yang setiap hari datang kepadanya. Kerasnya dunia KPop telah menghancurkan kondisi jiwa Sulli hingga memutuskan untuk mengakhiri semua itu dengan caranya sendiri.

4 dari 5 halaman

6. Kematian Jonghyun SHINee

Jonghyun merupakan salah satu member dari grup vokal SHINee. Pada tahun 2017, dirinya ditemukan meninggal di apartemennya yang terletak di Seoul, Korea Selatan.

Kejadian ini pun menggemparkan dunia KPop sekaligus menjadi pukulan besar bagi penggemar SHINee. Kakak Jonghyun, Kim Do Wan, membuat pernyataan bahwa adiknya meninggal karena bunuh diri. 

Hal ini dipertegas oleh Dispatch yang merilis rekaman percakapan Jonghyun dengan sahabatnya. Diketahui alasan Jonghyun melakukan hal tersebut karena khawatir dengan karier bermusiknya ke depan.

7. Penyalahgunaan Narkoba B.I. iKON 

Kim Hanbin atau dikenal sebagai B.I. iKON pernah menggegerkan dunia KPop tatkala dirinya ketahuan mengonsumsi obat-obatan terlarang pada tahun 2016 silam. Jaksa menyebut dia telah menggunakannya sebanyak 3 kali pada Maret dan April 2016.

Akibat insiden ini, penyanyi 27 tahun itu mendapatkan hukuman 3 tahun penjara serta denda sebesar 1,5 juta won atau sekitar Rp18 juta.

5 dari 5 halaman

8. Pembullyan Kim Garam Le Sserafim

Pada awal debutnya. Le Sserafim memiliki kabar tidak mengenakan karena salah satu membernya, Kim Garam yang diduga menjadi pelaku bullying. Kabar ini langsung merebak di kalangan pencinta KPop hingga menimbulkan banyak reaksi menyudutkan Garam.

Perempuan yang kala itu berusia 16 tahun tersebut pada akhirnya keluar dari Le Sserafim sekaligus meninggalkan industri hiburan Korea yang baru dimasukinya. Saat ini diketahui Garam telah menghabiskan masa SMA-nya seperti anak-anak lainnya.

9. Kematian Moonbin Astro

Kabar duka dari Moonbin Astro kembali memilukan hati para penggemar KPop pada 2023 lalu. Dia ditemukan meninggal di kediamannya yang berlokasi di Gangnam, Seoul. 

Pada awalnya, banyak yang mengira kematian penyanyi 25 tahun itu karena bunuh diri. Namun tidak adanya tanda bunuh diri, serta kabar sakitnya Moonbin sebelum meninggal menguatkan spekulasi bahwa kabar tersebut tidaklah benar. 

Moon Bin diduga mengalami serangan stroke ketika sendirian di rumahnya, sehingga tidak ada yang dapat melakukan pertolongan pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.