Sukses

Jangan Diabaikan, Kenali 5 Tanda Tidak Biasa Jika Anda Mengalami Dehidrasi

Napas, kulit, dan kondisi tubuh Anda mungkin menunjukkan bahwa Anda kekurangan air. Cek beberapa tandanya berikut.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah cuaca ekstrem seperti sekarang ini, sangat penting untuk memenuhi cairan tubuh Anda agar terhindar dari dehidrasi, ya. Maka, minum air putih yang cukup sangat disarankan untuk dilakukan.

Apalagi sampai Anda akan merasakan haus. Dikutip dari Everyday Health, Senin (20/5/2024), perasaan haus adalah hasil dari proses fisiologis yang kompleks, menurut penelitian, yang dimaksudkan sebagai peringatan bahwa Anda mengalami dehidrasi, dan berada dalam bahaya karena tidak dapat berfungsi dengan baik.

Namun sayangnya, dehidrasi sering dianggap sebagai masalah yang cukup sepele. Padahal, jika tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan dehidrasi ektrem yang tentunya dapat membahayakan kesehatan kita.

Sebagaimana didefinisikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Anda dikatakan mengalami dehidrasi ekstrem jika mengalami hilangnya cairan lebih dari 10 persen berat badan Anda. Hal inilah dapat menyebabkan cedera atau komplikasi fatal, dan hal ini memerlukan kunjungan UGD. 

Akan tetapi, rupanya hal itu jarang terjadi. Sebab, tubuh Anda dapat dengan mudah mengisi kembali simpanan cairan. Selain itu, Anda juga dapat mencegah dehidrasi dengan minum air sepanjang hari. Terlebih jika Anda merasakan rasa haus, sakit kepala, dan mulut kering adalah tanda-tanda sudah waktunya mengonsumsi air atau minuman olahraga yang rendah gula dan tinggi elektrolit.

Meskipun begitu, sebenarnya tanda-tanda dehidrasi tidak selalu terlihat jelas. Berikut lima tanda dan gejala dehidrasi yang mengejutkan. Simak penjelasan selengkapnya, yuk!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Bau mulut

Air liur memiliki sifat antibakteri, tetapi dehidrasi dapat mencegah tubuh Anda menghasilkan cukup air liur, menurut Better Health Channel.

“Jika Anda tidak memproduksi cukup air liur, Anda bisa mendapatkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan di mulut, dan salah satu efek sampingnya adalah bau mulut,” kata John Higgins, MD, seorang profesor kedokteran di University of Texas di Houston dan kepala kardiologi di Rumah Sakit Umum Lyndon B. Johnson.

Ini adalah alasan yang sama mengapa Anda terbangun dengan “morning breath”. Sebab, produksi air liur melambat saat tidur, catat Mayo Clinic, yang menyebabkan rasa tidak enak di mulut saat bakteri berkembang. Jadi jika nanti Anda mengalami mulut kering dan napas Anda berbau kurang segar, mungkin inilah saatnya untuk melakukan rehidrasi.

3 dari 4 halaman

2. Kulit kering atau memerah

“Banyak orang berpikir bahwa orang yang mengalami dehidrasi adalah orang yang sangat berkeringat, namun kenyataannya, saat Anda melalui berbagai tahap dehidrasi, kulit Anda akan menjadi sangat kering,” kata Dr. Higgins, seraya menambahkan bahwa kulit mungkin juga tampak memerah.

Gejala utama dehidrasi lainnya yang berhubungan dengan kulit adalah hilangnya elastisitas kulit, menurut MedlinePlus. Hal ini dapat menyebabkan kulit tetap “kencang” setelah dicubit, sehingga memerlukan waktu untuk kembali ke tampilan normalnya.

3. Sakit kepala

Dehidrasi ringan pun dapat menyebabkan sakit kepala. Meskipun berbagai faktor selain dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala, minum segelas penuh air dan terus meminum lebih banyak cairan sepanjang hari adalah cara mudah untuk meringankan rasa sakit Anda. Padahal dehidrasi adalah penyebabnya.

4. Merasakan ngidam

“Saat Anda mengalami dehidrasi, akan sulit bagi organ seperti hati, yang menggunakan air, untuk melepaskan glikogen [glukosa yang disimpan] dan komponen lain dari simpanan energi Anda, sehingga Anda benar-benar bisa mengidam makanan,” kata Higgins.

Meskipun Anda mungkin mendambakan apa pun mulai dari coklat hingga camilan asin, mengidam makanan manis lebih umum terjadi karena tubuh Anda mungkin mengalami kesulitan memecah glikogen untuk melepaskan glukosa ke dalam aliran darah untuk digunakan sebagai bahan bakar, katanya.

4 dari 4 halaman

5. Keram otot

Ketika tubuh Anda kehilangan cukup cairan, tubuh tidak dapat mendinginkan tubuh secara memadai, sehingga menyebabkan penyakit panas, catat OrthoInfo. Salah satu gejala yang harus diwaspadai adalah keram otot yang bisa terjadi saat berolahraga. Terutama saat cuaca panas.

“Semakin panas suhu tubuh, semakin besar kemungkinan Anda mengalami keram otot, dan itu disebabkan oleh efek panas murni pada otot. Saat otot bekerja semakin keras, mereka dapat menyerap panas itu sendiri. Perubahan elektrolit, seperti natrium dan kalium, juga dapat menyebabkan keram otot,” kata Higgins.

Ingatlah bahwa dalam hal rehidrasi setelah berolahraga, semua minuman mungkin tidak dibuat sama. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Maret 2019 di BMJ Open Sport and Exercise Medicine menemukan bahwa ketika partisipan melakukan rehidrasi dengan minuman yang mengandung elektrolit setelah berolahraga, kecil kemungkinannya mereka mengalami keram otot.

Sebaliknya, peserta yang minum air putih lebih mungkin mengalami keram. Penelitiannya kecil, jadi temuannya mungkin tidak berlaku untuk Anda. Akan tetapi, jika lain kali Anda merasakan keram otot setelah berolahraga, pilihlah minuman olahraga yang mengandung elektrolit.

Bahkan dalam cuaca dingin, dehidrasi bisa terjadi jika Anda tidak mengganti cairan yang hilang dengan minum sedikit air saat berolahraga. Higgins mengatakan gejalanya mungkin lebih ringan atau muncul lebih lambat. Namun, dehidrasi memiliki risiko yang sama, terlepas dari suhu di luar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.