Sukses

Bukan Masuk Freezer, Ini Cara Awetkan Jagung Sampai 3 Minggu Agar Tidak Keriput,

Sampai 3 minggu, jagung tidak juga muncul keriput dan malah tetap segar. Ini dia caranya.

Liputan6.com, Jakarta Jagung bisa diolah menjadi beragam hidangan lezat seperti aneka gorengan, tumisan hingga bubur. Belum lagi jagung juga cocok dijadikan makanan pokok karena mengandung karbohidrat seperti nasi

Melansir dari laman John Hopkins, jagung juga mengandung banyak sekali serat, baik yang larut atau tidak larut. Serat larut pada jagung akan membentuk gel dalam usus yang dapat mengendalikan kolesterol.

Semua hal itu cukup menjadi alasan untuk menyimpan stok jagung dalam jumlah banyak di rumah. Supaya lebih tahan lama, tidak sedikit orang yang menyimpan jagung di freezer.

Sayangnya menyimpan jagung di freezer tidak cukup praktis. Belum lagi jagung berpotensi tumbuh keriput jika terlalu beku.

Namun tenang saja, karena seorang pemilik kanal  YouTube keluarga pakdono teknik khusus dalam menyimpan jagung.

Bahkan ia mengklaim bahwa jagung dapat awet segar hingga tiga minggu dengan cara yang dirangkum pada Kamis (16/05/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Pakai Plastik Wrap

Pertama-tama, siapkan plastik wrap terlebih dahulu. Melansir dari laman Federasi Plastik Inggris (BPF), plastik wrap setidak-tidaknya dapat menjaga keawetan sekaligus menyimpan barang atau makanan selama 5-10 hari.

Hal ini wajar, karena plastik wrap memang sangat rapat sehingga dapat mencegah paparan oksigen. Selain itu, plastik ini juga dapat menahan bau makanan.

3 dari 11 halaman

Jangan Cuci dan Kupas Jagung

Jagung yang ingin disimpan tidak boleh dikupas karena nanti bisa terpapar dengan oksigen. Karena jagung tidak dikupas, maka secara otomatis jagung juga tidak perlu dicuci.

4 dari 11 halaman

Bungkus Jagung

Letakkan jagung di tengah-tengah selembar plastik wrap. Setelah itu lipat dari sisi kanan dan jepitkan di bawah jagung. Lalu, lalu lipat plastik dari sisi sebelah kiri sampai menutupi jagung. Jangan lupa juga untuk menutup bagian ujung jagung dengan selotip agar semakin rekat.

5 dari 11 halaman

Simpan di Chiller

Alih-alih disimpan di freezer, jagung yang dibungkus plastik wrap tadi harus disimpan di dalam chiller. Karena plastik wrap sudah cukup rapat, maka suhu dingin pada chiller sudah cukup untuk mengawetkan jagung tanpa membuatnya keriput sampai tiga minggu.

6 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Jagung

7 dari 11 halaman

Berapa Lama Jagung Tahan Tanpa Kulkas?

Letakkan jagung muda ke dalam kantong kertas atau plastik. Simpanlah di lingkungan yang sejuk di dalam rumah. Dengan cara ini, jagung muda bisa tetap segar selama 2 hingga 3 hari.

8 dari 11 halaman

Apakah Jagung Bisa Disimpan di Suhu Ruangan?

Menurut informasi yang dilaporkan oleh Taste of Home, jagung manis masih akan mempertahankan kelezatannya jika disimpan pada suhu ruangan, meskipun akan dikonsumsi atau diolah beberapa jam setelah dibeli. Jika disimpan di dalam lemari es, jagung manis akan tetap mempertahankan rasa manisnya.

9 dari 11 halaman

Apakah Jagung Bisa Dibekukan?

Anda dapat menyimpan jagung utuh di dalam freezer, asalkan kulitnya telah dikupas sebelumnya. Setelah itu, rebus jagung selama sekitar empat menit. Segera letakkan tongkolnya ke dalam wadah yang berisi air es sebelum mengeringkannya dan menyimpannya di dalam kantong kedap udara.

10 dari 11 halaman

Kenapa Jagung Harus Dijemur?

Pada umumnya, pengeringan awal digunakan agar proses pemipilan jagung dapat lebih mudah dilakukan. Tanpa pengeringan sebelumnya, risiko butir jagung rusak, kulit terkelupas, luka, atau cacat meningkat, serta menyebabkan proses pemipilan menjadi lebih lambat.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Waktu untuk Merebus Jagung?

Jagung yang telah dikupas dapat direbus selama dua hingga lima menit. Untuk jagung pipil, proses perebusannya memerlukan waktu sekitar empat menit dengan api yang disesuaikan pada tingkat sedang atau kecil. Namun, jagung yang masih memiliki kulitnya membutuhkan waktu rebusan sekitar sepuluh menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini