Sukses

Resep Minuman Es Asem Gula Jawa yang Segar dan Menyehatkan, Mengatasi Dahaga di Musim Panas

Di cuaca yang terik, menikmati segelas air es adalah pilihan sempurna. Salah satunya adalah es asam gula jawa yang tidak hanya menyegarkan, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Asam jawa atau tamarin adalah buah yang bisa diolah menjadi minuman dingin yang menyegarkan untuk meredakan dahaga saat cuaca panas.

Perpaduan rasa asam dan manisnya memberikan sensasi segar yang melegakan tenggorokan di cuaca yang terik.

Anda bisa menyiapkan pasta asam tamarind yang bisa disimpan di dalam lemari es sehingga memudahkan dalam menyajikan minuman.

Berikut adalah petunjuk pembuatan pasta asam tamarind yang dikutip dari Muydelish.com pada (14/5), serta resep minuman segar dengan bahan dasar gula aren yang kami sajikan di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Resep Pasta Asam Jawa

Bahan-bahan

  • 10-12 asam jawa segar yang masih ada kulitnya
  • 700 ml air 

Cara Membuat Pasta Asam Jawa

  1. Pisahkan daging asam jawa dari kulitnya dan buang serat yang menempel pada buah tersebut.
  2. Kemudian, bersihkan daging asam jawa dengan menggunakan saringan untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
  3. Selanjutnya, letakkan daging asam jawa dalam sebuah mangkuk dan siram dengan 450 ml air panas, kemudian tutup rapat dan biarkan selama 10 menit.
  4. Setelah itu, letakkan saringan di atas mangkuk dan peras daging asam jawa melalui saringan dengan tangan yang bersih untuk memisahkan daging dan bijinya, gunakan air untuk memudahkan proses ini.
  5. Tambahkan sekitar 200 ml air untuk membersihkan semua daging asam jawa yang ada di saringan.
  6. Selanjutnya, rebus pasta asam jawa selama lima menit dengan menggunakan api kompor yang sedang.
  7. Setelah dingin, simpan dalam stoples dan simpan di dalam kulkas. Pasta asam jawa dapat disimpan selama satu bulan dalam kulkas dan enam bulan dalam freezer. 
3 dari 7 halaman

Resep Es Asem Gula Jawa

Bahan-bahan

  • 4 sdt pasta asam jawa  
  • 5 sdm gula jawa sisir, rebus dengan 100 ml air 
  • 700 ml air 
  • es batu secukupnya

 Cara Membuat Es Asem Gula Jawa

  1. Campurkan semua bahan tersebut ke dalam satu gelas.
  2. Apabila terasa kurang manis atau kental, tambahkan gula dan pasta asam jawa.
4 dari 7 halaman

Air Gula Asem untuk Apa?

Minuman sehat alami dengan rasa asam yang menyegarkan. Terdapat nutrisi penting seperti Vitamin B, Vitamin C, Magnesium, Kalsium, dan Zat Besi. Diketahui membantu menurunkan kadar lemak tubuh serta kaya akan antioksidan yang mendukung peningkatan sistem kekebalan tubuh dan proses penurunan berat badan.

 

5 dari 7 halaman

Apa Manfaat Minum Air Asam Jawa?

Memperbaiki proses pencernaan, sumber zat antioksidan, menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan dan rasa sakit pada sendi, mengatasi gejala batuk dan pilek, dan merawat kesehatan kulit.

 

6 dari 7 halaman

Apakah Minum Air Asam Jawa bisa Meredakan Sakit Tenggorokan?

Tidak hanya itu, asam Jawa juga kerap dimanfaatkan dalam pengobatan konvensional. Salah satu keunggulan yang sering ditekankan dari asam Jawa adalah kemampuannya dalam meredakan masalah pada tenggorokan.

 

7 dari 7 halaman

Apa Manfaat Air Asam Jawa dan Gula Merah?

Kandungan di dalam buahnya mencakup asam tatrat, asam malat, asam nitrat, serta asam asetat, yang dapat membantu dalam proses pencernaan. Tambahan lagi, buah tersebut juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah. Daun muda dari tanaman asam jawa juga memiliki manfaat untuk merangsang selaput lendir di tenggorokan dan usus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini