Sukses

Modal 1 Alat Saja, Ini Cara Simpan Sisa Lemon Agar Tahan Lama dan Tidak Keriput

Sisa lemon bisa disimpan dan tetap awet hanya dengan 1 alat saja. Ini dia caranya.

Liputan6.com, Jakarta Lemon memiliki cita rasa segar dan asam yang sangat melegakan tenggorokan. Selain itu, lemon juga memiliki beragam manfaat kesehatan seperti mengelola berat badan, mencegah batu ginjal, mencegah anemia hingga mengurangi risiko kanker.

Namun, semua manfaat itu akan hilang jika lemon sudah basi dan tidak aman dikonsumsi. Lemon bisa basi karena tidak disimpan dengan benar dan memiliki ciri-ciri seperti berubah warna, bau, tekstur dan muncul keriput.

Padahal menyimpan lemon tidak terlalu sulit, bahkan lemon bisa tetap awet jika disimpan dengan satu alat saja. Hal ini persis seperti metode yang dijelaskan oleh warganet TikTok/@yayualitalia, yang dirangkum pada Senin (22/04/2024) berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Potong Lemon 2 Kali

Pertama-tama, siapkan lemon sisa yang sudah disimpan selama dua hari lebih lalu cuci terlebih dahulu. Dalam keadaan ini, sudah muncul sedikit keriput pada lemon.

Agar keriput tidak bertambah banyak, potong lemon dua kali. Ambil dua bagian lemon yang ingin disimpan, sedangkan dua bagian lainnya buang saja. Hal ini bertujuan agar bagian lemon yang disimpan lebih sedikit dan semakin tidak mudah berkeriput.

3 dari 10 halaman

Tempel 2 Sisa Bagian Lemon

Dua sisa bagian lemon yang akan disimpan harus ditempel dan disatukan lagi meskipun ukuran keduanya berbeda. Tidak perlu bahan baik alami atau buatan untuk merekatkan keduanya, cukup gunakan satu alat ini pada langkah selanjutnya.

4 dari 10 halaman

Ikat dengan Karet

Alat yang digunakan hanyalah karet saja sebanyak dua buah. Ikat lemon dengan karet, masing-masing dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Dengan begitu, lemon akan kembali rapat dan bisa disimpan kembali.

5 dari 10 halaman

Simpan di Kulkas

Setelah lemon sudah diikat rapat dengan karet, simpan lemon kembali di kulkas bagian samping. Dengan cara ini, lemon bisa tetap awet berminggu-minggu dan tidak berkeriput sedikitpun.

6 dari 10 halaman

Berapa Lama Air Perasan Lemon Bertahan?

Jus lemon bisa tetap segar hingga empat hari di dalam kulkas bila disimpan dengan benar, meskipun mungkin akan sedikit kehilangan rasa asamnya seiring waktu.

7 dari 10 halaman

Apakah Sari Lemon Harus Disimpan di Kulkas?

Sari lemon bisa menyebabkan bakteri berkembang jika disimpan di ruangan biasa. Oleh karena itu, simpanlah dalam wadah plastik di dalam lemari es agar tahan 2-3 hari. Cara terbaik menjaga kesegarannya adalah dengan memeras dan membekukannya.

8 dari 10 halaman

Bolehkah Minum Lemon dengan Air Dingin?

Mengonsumsi air lemon yang dicampur dengan air dingin dapat membantu membakar kalori lebih efisien. Dengan minum campuran tersebut, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menghangatkan suhu, sehingga meningkatkan metabolisme dan membantu pembakaran kalori.

9 dari 10 halaman

Kapan Bagusnya Minum Air Lemon?

Pagi adalah saat yang ideal untuk minum air lemon, karena pada saat ini, metabolisme tubuh sedang pada puncaknya. Dengan meminum segelas air lemon hangat di pagi hari, dapat meningkatkan kinerja mitokondria dan memicu thermogenesis.

10 dari 10 halaman

Air Lemon Bagus untuk Apa?

Pektin, yang terdapat dalam lemon, merupakan jenis serat larut yang berguna bagi kesehatan saluran pencernaan dan mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti konstipasi. Selain itu, serat dalam lemon dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan menghindari lonjakan gula darah yang signifikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.