Sukses

Penampakan Taman Shazdeh, Taman Hijau Memikat di Tengah Padang Pasir

Area berumput subur dengan beragam tanaman hijau dan air mancur yang membanjiri, dikenal sebagai Taman Shazdeh Iran atau Taman Pangeran, terletak di sekitar padang pasir yang tandus.

Liputan6.com, Jakarta Sejak diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2011, Taman Shazdeh telah menjadi tujuan populer bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Berikut adalah gambaran pesona Taman Shazdeh di Iran yang dikutip dari odditycentral.com pada (15/4).    

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Lokasi Taman Shazdeh

Terletak 6 kilometer dari pusat kota Mahan, di Provinsi Kerman, Taman Shazdeh adalah kompleks taman bersejarah Persia yang didirikan oleh Dinasti Qajar pada akhir abad ke-19.

3 dari 7 halaman

Bentuk Taman Shazdeh

Struktur bangunan berbentuk persegi panjang ini dikelilingi oleh dinding batu yang melindungi kebun subur di dalamnya dari padang gurun yang keras mengelilinginya.

Ketika dilihat dari atas, Taman Shazdeh terlihat seperti oasis yang menyegarkan di tengah gurun tandus, menarik ribuan pengunjung setiap tahun.

Dengan luas lahan 5,5 hektar, taman ini dipenuhi oleh tanaman hijau subur, air mancur, dan kolam yang mempesona, serta dihiasi dengan arsitektur yang memukau. Beberapa menggambarkannya sebagai permata yang bersinar di tengah padang pasir.

Taman ini memiliki lima air mancur mengesankan, yang airnya disalurkan melalui sistem Qanat yang membawa air dari sumur melalui kanal bawah tanah.

4 dari 7 halaman

Apa Saja Flora di Gurun?

Vegetasi yang tumbuh di wilayah gurun meliputi kaktus, semak akasia, dan tumbuhan tamar (kurma). Di sisi lain, fauna yang dapat ditemui di gurun termasuk belalang serta beragam hewan pengerat seperti hamster dan gerbil.

 

5 dari 7 halaman

Tanaman apa yang bisa ditemukan di pasir?

Kaktus, pohon Doum, pohon Akasia, buah Kurma, dan pohon Zaitun.

 

6 dari 7 halaman

Bagaimana Ciri-Ciri Tumbuhan yang Hidup di Daerah Gurun?

Tumbuhan yang bisa hidup dan beraklimatisasi di padang pasir biasanya memiliki karakteristik akar yang sangat mendalam, daun yang kecil dan tebal atau bahkan tanpa daun sama sekali, batang yang cukup besar, dan sering kali ditutupi oleh duri.

 

7 dari 7 halaman

Bagaimanakah Vegetasi Bioma Gurun?

Tanaman yang ada di ekosistem gurun jarang yang mampu beradaptasi dengan lingkungan yang keras dan bertahan terhadap kekurangan air. Flora yang khas dari wilayah gurun meliputi kaktus, akasia, dan pohon kurma. Fauna yang mendiami lingkungan ini termasuk reptil, unta, dan hewan pengerat yang tinggal di dalam tanah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.