Sukses

5 Manfaat Minum Cuka Apel Setelah Makan Malam untuk Kesehatan Sehari-hari

Cuka apel ternyata bisa dikonsumsi di malam hari setelah makan malam. Ini dia lima manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta Apple Cider Vinegar (ACV) atau cuka apel memang sempat menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, penggunaan cuka apel memiliki beragam manfaat dan kegunaan termasuk bagi kesehatan. 

Ada yang mengatakan kalau mengonsumsi cuka apel dapat membantu untuk menurunkan berat badan dan sangat bagus untuk diet. Namun, pernahkah Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi cuka apel setelah makan malam?

Ya, rupanya cuka apel tidak hanya baik dikonsumsi di pagi hari, tapi juga saat malam hari tiba, khususnya setelah makan. Bahkan, dengan menambahkannya ke dalam rutinitas sehari-hari dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan begitu signifikan. Maka tidak heran, jika kebiasaan ini bisa diterapkan oleh Anda langsung.

Apa sajakah manfaat mengonsumsi cuka apel di malam hari? Seperti dihimpun dari The Health Site, Senin (15/4/2024), mari kita lihat bersama lima manfaat kesehatan luar biasa dari cuka apel sebagai bagian dari rutinitas Anda.

1. Membantu Membuang Racun Dari Tubuh

Tidak hanya untuk diet, cuka apel juga bisa dimanfaatkan sebagai detoksifikasi tubuh. Cairan ampuh ini membantu mengeluarkan racun, mendukung proses detoksifikasi tubuh Anda secara menyeluruh.

Oleh karena itu, dengan meminumnya setelah makan malam sebenarnya membantu mengeluarkan zat berbahaya dan meningkatkan kebersihan organ tubuh. Hasil yang Anda rasakan yaitu dapat kesehatan secara keseluruhan lebih terjaga dan sistem detoks alami yang meningkat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Jika Anda terbiasa meminum cuka apel setelah makan malam, Anda berarti dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Sebab, cuka apel dapat membantu menurunkan kolesterol sekaligus menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Dengan begitu, mengurangi ancaman penyakit jantung dan mendukung kesehatan jantung. Jadi, Anda menemukan alasan bagus lainnya untuk memasukkan ini ke dalam rutinitas Anda.

3. Membantu dalam Menjaga Berat Badan

Siapa yang mengira cuka apel bisa menjadi rahasia Anda dalam mengatur berat badan dan bahkan mungkin menurunkan berat badan? Dengan mengonsumsinya setelah makan terakhir dapat meningkatkan metabolisme Anda, memicu pembakaran lemak dalam semalam.

Ditambah lagi, hal ini dapat mencegah keinginan ngemil di tengah malam dan menurunkan asupan kalori harian Anda. Manfaat yang dapat dirasakan yaitu mendorong Anda selangkah lebih dekat untuk menuju berat badan ideal.

3 dari 3 halaman

4. Kerja Pencernaan Jadi Lebih Baik

Dijuluki sebagai penolong kecil, cuka apel kaya akan asam asetat. Asam ini melengkapi keasaman lambung, membantu tubuh Anda memotong makanan dengan lebih lancar dan menghindari mulas dan kembung.

Menambahkan sedikit cuka sari apel, ke dalam rutinitas setelah makan malam dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Namun, pastikan Anda mengetahui cara mengonsumsinya. Seperti yang selalu dikatakan para ahli, seseorang harus mengencerkan cuka apel dalam air terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya untuk menghindari masalah kesehatan yang serius.

Selain itu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum melakukan perubahan pola makan secara besar-besaran.

5. Mengelola Kadar Gula Darah

Cuka apel yang dikonsumsi setelah makan malam dapat mengubah kadar gula darah. Menurut penelitian, cuka apel dapat meningkatkan efektivitas insulin dan menghentikan puncak gula darah dalam semalam - sebuah nilai tambah yang besar bagi siapa pun yang bergulat dengan diabetes atau mencari kontrol gula darah yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.