Sukses

Cara Rebus Kacang Merah Agar Cepat Empuk Tanpa Dipresto, Hanya Butuh 12 Menit

Kacang Merah yang biasanya harus direbus selama lebih dari 30 menit, kini hanya perlu direbus selama 12 menit saja supaya empuk. Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Kacang Merah dapat diolah menjadi beberapa hidangan yang lezat seperti es kacang merah nangka atau es kacang merah santan.

Selain lezat, kacang merah diketahui juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Melansir dari healthline, kacang merah mampu membantu menurunkan berat badan, mengontrol gula darah dan mencegah kanker usus besar.

Untuk mendapatkan semua manfaat itu, kacang merah harus direbus terlebih dahulu sampai empuk. Selain itu, kacang merah juga mengandung racun yang harus dinetralisir dengan direbus.

Masalahnya, merebus kacang merah memakan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 30-45 menit. Hal itu tentu saja sangat tidak hemat gas.

Namun, ada salah satu tutorial yang dibagikan oleh kanal YouTube susi kitchen. Ia mengaku dapat merebus kacang merah sampai benar-benar empuk hanya dalam 12 menit saja. Terlebih lagi, ia tidak menggunakan alat presto.

Lantas, cara seperti apa yang digunakan? Dirangkum pada Senin (15/04/2024), berikut adalah langkah-langkahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Rebus Air Sampai Mendidih

Siapkan sekitar 1,5 liter air lalu rebus dalam panci besar sampai mendidih. Setelah itu, masukkan 500 gram kacang merah yang sudah dicuci bersih ke dalam rebusan tersebut.

Tutup panci dan jangan sampai ada celah udara. Biarkan kacang merah direbus selama 5 menit.

3 dari 10 halaman

Biarkan Selama 30 Menit

Sesudah direbus selama 5 menit, segera matikan kompor. Tanpa perlu membuka tutup panci, biarkan kacang merah selama setengah jam. Air rebusan yang sudah mendidih sebelumnya akan turut membantu melunakkan kacang merah meski api kompor tidak nyala.

4 dari 10 halaman

Rebus Lagi Selama 7 Menit

Setelah kacang merah dibiarkan selama 30 menit, nyalakan kompor kembali untuk merebus kacang merah selama 7 menit.

Pada tahap ini, kacang merah sudah agak empuk walau belum maksimal. Oleh karena itu kacang merah masih harus direbus lagi.

5 dari 10 halaman

Kacang Merah Jadi Sangat Empuk

Setelah direbus selama 7 menit, matikan kompor lalu buka tutup panci untuk melihat hasilnya. Sesuai ekspektasi, tekstur kacang merah saat ini jadi sangat empuk. Jangan lupa untuk tambahkan gula dan garam agar lebih nikmat.

6 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Supaya Kacang Merah Cepat Empuk?

Kacang merah direndam dalam air selama semalaman agar empuk saat dimasak. Saat direbus, gunakan metode 5-30-7 untuk memasaknya dengan cepat dan efisien.

7 dari 10 halaman

Mengapa Biji Kacang Merah Harus Direndam Terlebih Dahulu?

Proses merendam digunakan dengan maksud untuk mengendurkan biji serta sebagai langkah pencegahan terhadap pertumbuhan bakteri yang membusuk saat fermentasi berlangsung. Bakteri yang hadir dalam air akan menginisiasi fermentasi pada kulit biji selama proses perendaman.

8 dari 10 halaman

Berapa Kalori Kacang Merah Rebus?

Karena itu, kacang merah adalah pilihan yang tepat sebagai makanan pendamping ASI (MP-ASI) untuk bayi. Menurut informasi dari Healthline, dalam 100 gram kacang merah yang direbus, terdapat 127 kalori.

9 dari 10 halaman

Apakah Kacang Merah Baik untuk Ibu Hamil?

Tidak hanya karena cita rasanya yang lezat, kacang merah juga memiliki manfaat yang signifikan bagi tubuh, terutama ketika Ibu sedang dalam masa kehamilan. Manfaat yang luar biasa dimiliki oleh kacang tanah untuk perkembangan Ibu dan Janin.

10 dari 10 halaman

Kacang Merah Rasanya Seperti Apa?

Kacang ini sering dimanfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan pasta kacang merah karena rasanya yang manis. Selain itu, kacang ini juga dapat digunakan sebagai isian untuk roti atau kue, sebagai hidangan penutup, atau diolah melalui proses fermentasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini