Sukses

Cara Memilih Blouse Batik Kekinian yang Pas Untuk Lebaran

Baju batik saat ini menjadi salah satu baju yang dicari oleh masyarakat. Berbeda dengan dulu, kini batik sudah banyak dikenakan oleh anak muda dan juga berbagai kalangan usia lainnya. Beragamnya model batik yang kekinian juga menjadi faktor meroketnya penggunaan batik di Indonesia.

Liputan6.com, Malang Belakangan ini, minat terhadap batik sedang meningkat di pasaran dan diminati oleh banyak orang sebagai opsi fashion. Tak hanya kain batik, tetapi pakaian jadi dari batik juga banyak dicari terutama oleh wanita. Salah satu pakaian yang paling dicari adalah blouse batik, yang menjadi favorit wanita karena memiliki model atasan yang longgar dengan beragam model kekinian. 

Blouse batik menjadi pilihan utama karena cocok untuk berbagai kesempatan, baik formal, semi formal, maupun santai. Ada banyak model blouse yang tersedia, jadi mari kita lihat tips dalam memilih blouse batik terbaru untuk dipakai saat merayakan Idul Fitri, sehingga Anda bisa mendapatkan yang sesuai dengan selera Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Perhatikan Jenis Batik Sebelum Membeli Agar Sesuai dengan Selera dan Budget

Ada tiga jenis model kain batik yang berbeda tergantung pada proses pembuatannya. Setiap model memiliki harga yang berbeda, jadi pastikan memilih yang sesuai dengan anggaran Anda.

Batik Tulis

Jika Anda menginginkan batik asli dan memiliki budget lebih, pilihlah jenis batim tulis karena digambar secara manual dengan tangan. Harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan jenis batik yang lain.

Batik Printing

Harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan batik tulis dan memiliki berbagai motif. Dibuat dengan teknik print dan diproduksi dalam jumlah besar sehingga motifnya cenderung umum.

Batik Cap

Mirip dengan batik tulis, namun jenis batik ini dibuat dengan cara dicap menggunakan cetakan. Harganya lebih terjangkau.

3 dari 10 halaman

Pilih Desain dan Jenis Blouse yang Sesuai dengan Seleramu

Blouse batik menyuguhkan beragam gaya yang dapat disesuaikan dengan berbagai kesempatan. Berikut adalah beberapa opsi model blouse batik yang dapat dipilih:

1. Pilih Blouse Berlengan Panjang dan Formal untuk Penampilan yang Resmi

Jika ingin kesan formal, pilihlah blouse batik ini. Untuk menyelipkan sentuhan keunikan, pilih model blouse batik yang memiliki modifikasi pada beberapa bagian.

2. Pilih Blouse dengan Desain Unik untuk Hangout Bersama Teman

Blouse batik modern ini pas untuk hangout karena memiliki beragam model menarik, baik dengan lengan pendek atau panjang. Desainnya simpel namun tetap modis.

3. Pilih Blouse Batik Kombinasi Warna Solid untuk Bentuk Tubuh Besar

Untuk tubuh berisi, pilihlah blouse batik dengan warna gelap dan hindari motif batik yang terlalu besar. Padukan dengan kain polos agar tidak menonjolkan bentuk tubuh.

4. Batik Kontemporer untuk Penampilan yang Kekinian

Batik kontemporer mempersembahkan motif bebas yang tak terikat pada pola klasik. Dengan dua atau tiga corak dalam satu kain, batik ini akan memberi sentuhan eksentrik pada penampilanmu.

4 dari 10 halaman

Perhatikan Pemilihan Bahan Batik Agar Tidak Luntur dan Awet

Meemperhatikan dan memilih bahan sebelum membeli batik sangatlah penting. Prioritaskan kenyamananmu saat akan membeli batik. Biasanya, kain katun menjadi pilihan utama dalam pembuatan batik karena menyerap keringat dan nyaman digunakan. Pastikan juga bahan batik yang dipilih tahan luntur ketika dicuci.

5 dari 10 halaman

Perhatikan Kerapatan Jahitan Sebelum Membeli

Sebelum Anda membeli batik, penting untuk mengecek kehalusan jahitannya karena ini dapat memengaruhi seberapa tahan lama kain batik tersebut.

6 dari 10 halaman

Apa Definisi Blouse Wanita?

Blouse adalah pakaian atasan yang biasanya memiliki potongan longgar dan panjangnya bisa mencapai pinggang.

 

7 dari 10 halaman

Apakah Blouse Cocok untuk Acara Formal?

Blouse wanita memiliki fleksibilitas yang tinggi, sehingga bisa dipakai baik untuk acara formal maupun aktivitas santai, tergantung pada desainnya.

8 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Memilih Bahan untuk Blouse?

Blouse bisa terbuat dari berbagai bahan seperti chiffon, sutra, katun, dan lainnya. Salah satu kelebihan bahan katun adalah sifatnya yang higroskopis, membuatnya nyaman dipakai karena mudah menyerap keringat. Selain itu, kain katun juga tahan cuci kering dan tahan setrika dengan suhu panas.

9 dari 10 halaman

Baju yang Nyaman dari Bahan Apa?

Linen menjadi bahan pilihan utama untuk pakaian yang memberikan kenyamanan saat cuaca panas.

10 dari 10 halaman

Bahan Apa yang Digunakan untuk Blouse?

Bahan yang digunakan untuk membuat blouse sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Mulai dari linen, katun, rayon, satin, chiffon, dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini