Sukses

Doa Malam Lailatul Qadar dan Tanda-Tanda Kedatangannya

Diyakini bahwa malam Lailatul Qadar lebih baik daripada seribu bulan, sehingga setiap amal sholeh yang dilakukan pada malam ini akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Liputan6.com, Jakarta - Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh berkah dan kemuliaan dalam bulan Ramadan, di mana umat muslim berlomba-lomba untuk melakukan amal sholeh demi mendapatkan rahmat, ampunan, karunia, pahala, dan syafaat yang melimpah.

Diyakini bahwa malam Lailatul Qadar lebih baik daripada seribu bulan, sehingga setiap amal sholeh yang dilakukan pada malam ini akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Mengutip dari NU Online, Selasa (26/3/2024), Allah Swt berfirman dalam QS Al-Qadr ayat 1-5. 

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Innaaa anzalnaahu fii Lailatil Qadar, wa Maa adraaka Maa Lailatul Qadr, Lailatul Qadri Khairun min Alfi syahr, tanazzalul malaaaikatu wa ruukhu fiihaa, binirzni rabbihim min kulli Amrin Salaam, hiya Hatta Mathla'il Fajar.

Artinya,

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al Qadr: 1-5).

Di malam Lailatul Qadar, umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak amal sholeh seperti berdoa. Berikut beberapa doa yang bisa diamalkan di malam Lailatul Qadar:

 

 

Doa malam Lailatul Qadar berdasarkan riwayat Imam At-Tirmidzi

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ  تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī (‘annā jika dibaca berjamaah).

Artinya,

Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf yang pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadits Riwayat Imam At-Tirmidzi

Doa tersebut diambil dari hadits riwayat Imam At-Tirmidzi berikut:

وَعَنْ عائشة رضي الله عنها: قالت: «قلت: يا رسولَ الله إِنْ وَافَقْتُ ليلةَ القَدْرِ ، ما أَدْعُو به؟ قال: قُولي: اللهم إنك عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُ الْعَفْوَ فاعْفُ عَنِّي» أخرجه الترمذي 

Artinya,

Dari sayyidah Aisyah ra, ia bercerita, ia pernah bertanya, ‘Wahai Rasulullah, jika aku kedapatan menjumpai Lailatul Qadar, bagaimana doa yang harus kubaca?’ Rasulullah saw menjawab, “Bacalah, ‘Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī” (HR At-Tirmidzi).

3 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Ciri-ciri malam Lailatul Qadar sebagaimana disampaikan Rasulullah dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ath-Thayalisi, yaitu: “Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kelembutan, udara cerah, siang harinya tidak terlalu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi harinya Matahari bersinar lemah, dan tampak kemerah-merahan.”

Sedangkan tanda-tanda Lailatul Qadar secara khusus bagi orang yang menemukannya, sebagaimana yang disampaikan oleh Syekh Abil Fadl al-Ghumari dalam kitab Ghayatul Ihsan terbagi menjadi empat pendapat, yaitu:

  1. Seseorang yang bisa menemukan Lailatul Qadar hanyalah orang-orang yang sedang melakukan sujud.
  2. Tampaknya cahaya pada setiap sudut tempat, bahkan tempat-tempat yang gelap gulita.
  3. Mendengar suatu panggilan dari malaikat.
  4. Tanda-tandanya adalah diterimanya doa orang yang menemukan Lailatul Qadar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.