Sukses

Google Rilis Android 15 Developer Preview 2, Ini Fitur-Fitur Barunya

Google meluncurkan Android 15 Developer Preview 2 di mana dalam pembaruan ini tentunya terdapat fitur-fitur terbaru yang sebelumnya tidak ada dalam Developer Preview 1.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang telah kita ketahui bahwa sistem operasi Android adalah platform perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google untuk digunakan dalam perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet.

Android 15 adalah versi terbaru dari sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google yang diluncurkan pada tahun 2023 lalu, Android 15 menawarkan sejumlah pembaruan dan fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Android 15, yang diberi kode nama Vanilla Ice Cream, yang di mana saat ini masih dalam tahap pengembangan awal. Versi pertama dari Android Developer Preview sudah bisa diakses oleh publik, khususnya pengguna ponsel Google Pixel terbaru. Namun, perlu diingat bahwa versi ini masih penuh dengan bug dan crash yang mungkin terjadi, sehingga tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari.

Salah satu fitur baru yang menarik di Android 15 adalah persentase kesehatan baterai yang memungkinkan pengguna untuk memantau kondisi baterai mereka dengan lebih akurat. Fitur ini sebelumnya telah hadir di Android 14 QPR2 Beta 2 dan kini menjadi bagian dari Android 15.

Kurang dari sebulan yang lalu, Google secara resmi merilis Android Developer Preview 1, dan sekarang Google meluncurkan Android 15 Developer Preview 2 dimana dalam pembaruan ini tentunya terdapat fitur-fitur terbaru yang sebelumnya tidak ada dalam Developer Preview 1.

Jadi, apa saja fitur-fitur terbaru dalam pengembangan yang kedua ini? Berikut ini adalah hal-hal penting yang Anda harus tahu, melansir dari Digitaltrends.com, Jum’at (22/03/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fitur konektivitas ke satelit

Konektivitas satelit telah menjadi topik yang hangat sejak Apple memperkenalkannya pada seri iPhone 14.

Sekarang, untuk ponsel Android yang pada akhirnya merilis fitur ini, Android 15 akan memastikan Anda dapat terhubung ke satelit.

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, Android 15 akan menampilkan nama jaringan satelit Anda di sudut kiri atas dan ikon satelit di kanan atas, serta notifikasi yang memberitahu Anda bahwa Anda terhubung ke jaringan satelit.

Lebih lanjut, Android 15 akan menyediakan dukungan untuk aplikasi SMS/MMS serta aplikasi RCS yang sudah ada sebelumnya untuk menggunakan konektivitas satelit yang di mana mengirim dan menerima pesan lebih efisien karena Anda tidak akan menggunakan koneksi kuota ataupun Wi-Fi untuk melakukan hal tersebut.

3 dari 5 halaman

Dukungan yang lebih baik untuk handphone lipat

Di antara semua ponsel lipat yang tersedia saat ini, seperti Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Motorola Razr Plus adalah salah satu tugas yang besar bagi Google untuk pembaruan Android 15 ini.

Seperti yang Anda ketahui, ponsel ini memiliki layar kecil di bagian depan cover ponsel dan Anda dapat menjalankan aplikasi pada layar kecil tersebut.

Android 15 sekarang memungkinkan para pengembang untuk dengan mudah menandai aplikasi mana yang dapat diizinkan untuk berjalan dalam layar cover tersebut.

Seperti yang dijelaskan Google dalam siaran persnya, "Layar-layar ini terlalu kecil untuk dianggap kompatibel dalam menjalankan aplikasi-aplikasi Android, tetapi aplikasi Anda dapat memilih untuk mendukungnya, yang membuat aplikasi Anda tersedia di lebih banyak tempat." Singkatnya, dan ini berarti pengalaman aplikasi yang lebih baik pada layar cover. Sebagai penggemar ponsel lipat, Anda akan senang melihatnya.

4 dari 5 halaman

Peningkatan fitur NFC

NFC bukanlah fitur smartphone yang paling menarik untuk dibicarakan, tetapi ini adalah salah satu yang penting, terutama jika Anda mengandalkan Google Wallet untuk pembayaran non-tunai.

Pada ponsel yang terdapat fitur NFC, Google mengatakan bahwa dalam pembaruan ini interaksi NFC yang Anda lakukan pada ponsel Anda akan lebih lancar dari sebelumnya.

NFC sudah bekerja dengan cukup baik pada ponsel Android, tetapi Anda seringkali termakan waktu dalam menggunakan NFC bilamana Anda harus mendekatkan ponsel Anda ke alat pembaca NFC beberapa kali untuk dapat berfungsi, dan dalam Android 15 ini hal tersebut tidak akan terjadi kembali, karena adanya peningkatan respons terhadap pembacaan sistem NFC-nya.

5 dari 5 halaman

Pembaruan Developer Preview 2 lainnya

Berikut ini adalah beberapa pembaruan lain yang hadir di Android 15 Developer Preview 2:

Alat PDF baru: Android 15 menambahkan lebih banyak alat ke API PDF, sehingga lebih mudah untuk menampilkan file PDF yang dilindungi kata sandi, mencari, mengedit file, dll.

Peralihan bahasa yang lebih baik: Android 15 menyempurnakan fitur audio multi-bahasa yang sebelumnya sudah ada di Android 14. Secara khusus, fitur ini akan membantu mencegah kata-kata yang terlewatkan.

Alat pengembang lainnya: Seperti yang diharapkan dari para pratinjau pengembang, Android 15 DP 2 juga memiliki sejumlah alat pengembang. Ini termasuk API untuk membantu pengembang dalam aplikasi start-up mereka, lebih terbukanya informasi tentang bagaimana aplikasi menggunakan atau berapa besarnya menguras ruang penyimpanan, dan banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.