Sukses

Tips Mudah dan Efektif Stop Kebiasaan Makan Junk Food

Junk food telah menjadi makanan yang dikonsumsi sehari-hari (comfort food) oleh sebagian besar orang saat ini. Faktanya, konsumsi junk food yang terlalu sering justru dapat membahayakan kesehatan tubuh. Yuk, simak cara mudah dan cepat untuk berhenti konsumsi junk food!

Liputan6.com, Jakarta Makanan sampah adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk kepada makanan dan minuman yang diproses, seperti makanan cepat saji, cemilan, minuman bersoda, permen, atau kue. Saat ini, makanan-makanan tersebut telah menjadi bagian dari asupan harian banyak orang. Meskipun tak ada masalah dalam menikmati makanan sampah sebagai makanan favorit, namun sebaiknya makanan tersebut tidak menjadi bagian rutin dari pola makan sehari-hari. Ini disebabkan oleh efek buruk yang ditimbulkan oleh konsumsi berlebihan makanan sampah terhadap kesehatan tubuh. Pola makan yang sering kali didominasi oleh makanan sampah sering dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti tingginya kadar gula darah dan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, kebiasaan mengonsumsi makanan sampah sebagai bagian dari pola makan sehari-hari sebaiknya dihentikan.

Berikut ini beberapa cara yang efektif untuk dapat menghentikan kebiasaan makan junk food dikutip dari health.com (20/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Mengisi Bahan Bakar Tubuh Secara Teratur

Memperbatas asupan makanan secara berlebihan sebagai cara untuk menurunkan berat badan atau menghindari makanan tidak sehat justru bisa berisiko. Ketika tubuh kekurangan kalori, kecenderungan untuk makan berlebihan dan ngemil bisa meningkat. Oleh karena itu, metode ini tidaklah efektif sebagai pola makan yang konsisten. Lebih baik mengikuti pola makan yang teratur, mencakup makanan dan camilan bergizi untuk menjaga asupan kalori tubuh yang sehat secara keseluruhan.

3 dari 11 halaman

Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Tidur adalah elemen yang sangat esensial bagi kesehatan tubuh manusia. Kualitas tidur yang kurang dapat mengakibatkan dampak negatif pada preferensi makanan, yang pada akhirnya dapat mendorong konsumsi junk food. Suatu studi pada tahun 2019 menunjukkan bahwa, ketika waktu tidur berkurang sebesar 33% dalam sehari, ada peningkatan yang signifikan dalam rasa lapar dan keinginan untuk makan dibandingkan dengan memiliki waktu tidur yang cukup.

4 dari 11 halaman

Mengelola Stres dengan Baik

Stres bisa memiliki dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental, bahkan bisa mempengaruhi kebiasaan makan seseorang. Suatu studi menunjukkan bahwa stres kronis sering kali mengakibatkan peningkatan hasrat makan dan konsumsi makanan yang tinggi lemak, seperti makanan cepat saji. Meskipun tidak selalu mungkin untuk menghindari stres sepenuhnya, mengelola stres dengan baik dan secara sehat dapat membantu mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat.

5 dari 11 halaman

Hindari Memulai Diet Ketat

Menjalani diet yang ketat tidak menguntungkan bagi kesehatan secara keseluruhan, termasuk berpotensi memberikan dampak negatif pada pilihan makanan. Menghindari makanan secara ketat dan menganggapnya sebagai "makanan terlarang" dapat meningkatkan keinginan yang kuat untuk mengonsumsinya, yang pada akhirnya dapat menyebabkan konsumsi berlebihan.

6 dari 11 halaman

Masak Lebih Banyak Makanan di Rumah

Mencoba menyiapkan banyak hidangan dengan memasak sendiri di rumah adalah tindakan terbaik untuk mengurangi dan menghentikan konsumsi makanan tidak sehat. Banyak orang cenderung memilih makanan ringan dan makanan cepat saji saat mereka sedang dalam perjalanan dan tidak memiliki opsi lain. Memasak makanan sendiri di rumah dapat membantu mengurangi kecenderungan untuk bergantung pada makanan tidak sehat seperti junk food.

7 dari 11 halaman

Makanan Junk Food Itu Apa Saja?

Junk food merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan makanan yang kandungan kalori, lemak, gula, garamnya tinggi; tetapi kandungan vitamin dan seratnya rendah.

 

8 dari 11 halaman

Apa Perbedaan Fast Food dan Junk Food?

Junk food adalah makanan yang tidak sehat karena tinggi kalori, gula, dan lemak, sedangkan fast food adalah makanan yang disiapkan dengan cepat dan dijual di restoran atau warung makanan cepat saji.

9 dari 11 halaman

Apakah Seblak Termasuk Junk Food?

Ada banyak junk food di sekitar kita dan bahkan beberapa diantaranya merupakan cemilan kita sehari-hari. Contohnya seperti gorengan, seblak, asinan, mie instan dan lain-lain. Junk food bukan hanya berupa makanan berat saja, namun juga bisa berupa makanan ringan seperti ciki-ciki, wafer, dan biskuit.

10 dari 11 halaman

Apakah Junk Food Sehat?

Kebiasaan makan dengan mengonsumsi makanan cepat saji ataupun junk food berlebih akan berdampak buruk bagi kesehatan, baik pada anak, remaja, maupun dewasa. 

 

11 dari 11 halaman

Kenapa disebut Junk Food?

Junk food mengacu pada makanan dengan nilai gizi yang sangat rendah. Berbeda dengan fast food, tidak semua fast food tergolong junk food karena sebagian masih tergolong bernutrisi dan bermanfaat bagi tubuh Anda, misalnya burger atau salad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.