Sukses

Fakta Menarik Enzo Allie, TNI Ganteng Pujaan Kaum Hawa yang Ternyata Keturunan Prancis

Pada tahun 2019, berita heboh mengenai seorang pemuda WNI keturunan Prancis yang mencalonkan diri sebagai Taruna di Akademi Militer TNI. Pemuda tersebut adalah Enzo Zenz Allie, yang memiliki keturunan Prancis dalam darahnya.

Liputan6.com, Jakarta Pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, terutama anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), nama Enzo Allie. Letnan Dua (Letda) TNI ini saat ini sedang bertugas sebagai seorang prajurit infanteri setelah lulus dari Akademi Militer (Akmil) pada bulan Juli 2023.

Saat ini, diketahui bahwa Enzo akan segera memulai pendidikan komando. Informasi ini baru saja diungkapkan oleh pemilik akun TikTok @aingnihh. Menurut penjelasannya, Enzo akan memulai pendidikan komando pada bulan Maret 2024 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Saat Kecil Ingin Jadi Taruna Akademi Militer

Siti Hadiati Nahriah, ibu Enzo, pernah menyatakan bahwa menjadi Taruna Akmil adalah impian kecilnya. Dia juga bahagia karena anaknya berhasil lulus seleksi.

3 dari 12 halaman

Kehilangan Ayah

Enzo memiliki darah Prancis dan kehilangan ayahnya, Jean Paul Francous Allie, karena serangan jantung di Prancis. Insiden itu membuat Enzo dan ibunya kembali ke Indonesia sebagai anak yatim.

4 dari 12 halaman

Pernah Mondok di Pesantren Banten

Setelah tinggal di Indonesia sejak tahun 2014, Enzo melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Al Bayan, yang terletak di Anyer, Serang, Banten. Menurut Kepala Sekolah SMA Boarding School Al Bayan, Deden Ramdani, sejak kecil Enzo telah bercita-cita untuk menjadi prajurit TNI yang saleh. Saat guru kimianya mendengar pengakuan itu, dia merasa terharu.

5 dari 12 halaman

Mampu Berbicara 4 Bahasa

Kemampuan Enzo dalam berbicara dalam empat bahasa menjadi salah satu faktor kesuksesannya dalam lulus di AKMIL. Dia mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia, Inggris, Prancis, dan Arab.

6 dari 12 halaman

Hasil Tes yang Hebat

Dalam uji tes Samapta, Enzo menunjukkan prestasi yang sangat mengesankan. Dia berhasil melakukan 19 pull up, 50 sit up, dan 50 push up, semuanya dalam waktu 60 detik. Tidak hanya itu, Enzo juga menunjukkan keahliannya dalam lari dengan menempuh jarak 7,5 putaran sepanjang 400 meter atau mencapai jarak 3.000 meter dalam waktu 12 menit. Selain itu, dia juga berhasil menyelesaikan renang sejauh 50 meter dalam waktu 60 detik.

7 dari 12 halaman

Pernah Menjadi Taruna Tingkat Satu

Menurut laporan dari akun Instagram @perhumas_akademi_Militer, Enzo memberikan jawaban yang santai dalam Bahasa Prancis ketika diwawancarai oleh Radio Tidar. Saat ini, ia adalah seorang taruna tingkat tiga dengan pangkat Sersan Mayor Taruna di Akademi Militer. Enzo, yang berasal dari Cilegon, Banten, juga menjabat sebagai Komandan Taruna Tingkat Satu di AKMIL. "Saya adalah Komandan Taruna Tingkat Satu," ujar Enzo pada tanggal 18 Juni 2022.

8 dari 12 halaman

Dekat dengan Ibu

Enzo memiliki hubungan yang erat sekali dengan ibunya, Siti Hadiati Nahriah. Bahkan saat sedang menempuh pendidikan, Enzo selalu memohon restu dan doa dari ibunya, yang pada akhirnya mendukungnya dalam menyelesaikan pendidikan Akmil dengan sukses.

9 dari 12 halaman

Siapa itu Enzo Allie?

Enzo Zenz Allie, seorang keturunan Perancis yang memiliki kewarganegaraan Indonesia, berhasil diterima sebagai calon Taruna Akademi TNI pada tahun 2019. Ayahnya berasal dari Perancis, sementara ibunya berasal dari Sumatera Utara. Meskipun lahir di Perancis, Enzo pernah bersekolah di Sekolah Dasar (SD) di negara itu.

10 dari 12 halaman

Apa pangkat Enzo sekarang?

Setelah Enzo Allie dilantik, ia secara resmi diangkat menjadi Letnan Dua atau yang biasa disebut Letda. Kepulangannya dari Akademi Militer TNI memicu minat masyarakat untuk mencari tahu lebih banyak tentang latar belakangnya.

11 dari 12 halaman

Letda Enzo anak siapa?

Ayah Enzo bernama Jean Paul Francois Allie, sementara ibunya bernama Siti Hajah Tilaria dari Sumatra Utara. Menurut informasi yang diperoleh dari saluran YouTube TNI AD, Enzo memiliki empat saudara tiri yang tinggal di Indonesia dan Prancis.

12 dari 12 halaman

Enzo masuk kecabangan apa?

Ketika berada di Akmil, Enzo mengikuti pelatihan dasar di divisi (Sarcab) Korps Perhubungan. Namun, setelah dilantik, Enzo malah bergabung dengan Korps Infanteri, dan kini ia menjabat sebagai Letda Infanteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini