Sukses

Pakai 1 Bahan Minuman, Ini Cara Bikin Onion Ring Garing dan Tahan Lama

Tanpa baking soda, rupanya onion ring yang renyah bisa dibuat hanya dengan 1 minuman ini. Berikut caranya.

Liputan6.com, Jakarta Saat sedang beraktivitas seperti bekerja atau mengerjakan tugas, memang akan lebih nikmat jika diselingi sambil menyantap cemilan. Beberapa cemilan yang sering dikonsumsi orang Indonesia biasanya adalah keripik, kuaci, atau kacang-kacangan.

Padahal ada satu cemilan yang cukup nikmat dan mudah dibuat, yaitu onion ring. Kendati sangat nikmat, sayangnya onion ring hanya umum ditemukan di beberapa kafe, sehingga cemilan ini jadi kurang merakyat.

Ada salah satu TikToker dengan akun @agakenyang yang membagikan resep onion ring yang sangat nikmat, praktis dan membutuhkan modal yang terjangkau. Pada konten yang diunggah, ia tidak menggunakan baking soda, tapi ia mengganti dengan 1 minuman saja.

Lantas, minuman apakah itu? Ditulis pada Selasa (19/03/2024), simak jawabannya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Potong Bawang Bombay

Siapkan bawang bombay yang sudah dicuci, lalu kupas semua bagian kulit. Potong-potong bawang bombay pada bagian atas dan bawah, lalu pisah-pisahkan sampai tipis dan menjadi beberapa bagian.

3 dari 10 halaman

Buat Adonan

TikToker yang satu ini ternyata menggunakan minuman soda sebagai pengganti baking soda pada adonan. Ia membuat adonan dengan komposisi sebagai berikut:

●     5 sdm tepung terigu.

●     2 sdm tepung maizena.

●     ½ sdt garam.

●     ½ sdt lada.

●     250 ml air soda

Aduk tepung dan bumbu dapur sambil menuangkan soda secara perlahan sampai adonan kental. Jika sudah kental, masukkan masing-masing bawang bombay ke dalam adonan.

4 dari 10 halaman

Balur dengan Tepung Roti

Siapkan tepung roti secukupnya, lalu balur bawang bombay yang sudah dilumuri adonan satu per satu ke dalam tepung roti tersebut.

Tepung roti sendiri sangat berperan dalam membuat onion ring menjadi renyah dalam waktu yang lama.

5 dari 10 halaman

Goreng Bawang Bombay

Panaskan minyak goreng yang cukup banyak sampai agak memenuhi wajan, lalu masukkan bawang bombay yang sudah dibalur tepung roti ke penggorengan.

Tidak perlu dibolak-balik, tunggu saja hingga matang, asalkan semua bawang bombay sudah terendam minyak. Jika sudah matang, tiriskan di atas piring dan onion ring sudah siap dicemil sambil menemani aktivitas pekerjaan.

6 dari 10 halaman

Onion Ring Rasanya Seperti Apa?

Makanan ini sebetulnya merupakan campuran bawang bombay yang dibentuk seperti "cincin", yang kemudian digoreng dalam mentega atau tepung roti. Kelezatan dan kerenyahannya membuat onion ring menjadi favorit banyak orang.

7 dari 10 halaman

Onion Ring Termasuk Makanan Apa?

Cincin bawang, dikenal juga sebagai onion ring, merupakan sajian yang sering dijumpai di Amerika Serikat, Kanada, Britania Raya, Irlandia, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan sejumlah wilayah di Asia, Eropa, serta Amerika Latin. Biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka atau pendamping.

8 dari 10 halaman

Onion Powder untuk Masak Apa?

Onion powder berguna dalam memasak berbagai hidangan seperti macaroni schotel, pasta, tumisan sayuran, pizza, pastel daging, sup asam manis, dan lain-lain. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap untuk beragam camilan.

9 dari 10 halaman

Tepung Roti Putih untuk Apa?

Tepung roti putih sangat sesuai digunakan untuk menyelimuti berbagai jenis makanan yang digoreng seperti udang, daging ayam filet, ikan, dan lainnya agar dapat menghasilkan cita rasa unik pada gorengan tersebut.

10 dari 10 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Onion Ring?

Snack onion rings merupakan kreasi makanan yang terbuat dari bawang bombay yang dilapisi tepung roti untuk mendapatkan rasa gurih yang nikmat. Kombinasi saus yang disajikan juga menambah kenikmatan dari onion rings ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.