Sukses

Tanpa Dijemur atau Dioven, Ini Cara Olah Sale Pisang Agar Lebih Renyah dan Tidak Lengket

Sale pisang yang biasanya harus dijemur berhari-hari atau dipanaskan dalam oven, kini bisa diolah hanya dengan digoreng. Berikut caranya.

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya pisang molen atau keripik pisang, sale pisang juga merupakan salah satu olahan pisang tradisional yang cukup nikmat untuk disantap.

Sale pisang sendiri berasal dari Aceh, walau pada perkembangannya terdapat olahan sale pisang di beberapa daerah lain seperti Banyuwangi atau Magelang.

Persis seperti olahan pisang lain, sale pisang juga memiliki cita rasa manis. Hanya saja, sale pisang harus diolah hingga benar-benar kering dengan cara dijemur atau dioven agar bisa renyah.

Namun, ada kendala tersendiri saat menjemur sale pisang, yakni faktor cuaca dan proses penjemuran yang sangat lama.

Meski begitu, ternyata sale pisang yang renyah dan kering juga bisa dibuat tanpa harus dijemur atau dipanaskan dengan oven.

Salah satu video yang diunggah oleh kanal YouTube Galeri Linda menjelaskan cara memasak sale pisang yang kering renyah dengan digoreng.

Dirangkum pada Minggu (17/03/2024), berikut adalah langkah-langkahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Parut Pisang

Pertama-tama parut semua pisang yang sudah dikupas dengan parutan pisang. Sangat disarankan untuk menggunakan alat parutan pisang  agar lebih tipis dan simetris. Namun jika tidak ada parutan, tetap bisa diiris menggunakan pisau dengan lebih teliti.

3 dari 10 halaman

Masukkan Pisang ke Penggorengan

Panaskan minyak goreng yang agak banyak ke dalam wajan agar proses menggoreng bisa lebih cepat.

Selanjutnya, masukkan satu per satu pisang yang sudah diiris tadi ke dalam penggorengan Aduk-aduk sale pisang hingga minyak berhenti berbuih.

4 dari 10 halaman

Biarkan Hingga Dingin

Jika sale pisang sudah berwarna cukup kecoklatan, matikan kompor lalu angkat dan tiriskan. Terkadang, beberapa orang mengeluh karena pada tahap ini sale pisang masih belum renyah. Namun jangan khawatir, cukup biarkan sale pisang yang masih panas ini sampai dingin.

5 dari 10 halaman

Sale Pisang Jadi Sangat Renyah

Jika sudah dingin, sale pisang akan renyah dan tidak lengket lagi, sehingga dapat disimpan dalam wadah untuk disantap.

Salah satu kelebihan sale pisang dari pada keripik pisang adalah rasanya sudah sangat nikmat tanpa perlu penyedap atau pemanis rasa tambahan.

6 dari 10 halaman

Kenapa Pisang Sale Dijemur?

Tujuan dari proses penjemuran adalah untuk mengurangi kandungan air dalam buah pisang sehingga bisa lebih tahan lama. Pisang yang telah menjalani proses penjemuran ini dapat langsung dikonsumsi atau digoreng setelah dilapisi dengan adonan tepung.

7 dari 10 halaman

Berapa Lama Pengeringan Sale Pisang?

Sale merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang berasal dari irisan tipis pisang. Proses pembuatannya melibatkan pengeringan pisang yang telah diiris di bawah sinar matahari selama periode 2 hingga 3 hari.

8 dari 10 halaman

Pisang Apa Saja yang Bisa Dibuat Sale?

Semua variasi pisang secara prinsip dapat diolah menjadi sale, namun hanya beberapa varietas yang menghasilkan cita rasa yang istimewa. Jenis-jenis pisang yang menghasilkan sale dengan rasa yang lezat termasuk pisang ambon, kepok, siem, raja bulu, dan emas (Prabawati dkk., 2008).

9 dari 10 halaman

Apakah Sale Pisang Sehat?

Selain itu, penjualan pisang juga dianggap sebagai pilihan makanan yang sehat karena dibuat dari bahan-bahan yang kaya gizi.

10 dari 10 halaman

Apakah Semua Jenis Pisang Bisa Dibuat Sale?

Tidak semua varietas pisang cocok untuk diolah menjadi sale. Setiap jenis pisang memiliki ciri khas tersendiri. Beberapa varietas pisang yang sering dipilih meliputi pisang raja, tanduk, Ambon, dan kapas. Biasanya, pisang raja dipilih sebagai varietas pisang untuk pembuatan sale kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini