Sukses

Cara Memasak Tahu untuk Cegah Asam Lambung Naik, Bisa Jadi Makanan Lezat

Tahu bisa menjadi pilihan menu yang ramah bagi penderita asam lambung asal diolah dengan tepat. Yuk simak berbagai macam olahan tahu yang enak dan ramah di lambung!

Liputan6.com, Jakarta Berbahan dasar kedelai seperti tempe, tahu menjadi salah satu sumber protein nabati yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Berbagai macam olahan tahu dari yang umum hingga menjadi masakan khas daerah tertentu juga cukup mudah dijumpai. 

Bagi orang yang memiliki pantangan makanan, seperti yang memiliki masalah lambung, mungkin akan bertanya-tanya amankah konsumsi tahu? Akankah menyebabkan asam lambung naik setelah mengonsumsinya?

Pada dasarnya, tahu sendiri aman dan merupakan sumber gizi yang baik bagi penderita asam lambung. Hanya saja, kadang yang membuat produk kedelai satu ini jadi kurang ramah bagi pengidap asam lambung ialah bahan-bahan tambahan pada proses pengolahannya, seperti cabai yang berlebihan misalnya. 

Maka dari itu, berikut ini rekomendasi 5 olahan tahu yang enak dan tidak berisiko menaikkan asam lambung. Informasi ini dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (14/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Sup Tahu

Sup tahu bisa menjadi salah satu comfort-food bagi semua kalangan, termasuk pengidap asam lambung. Dengan menambahkan beberapa sayuran dan bumbu dasar seperti garam dan penyedap, menu simpel ini rendah risiko membuat lambung ‘ngamuk’ akibat asam lambung. Selain itu, proses memasak dengan cara direbus ini juga bermanfaat menjadikan sup tahu rendah kalori.

3 dari 11 halaman

2. Tumis Tahu

Menumis tahu bersama sayur-sayuran seperti tauge juga bisa menjadi opsi bagi yang kurang suka makanan berkuah. Tentu, perlu diperhatikan untuk menggunakan sedikit minyak, dan disarankan memakai minyak zaitun agar lebih sehat dan kalorinya tetap terjaga.

4 dari 11 halaman

3. Tahu Panggang

Selanjutnya, menu tahu panggang ini juga bisa jadi opsi sehat bagi yang suka ngemil. Cara membuatnya juga terbilang cukup mudah. Letakkan irisan tahu ke loyang. Kemudian tambahkan minyak zaitun dan taburan bumbu seperti garam, lada hitam, dan bubuk rosemary. Lalu oven hingga matang. 

Tekstur tahu panggang ini biasanya akan lembut di dalam dan krispi di luarnya. Tak hanya lezat, olahan satu ini juga cukup memudahkan lambung untuk mencernanya, sehingga tidak perlu khawatir lambung akan rewel.

5 dari 11 halaman

4. Smoothies Tahu

Olahan satu ini mungkin terdengar sedikit anti mainstream. Tetapi, ini bisa dicoba bagi pecinta smoothie. Blender tahu bersama buah-buahan seperti pisang atau stroberi, serta tambahkan juga yoghurt atau susu almond. Untuk menambah cita rasa, bisa ditambahkan madu atau kayu manis. Yang perlu diingat dalam membuat smoothies tahu ini adalah, pastikan tahu benar-benar dalam kondisi bersih. 

6 dari 11 halaman

5. Salad Tahu

Cara membuat salad tahu juga cukup mudah. Pertama, siapkan tahu yang dipotong dadu kecil-kecil dan beberapa sayuran seperti selada, mentimun, dan tomat. Kemudian, campur bahan-bahan tersebut dan tambahkan cuka apel, sedikit garam, dan minyak zaitun. 

7 dari 11 halaman

Apakah Tahu Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung?

Protein tanpa lemak seperti ayam tanpa kulit, ikan, tahu, putih telur, dan tempe merupakan pilihan makanan untuk penderita GERD yang aman dikonsumsi. Makanan kaya protein tanpa lemak ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tanpa merangsang produksi asam lambung berlebihan.

8 dari 11 halaman

Bolehkah Asam Lambung Makan Tempe Rebus?

Tempe dan tahu adalah makanan yang aman bagi penderita asam lambung karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Kedua makanan yang berasal dari kedelai ini sangat tinggi akan protein tetapi rendah lemak.

9 dari 11 halaman

Apa Pengganti Nasi untuk Penderita Asam Lambung?

Serupa dengan oatmeal, beras merah juga sering dijadikan pilihan sebagai pengganti nasi putih bagi seseorang yang menjalani diet.

10 dari 11 halaman

Apa Ciri-ciri Asam Lambung Sembuh Total?

Tanda GERD sudah sembuh yang bisa dirasakan adalah tidak lagi mengalami heartburn, yaitu sensasi perih atau panas terbakar di ulu hati, kerongkongan, dan dada.

11 dari 11 halaman

Apa Ciri-ciri Lambung Bengkak?

Lambung bengkak atau perut kembung terjadi saat saluran gastrointestinal terisi udara atau gas. Biasanya, gejala yang ditimbulkan seperti saat kenyang setelah makan, perut terasa keras dan membesar. Banyak sekali penyebab lambung bengkak atau perut kembung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.