Sukses

Sering Jadi Obat Herbal, Daun Binahong Disebut Efektif Tangkal Penyakit Mulai dari Asam Urat hingga Gula Darah

Sebagai salah satu tanaman obat, daun binahong berkhasiat untuk atasi berbagai masalah kesehatan mulai dari yang ringan hingga berat seperti diabetes. Berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Daun binahong telah sejak lama dikenal sebagai obat tradisional di kawasan Tiongkok, Korea, dan Taiwan. Daun yang juga dikenal dengan nama Deng San Chi ini dianggap memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh.

Daun dengan nama ilmiah Anredera cordifolia ini banyak tumbuh di kawasan tropis dan sering dimanfaatkan dengan cara dikonsumsi maupun diaplikasikan langsung ke permukaan kulit sebagai obat.

Mampu mengatasi masalah penyakit ringan hingga kronis, berikut penjelasan tentang 5 manfaat daun binahong, dirangkum dari beberapa sumber pada Rabu (13/3/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Sebagai Obat Asam Urat

Sudah banyak penelitian yang membuktikan tentang khasiat daun binahong bagi penderita asam urat. Kaya akan flavonoid, daun binahong terbukti mampu mencegah dan meminimalisir berbagai risiko serangan asam urat. 

3 dari 11 halaman

2. Sebagai Obat Luka Bakar

Dilansir dari beberapa sumber, daun binahong mengandung saponin yang berguna sebagai antiseptik pencegah infeksi bakteri karena proses penyembuhan luka yang lama, serta membantu mempercepat pembentukan kolagen kulit. Karena hal itu, daun binahong banyak dimanfaatkan untuk obat luka bakar. 

Kandungan tanin dalam daun binahong juga berfungsi mengecilkan pori-pori kulit yang luka. Hal inilah yang membantu mempercepat penghentian darah, mencegah timbulnya nanah pada luka, serta membuat proses penyembuhan luka jadi lebih cepat.

4 dari 11 halaman

3. Obat Diare

Daun binahong memiliki sifat antibakteri yang bagus untuk menghambat perkembangan bakteri Escherichia coli. Dilansir dari alodokter.com, manfaat ini bisa didapat dengan cara mengonsumsi ekstrak daun binahong.

5 dari 11 halaman

4. Mengatasi Masalah Jerawat

Daun binahong dikenal baik untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Selain mempercepat proses penyembuhan luka bakar, daun berbentuk hati ini juga efektif mengatasi jerawat. Senyawa saponin daun binahong bersifat antibakteri sehingga mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab timbulnya jerawat.

6 dari 11 halaman

5. Baik bagi Pengidap Diabetes

Dikutip dari situs alodokter.com, penelitian membuktikan bahwa daun binahong bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah dan mencegah rusaknya sel beta di pankreas akibat diabetes. Hal ini karena senyawa flavonoidnya yang berperan memecah penyerapan gula di usus, dan meningkatkan produksi serta fungsi dari hormon insulin.

7 dari 11 halaman

Daun Binahong Fungsinya untuk Apa?

Selain obat kimia, tumbuhan di sekeliling kita banyak yang bisa dimanfaatkan sebagai obat diare, di antaranya daun binahong. Kandungan zat flavonoid, minyak atsiri, saponin, terpenoid dan alkaloid pada daun binahong (Cassia Alata L) mempunyai peran sebagai antibakteri.

8 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Mengobati Luka dengan Daun Binahong?

Daun binahong mengandung minyak atsiri dan asam arkobat yang dapat membantu menyembuhkan luka. Caranya dengan menumbuk beberapa lembar daun binahong sampai halus, lalu balurkan ke bagian luka. Ini diyakini dapat membantu menyembuhkan luka.

9 dari 11 halaman

Berapa Lembar Daun Binahong untuk Luka Operasi?

Penyembuhan Pasca-operasi. Rebus 20 lembar daun binahong dan konsumsi air tersebut untuk meredakan sakit pasca-operasi.

10 dari 11 halaman

Apakah Daun Binahong Bisa Menghancurkan Batu Ginjal?

Daun binahong (Anredera cordifolia) oleh masyarakat Ogan Komering Ulu digunakan sebagai obat batu ginjal, namun kemampuan melarutkan batu ginjal tersebut masih bersifat empiris.

11 dari 11 halaman

Apakah Daun Binahong Bisa untuk Bengkak?

Sifat antiinflamasi dan analgesik daun binahong dapat membantu meredakan pembengkakan, peradangan, dan pendarahan yang terkait dengan hemoroid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.