Sukses

10 Makanan Ini Bisa Perkuat Imunitas Tubuh!

Imunitas tubuh adalah benteng pertahanan pertama untuk menghadang penyakit yang akan menyerang tubuh. Dengan begitu, penting untuk mempertahankan dan memperkuat imunitas tubuh. Yuk, cek makanan apa saja yang bisa memperkuat imunitas tubuh!

Liputan6.com, Jakarta Sistem kekebalan tubuh merupakan jaringan luas yang terdiri dari organ, sel, dan protein yang bekerja bersama-sama untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan virus, bakteri, jamur, dan kuman lainnya. Ketika serangan tersebut terjadi dan menimbulkan kerusakan, sistem kekebalan tubuh berperan dalam menyembuhkan kerusakan tersebut dan mengadaptasi diri terhadap ancaman masa depan. Ada berbagai cara untuk mendukung kesehatan dan kekuatan sistem kekebalan tubuh, di antaranya adalah dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini daftar makanan terbaik untuk meningkatkan imunitas tubuh dikutip dari Health.com (04/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

Buah Jeruk

Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C-nya yang sering dipuji karena perannya dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh manusia. Vitamin C, yang larut dalam air, memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Jeruk dapat dinikmati segar atau digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai masakan.

3 dari 16 halaman

Paprika Merah

Paprika merah juga termasuk jenis buah yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat. Sebuah paprika merah besar dapat mengandung hingga 210 mg vitamin C, jumlah yang melebihi asupan harian yang direkomendasikan.

4 dari 16 halaman

Yogurt

Kesehatan saluran pencernaan, terutama usus, sering dianggap sebagai indikator penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Hal ini karena saluran pencernaan berfungsi sebagai tempat bagi komunitas mikroba yang kompleks yang mendukung kesehatan tubuh melalui regulasi energi dan respons imun. Mengonsumsi makanan seperti yogurt, yang kaya akan probiotik, dapat mendukung keberadaan bakteri baik dalam mikrobioma usus, yang berkontribusi pada kesehatan saluran pencernaan.

5 dari 16 halaman

Ikan Berlemak

Salah satu jenis vitamin yang memiliki kaitan langsung dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah vitamin D. Ini karena sebagian besar sel dalam sistem kekebalan tubuh manusia memiliki reseptor untuk vitamin D. Hubungan ini membuat vitamin D menjadi salah satu nutrisi yang mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin D banyak terdapat dalam ikan berlemak seperti mackerel dan salmon.

6 dari 16 halaman

Daging Unggas

Daging unggas, seperti dada ayam, kaya akan vitamin B6 yang berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Vitamin B6 memiliki peran penting dalam produksi interleukin dan limfosit T, yang membantu mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Daging unggas ini dapat disajikan dengan berbagai cara, seperti diasap, dipanggang, atau dicampur dengan makanan utuh dan segar.

7 dari 16 halaman

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau yang kaya warna mengandung nutrisi dan serat tinggi yang mendukung kesehatan usus serta memenuhi sebagian besar kebutuhan nutrisi harian tubuh. Sayuran seperti kangkung dan bayam, yang berwarna hijau, juga berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Jenis sayuran hijau yang beragam ini dapat dinikmati dalam keadaan segar atau sebagai bagian dari salad yang di padukan dengan buah-buahan dan protein tanpa lemak.

8 dari 16 halaman

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan kandungan zinc dan sering menjadi pilihan camilan yang nyaman. Zinc memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dengan mengatur jalur sinyal intraseluler. Beberapa jenis kacang-kacangan yang mengandung zinc dan enak dimakan termasuk kacang almond, kacang mete, dan kacang pinus.

9 dari 16 halaman

Jahe

Jahe, sebuah akar berbunga yang berasal dari Asia Tenggara, telah lama dikenal karena manfaat positifnya bagi sistem kekebalan tubuh. Ini karena jahe memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Dengan demikian, jahe dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan kronis, seperti penyakit kardiovaskular.

10 dari 16 halaman

Kunyit

Kunyit, yang merupakan salah satu bumbu dapur, mengandung senyawa aktif biologis yang disebut kurkumin. Kurkumin dalam kunyit berinteraksi dengan sel-sel sistem kekebalan tubuh, seperti makrofag dan sel pembunuh alami, untuk meningkatkan kemampuan sistem pertahanan tubuh. Kunyit dapat dikonsumsi dengan cara menambahkannya ke dalam masakan seperti sup dan semur.

11 dari 16 halaman

Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang kaya akan senyawa aktif biologis yang berkaitan dengan fungsi kekebalan tubuh. Senyawa ini berperan dalam berbagai proses biologis tubuh manusia melalui sifat antibakteri, antiinflamasi, antioksidan, serta perlindungan saraf. Penelitian juga menunjukkan bahwa bawang putih dapat meningkatkan respon imunitas tubuh dan mengurangi peradangan.

12 dari 16 halaman

Agar imun cepat naik makan apa?

Makanlah makanan yang kaya vitamin C, seperti buah sitrus, kiwi, paprika, brokoli, dan bayam telah dikenal baik untuk daya tahan tubuh. Tak hanya itu, alpukat, blackberry, kacang hijau, serta bayam juga merupakan sumber untuk zinc, mineral yang membantu keberlangsungan sel sistem imun.

13 dari 16 halaman

5 Langkah Meningkatkan imunitas tubuh?

Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imunitas : 

  1. Olahraga secara teratur
  2. Konsumsi makanan bergizi
  3. Tidur yang cukup
  4. Kelola stress
  5. Berjemur
14 dari 16 halaman

Minum apa agar tidak gampang sakit?

Rutin minum air putih adalah cara paling mudah agar tidak gampang sakit. Air berperan penting dalam tubuh, termasuk mendukung sistem kekebalan Anda.

15 dari 16 halaman

Imun turun minum vitamin apa?

Vitamin C merupakan salah satu zat gizi yang tidak dapat disintesis oleh tubuh sehingga konsumsi vitamin C sangat diperlukan. Vitamin C dapat berperan sebagai anti inflamasi yang mampu mencegah terjadinya kerusakan oksidatif sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat (Shakoor et al., 2021).

16 dari 16 halaman

Apa susu bisa memulihkan stamina tubuh?

Susu dapat menjadi minuman peningkat stamina yang tepat karena mengandung beragam nutrisi penting bagi tubuh. Kandungan protein dan karbohidrat dalam susu bisa mengembalikan energi tubuh yang keluar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini