Sukses

Kurangi Efek Samping Obat, Begini Gaya Hidup Sehat untuk Kendalikan Kolesterol

Opsi alami untuk mengendalikan kelebihan kolesterol tubuh ini dapat dipraktikkan untuk menghindari konsumsi obat-obatan. Yuk simak bagaimana!

Liputan6.com, Jakarta Penting sekali untuk memastikan kadar kolesterol tubuh terkendali dengan baik. Hal ini karena resiko berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung menjadi momok tersendiri bagi penderita kolesterol tinggi.

Selain itu, jika dampak kolesterol yang tinggi menimbulkan berbagai macam penyakit, tentu pengeluaran bisa ikut membengkak untuk biaya pengobatan. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Atau jika memang memiliki riwayat kolesterol tinggi, berbagai usaha untuk mencegah komplikasi adalah dengan pola hidup sehat. 

Dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (7/3/2024), berikut 7 tips gaya hidup sehat untuk kendalikan kolesterol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Olahraga secara Teratur

Dilansir dari siloamhospital.com, olahraga dianggap bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Adapun untuk durasinya, dianjurkan minimal olahraga 30 menit dalam sehari dengan intensitas 5 kali dalam seminggu. 

Tidak perlu olahraga yang terlalu berat, berjalan kaki, bersepeda, atau berenang saja sudah cukup. Konsultasi dengan dokter terkait olahraga yang cocok perlu dilakukan ketika mungkin memiliki kondisi medis tertentu. 

3 dari 12 halaman

2. Membatasi Konsumsi Makanan Tinggi Lemak dan Kolesterol

Makanan dengan kandungan gula yang tinggi berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk itu, penting untuk selalu memperhatikan konsumsi gula harian agar selain kolesterol bisa stabil, lonjakan gula darah juga dapat dihindari.

Adapun, pantangan terhadap makanan dengan kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi juga seperti fast food dan gorengan perlu juga untuk dihindari. 

4 dari 12 halaman

3. Menjaga Berat Badan

Dilansir dari siloamhospital.com yang mengutip penelitian Alexander B Leichtle dalam American Journal of Clinical Nutrition, menurunkan berat badan hingga mencapai massa yang ideal memiliki efek jangka panjang yang baik terhadap keterkendalian kolesterol. Pada tubuh dengan berat badan ideal, penyerapan HDL dapat lebih optimal.

5 dari 12 halaman

4. Konsumsi Serat yang Cukup

Konsumsi serat yang cukup sangat baik bagi penderita kolesterol tinggi. Mengapa? Hal ini karena serat mampu mengikat lemak dengan optimal, sehingga penyerapan kolesterol dalam usus bisa berkurang.

6 dari 12 halaman

5. Mengelola Stress dengan Baik

Stress berlebihan tanpa penanganan yang tepat dapat meningkatkan resiko penyerapan LDL dan trigliserida menjadi tinggi. Hal ini karena, ketika seseorang mengalami stress yang tidak terkontrol, tubuh akan memproduksi hormon kortisol dan hormon adrenalin yang mana kedua hormon ini berpengaruh pada produksi kolesterol.

7 dari 12 halaman

6. Berhenti Merokok

Kandungan nikotin dalam rokok menyebabkan aliran kolesterol menuju hati untuk disaring jadi terhambat. Aliran kolesterol yang tidak lancar ini, kemudian akan menjadikannya menumpuk dalam pembuluh darah yang mana dampak buruknya adalah menyebabkan penyakit jantung.

8 dari 12 halaman

7. Rutin Memeriksa Kadar Kolesterol Tubuh

Rutin melakukan pengecekan akan membantu memantau kadar kolesterol tubuh dan secara lebih maksimal mencegah naiknya LDL. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, dapat diketahui juga kemungkinan risiko penyakit kardiovaskular apa yang mungkin dialami jika suatu saat terjadi lonjakan kolesterol. 

9 dari 12 halaman

Air Rebusan Apa yang Bisa Menurunkan Kolesterol dengan Cepat?

Air rebusan teh hijau. Senyawa katekin digolongkan sebagai senyawa flavanol atau senyawa antioksidan. Sebuah penelitian menunjukkan, senyawa ini dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan profil kolesterol secara keseluruhan.

10 dari 12 halaman

Buah Apa yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi?

Pisang baik dikonsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi karena memiliki kandungan zat inulin yang bisa membantu tubuh mengendalikan kadar kolesterol sehingga tetap stabil.Buah pisang juga dapat dikonsumsi dengan cara dijus. Jus pisang merupakan salah satu jus penurun kolesterol paling cepat.

11 dari 12 halaman

Kolesterol Tidak Boleh Makan Sayur Apa?

Sayuran yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol karena menjadi penyebab kolesterol naik adalah olahan sayuran yang digoreng. 

12 dari 12 halaman

Apa Nama Obat Kolesterol di Apotek?

“Obat kolesterol bekerja dengan berbagai cara untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah, terutama kolesterol jahat. Beberapa rekomendasinya, yaitu Fibramed, Avesco, Jamkho Sirup, Cholestat, Fenofibrate, hingga Pravastatin yang bisa kamu temukan di Halodoc.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.