Sukses

7 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis Bagi Kesehatan Bila Dilakukan Secara Rutin, Apa Saja?

Suka bermain bulu tangkis? Ternyata ada manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari olahraga tersebut, lho.

Liputan6.com, Jakarta Sudah bukan rahasia lagi bila olahraga bulu tangkis menjadi salah satu jenis olahraga populer yang banyak diminati dan bisa dimainkan oleh segala usia. Rasanya hampir semua orang pasti bisa memainkannya, ya.

Namun, tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, seperti agar tetap aktif dan membakar kalori, akan tetapi bulu tangkis juga bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, lho. 

Faktanya, menurut informasi yang kami dapatkan dari Health, Senin (4/3/2024), bermain bulu tangkis secara rutin telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan termasuk peningkatan kebugaran kardiovaskular, peningkatan kognisi, peningkatan kepadatan tulang, dan masih banyak lagi hal lainnya.

Nah, masih penasaran apa saja manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari olahraga bulu tangkis? Yuk, simak dan baca sampai habis, ya.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bisa dibilang, bulu tangkis bisa menjadi olahraga yang mengharuskan Anda serba cepat. Jadi, ada kemungkinan detak jantung Anda akan meningkat.

Dengan melakukan hal ini, sistem kardiovaskular Anda akan bekerja dengan baik. Tidak hanya membangun daya tahan tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan aliran darah.

Sebagai buktinya, berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sports Sciences, menemukan bahwa bermain bulu tangkis dapat meningkatkan penyerapan oksigen dan meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular, sehingga meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Ini juga membantu Anda memenuhi target latihan yang disarankan setiap minggunya jika Anda bermain secara rutin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Penelitian menunjukkan bahwa bermain bulu tangkis dapat meningkatkan fungsi kognitif Anda. Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Exercise Science and Fitness menemukan bahwa bermain bulu tangkis meningkatkan fungsi eksekutif.

Orang yang bermain secara konsisten menunjukkan peningkatan dalam pengambilan keputusan, perhatian, dan memori kerja. Sementara itu, penelitian lain menemukan bahwa bulu tangkis berpotensi menjadi intervensi yang efektif untuk meningkatkan fungsi eksekutif orang dewasa dengan disabilitas intelektual ringan.

Para peneliti menemukan orang mengalami peningkatan dalam tugas memori kerja ketika menggunakan bulu tangkis sebagai intervensi.

3. Meningkatkan Kolesterol Baik

Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung ketika Anda meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL)—atau kolesterol baik. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang rutin bermain bulu tangkis memiliki kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi.

Ditambah lagi, tingkat HDL mereka secara signifikan lebih tinggi dibandingkan mereka yang berpartisipasi dalam bentuk latihan aerobik lainnya. Ini adalah kabar baik bagi mereka yang ingin meningkatkan kadar kolesterolnya dan ingin melakukan olahraga dengan menggunakan raket ini.

3 dari 4 halaman

4. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Bermain bulu tangkis menuntut Anda untuk dapat melakukan perubahan arah dengan cepat dan melakukan lompatan yang eksplosif. Anda juga cenderung menggunakan seluruh tubuh saat bermain.

Jenis gerakan ini memberi tekanan pada tulang Anda, merangsang pertumbuhan dan penguatan tulang. Akibatnya, hal ini dapat menyebabkan peningkatan kepadatan dan kekuatan tulang.

Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Turkish Journal of Sport and Exercise menemukan bahwa pemain bulu tangkis memiliki kepadatan tulang yang lebih tinggi di paha, lengan atas, tulang belakang pinggang, dan betis dibandingkan dengan pemain hoki.

Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang rentan terhadap osteoporosis atau kondisi serupa lainnya.

5. Mengurangi Risiko Kematian

Tidak mengherankan, bulu tangkis—seperti olahraga raket lainnya—terbukti mengurangi risiko kematian lebih banyak dibandingkan jenis olahraga lainnya.

Berdasarkan penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA), menunjukkan bahwa meskipun banyak jenis aktivitas fisik menurunkan risiko kematian pada orang lanjut usia, olahraga raket seperti bulu tangkis mendapatkan hasil 27% lebih rendah dari risiko kematian akibat penyakit jantung.

4 dari 4 halaman

6. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Hampir setiap jenis olahraga merupakan pereda stres alami. Tidak terkecuali bermain bulu tangkis.

Hal ini tidak hanya membuat Anda bisa bersantai dan mengeluarkan tenaga, tetapi juga dapat mendorong pelepasan endorfin, yang merupakan bahan kimia alami yang membuat tubuh merasa nyaman dan menghilangkan stres.

Terlebih lagi, fokus dan konsentrasi yang diperlukan untuk bermain bulu tangkis juga dapat membuat otak Anda sibuk sehingga Anda tidak punya waktu untuk fokus pada hal-hal yang membuat Anda stres atau khawatir.

Selain itu, masuknya hormon-hormon yang membuat Anda merasa baik mungkin merupakan hal yang Anda perlukan untuk meredakan kecemasan.

7. Memperkaya Koneksi Sosial

Interaksi sosial yang teratur adalah bagian penting dari kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan dan bermain bulu tangkis dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Karena ini bukan permainan yang dimainkan secara individual, maka mendorong hubungan sosial terlepas dari apakah Anda bermain dengan teman, keluarga, atau di liga.

Ditambah lagi, ini adalah permainan yang mendorong permainan yang bersifat baik dan dapat meningkatkan serta meningkatkan hubungan.

Terlebih lagi, komunitas bulu tangkis adalah sekelompok orang yang ramah. Kebanyakan komunitas bulu tangkis dan organisasi kelompok mendorong orang untuk bergabung dan memberikan kelompok hubungan sosial yang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.