Sukses

Resep Rebusan Daun Kemangi yang Segar dan Aromatik, Efektif Turunkan Asam Lambung

Rebusan daun kemangi ternyata berkhasiat untuk meredakan asam lambung loh! Begini cara membuatnya.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya enak dikonsumsi sebagai lalapan dan campuran berbagai jenis masakan karena rasanya yang khas, daun kemangi ternyata juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk meredakan naiknya asam lambung bahkan setingkat gastroesophageal reflux disease atau GERD.

GERD sendiri merupakan penyakit asam lambung yang paling akut. Saat penyakit ini kambuh, asam lambung yang naik menimbulkan nyeri perut hingga sensasi terbakar di dada atau dikenal dengan istilah heartburn. Gejala GERD ini juga sering disertai gejala-gejala naiknya asam lambung pada umumnya seperti kembung, begah, mual, kesulitan menelan, dan rasa seperti ada sisa makanan yang tertinggal di tenggorokan. 

Mengonsumsi kemangi adalah salah satu cara yang bisa membantu mengatasi GERD yang sedang kumat. Hal ini karena daun kemangi mengandung Eugenol yang berguna sebagai anti-inflamasi untuk saluran pencernaan. Selain itu, daun satu ini juga mampu menyeimbangkan asam dan PH tubuh. 

Dirangkum dari beberapa sumber, pada Rabu (28/2/2024) berikut resep membuat rebusan daun kemangi untuk atasi asam lambung akut atau GERD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Penyebab Asam Lambung

Dilansir dari halodoc.com, pemicu naiknya asam lambung yang paling umum adalah penyakit hernia hiatus. Hal ini terjadi karena bagian atas perut dan sfingter bergerak bergerak di atas diafragma yang mana berfungsi menjaga keseimbangan asam di perut. Akibatnya, asam lambung berhasil naik ke kerongkongan yang menjadi timbulnya GERD atau asam lambung akut ini

Selain itu, naiknya asam lambung juga seringkali dipengaruhi oleh faktor lain, seperti stress berlebihan, mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan berlemak tinggi. 

3 dari 11 halaman

Beberapa Obat-obatan yang Dapat Memicu GERD

Dilansir dari halodoc.com, ada beberapa obat bisa menjadi pemicu GERD, diantaranya:

  1. Benzodiazepin
  2. Calcium inhibitor
  3. Beberapa jenis obat asma
  4. Obat anti-inflamasi non-steroid
  5. Obat antidepresan
4 dari 11 halaman

Resep Rebusan Kemangi untuk Meredakan Asam Lambung

Untuk membantu meredakan asam lambung yang kambuh, resep rebusan daun kemangi berikut ini dapat dijadikan solusi pertolongan pertama.

Siapkan beberapa lembar daun kemangi (3-5 lembar) Didihkan satu gelas airMasukkan daun kemangi ke air mendidihAngkat setelah mendidih dan air rebusan berubah warnaSaring air rebusan nyaAir rebusan kemangi yang masih hangat bisa segera dikonsumsi

5 dari 11 halaman

Kandungan dalam Daun Kemangi

Salah satu alasan daun kemangi bisa menjadi obat asam lambung adalah karena daun dengan wangi yang khas ini memiliki kandungan eugenol, citronellol, dan linalool. Tiga senyawa tersebut bersifat menghambat enzim sehingga mampu secara aktif meredakan peradangan. 

Sifat anti peradangan yang ada pada daun kemangi inilah yang selain mampu mengobati asam lambung juga bermanfaat menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan radang usus jika dikonsumsi secara rutin.

6 dari 11 halaman

Kandungan Lain dalam Kemangi untuk Kesehatan

Mengonsumsi kemangi secara rutin mampu membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan dalam daun kemangi. Tak tanggung-tanggung, dikutip dari halodoc.com, terdapat dua jenis antioksidan yang ditemukan dalam tanaman satu ini, yaitu orientin dan viceninare.

Selain anti-inflamasi, daun kemangi juga memiliki kandungan senyawa fitokimia yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Senyawa ini dapat membantu mencegah timbulnya kanker paru-paru, hati, mulut, dan kanker kulit. 

7 dari 11 halaman

Daun Apa yang Paling Berkhasiat untuk Asam Lambung?

Daun sirih juga mampu menetralkan kembali pH lambung sehingga gejala penyakit maag, asam lambung naik, atau perut kembung dapat mereda.

8 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Mengolah Daun Kemangi?

Pertama-tama, daun kemangi segar dicuci bersih untuk menghilangkan kotoran dan pestisida. Setelah itu, daun kemangi dimasukkan ke dalam panci berisi air yang sudah mendidih. Daun kemangi direbus selama beberapa menit hingga air mendapatkan aroma dan rasa yang khas.

9 dari 11 halaman

Saat Asam Lambung Naik Harus Minum Apa?

Minum Air Putih yang Cukup. Hal ini dikarenakan dehidrasi atau kekurangan cairan bisa memperburuk kondisi seseorang yang sedang mengalami mual akibat asam lambung naik. Selain itu, minum air putih yang cukup juga mampu menetralkan kadar asam dalam lambung sehingga mampu meredakan gejala maag.

10 dari 11 halaman

Apa Manfaat Kemangi Dimakan Mentah?

Bagi anda yang memiliki masalah kesehatan mata, maka mengkonsumsi daun kemangi sangat dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Karena kandungan Vitamin A yang terkandung di dalam daun kemangi mampu menyembuhkan berbagai permasalahan mata yang anda alami.

11 dari 11 halaman

Langkah Pertama Jika Asam Lambung Naik?

6 Langkah Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik

  1. Duduk tegak dan rileks
  2. Memakai pakaian longgar
  3. Mengunyah permen karet
  4. Tidur miring ke kiri
  5. Minum air hangat
  6. Minum obat maag

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini