Sukses

Cara Buat Adonan Tepung untuk Jamur Tiram Krispi, Awet Renyah sampai 3 Hari

Membuat jamur krispi yang renyah ternyata tidak susah loh! Begini caranya agar jamur krispi yang dibuat bisa tahan kriuk hingga 3 hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Siapkan Jamur Tiram yang Akan Diolah

Liputan6.com, Jakarta Pertama, belah jamur tiram secara memanjang hingga berukuran agak tipis. Kemudian, cuci jamur sampai benar-benar bersih. Setelah dicuci, rendam jamur dengan air hangat sebanyak 500 ml dan diamkan selama 5 menit.

Setelah 5 menit, tiriskan dan peras jamurnya hingga tidak ada air yang mengendap di dalam jamur. Trik ini yang berfungsi untuk membuat jamur bisa krispi dan tahan lama.

3 dari 11 halaman

2. Buat Adonan Tepung Kering

Campurkan 250 gram tepung terigu protein tinggi dengan 4 sdm tepung maizena, 1/2 sdm kaldu ayam bubuk, 1 sdt garam, 1/2 sdt merica bubuk, dan 1 sdt bawang putih bubuk. Tambahkan juga 1/2 sdt soda kue untuk membuat hasil jamurnya dapat krispi dan tahan lama. Kemudian aduk sampai semua elemen bahan tercampur rata.

Sisihkan separuh adonan tepung kering ke wadah baru. Jadi, ada dua wadah untuk adonan tepung kering. Hal ini bertujuan untuk mempermudah saat proses pembuatan tepung agar jamurnya tidak lengket satu sama lain.

4 dari 11 halaman

3. Buat Adonan Tepung Basah

Siapkan satu wadah untuk adonan basah. Lalu ambil 6 sdm adonan tepung kering tadi, dan tambahkan 200 ml air bersih. Perbandingan tepung dan air ini akan menghasilkan adonan tepung dengan kekentalan yang pas.

5 dari 11 halaman

4. Teknik Membaluri Jamur dengan Adonan

Baluri jamur dengan adonan basah. Kemudian masukkan jamur satu persatu ke dalam adonan tepung kering. Kemudian, timpa dengan adonan tepung kering dari wadah satunya. Agar jamur terbalur oleh tepung secara merata, goyang-goyangkan wadah tepung secara perlahan.

6 dari 11 halaman

5. Goreng di Minyak Panas

Langkah terakhir adalah menggoreng jamur ke dalam minyak yang benar-benar sudah panas. Sambil dibolak-balik, jika jamur sudah mulai berubah warna kecilkan api. Lanjutkan menggoreng hingga jamur berwarna kecoklatan serta tidak ada buih ataupun letupan minyak.

7 dari 11 halaman

Apa yang Dimaksud Jamur Crispy?

Jamur Krispy adalah olahan pangan yang dapat dijadikan sebagai hidangan makan ataupun camilan yang terbuat dari bahan dasar jamur tiram yang diolah dengan tepung bumbu dan telur dengan proses penggorengan dan memiliki tekstur yang krispi.

8 dari 11 halaman

Berapa Kalori dalam Jamur Crispy?

Dalam setiap 250 gram jamur krispi memiliki kalori sebesar 100 kkal.

9 dari 11 halaman

Apakah Jamur Crispy Boleh Dipanaskan?

Ahli gizi Brigitte Zeitlin berkata, jamur merupakan salah satu jenis sayur yang tidak boleh dipanaskan lagi. "Jamur bisa mengakibatkan masalah pada perut saat dipanaskan karena kandungan mikronutrien di dalamnya.

10 dari 11 halaman

Apakah Jamur Bagus untuk Diet?

Jamur bahkan cocok diolah menjadi menu diet berkat kalorinya yang rendah. Tak hanya itu, penelitian mengungkapkan bahwa manfaat jamur untuk kesehatan cukup beragam. Hal ini karena jamur diketahui kaya akan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

11 dari 11 halaman

Apakah Jamur Aman Dikonsumsi Setiap Hari?

Banyak juga orang yang menggunakan jamur sebagai obat. Untuk itulah mengapa mengonsumsi jamur setiap hari sangat dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan. Jamur dikenal sebagai makanan kaya nutrisi, yang baik untuk tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini