Sukses

Bukan Cuma Skincare-an, 6 Kebiasaan Ini Bisa Bantu Masalah Jerawat di Wajahmu

Selain menggunakan skincare, permasalahan jerawat juga dapat diatasi dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana. Meskipun sederhana, ternyata kebiasaan dapat sangat berpengaruh untuk meminimalisir timbulnya jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Baik perempuan maupun laki-laki, dari kalangan remaja maupun dewasa. Meskipun tidak mengancam jiwa, jerawat dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Apabila dibiarkan secara terus-menerus, jerawat dapat mempengaruhi emosional serta kepercayaan diri seseorang.

Jerawat dapat disebabkan oleh banyak hal seperti perubahan hormonal, adanya bakteri, produksi minyak berlebihan, pola makan, hingga adanya faktor genetika. Meskipun faktor seperti genetika dan produksi minyak merupakan hal yang tidak dapat diubah, namun setiap orang tetap dapat meminimalisir tumbuhnya jerawat.

Hal yang paling umum dilakukan untuk mencegah datangnya jerawat yaitu menggunakan produk-produk skincare. Skincare memungkinkan seseorang untuk mengobati, merawat, hingga mencegah permasalahan yang timbul dari dalam kulit. Hal ini juga dapat dilakukan untuk mencegah permasalahan jerawat, seperti dengan melakukan double cleansing serta menggunakan produk-produk yang memiliki kandungan untuk masalah jerawat.

Namun, tahukah kamu bahwa selain menggunakan skincare, permasalahan jerawat juga dapat diatasi dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana. Meskipun sederhana, ternyata kebiasaan dapat sangat berpengaruh untuk meminimalisir timbulnya jerawat.

Berikut 8 kebiasaan yang dapat membantu permasalahan jerawatmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tidak Membuat Wajah dan Ponsel Bersentuhan

Setiap kali bertelepon, seseorang sangat mungkin menempelkan ponsel dengan wajahnya. Namun, hal tersebut sebaiknya jangan dilakukan sebab ponsel merupakan benda yang sebenarnya cukup kotor. Bayangkan bagaimana setiap orang selalu memegang ponsel mereka setiap saat bahkan setelah mereka memegang benda apapun. Hal ini tentu membuat banyak bakteri menempel pada ponsel.

Selain itu, menyentuhkan wajah ke ponsel juga dapat membuat minyak serta keringat pada wajah akan berpindah ke layar ponsel. Apabila dilakukan berkali-kali, bukan tidak mungkin ponsel yang kotor ini dapat menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

Cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menghindari hal ini adalah bertelepon menggunakan loud speaker atau menggunakan earphone. Dengan begitu, layar ponsel dengan wajah tidak akan bersentuhan.

3 dari 5 halaman

2. Menghapus Makeup Sebelum Tidur

Makeup seringkali menjadi kebutuhan banyak orang sebab dapat menunjang penampilan. Sedangkan salah satu kebiasaan buruk yang mungkin dimiliki para pengguna makeup adalah mereka tidak membersihkannya dengan benar hingga terbawa tidur.

Cara terbaik untuk membersihkan makeup adalah dengan melakukan double cleansing, yaitu membersihkan dengan dua tahap. Dengan demikian, partikel-partikel makeup dapat terangkat secara maksimal dan tidak meninggalkan residu yang dapat menimbulkan permasalahan lebih lanjut.

Permasalahan tersebut dapat berupa penyumbatan pori-pori dan mencegah sel-sel kulit bernapas. Hal ini membuat kulit tidak dapat melakukan regenerasi kulit. Terlebih, tidur dengan wajah kotor dapat membuat kotoran tersebut berpindah ke bantal yang nantinya akan mengotori wajah penggunanya pada malam-malam berikutnya.

4 dari 5 halaman

3. Gunakan Handuk yang Bersih dan Kering

Menggunakan handuk yang bersih dan kering untuk mengelap wajah merupakan hal yang sangat penting. Sebab bakteri dapat dengan cepat berkembang biak pada handuk yang kotor atau basah. Sehingga, ketika seseorang mengelap wajah dengan handuk kotor maka akan mengembalikan kotoran itu ke wajahnya.

Selain itu, akan lebih baik jika tidak menggabungkan penggunaan handuk badan dengan handuk wajah sebab wajah merupakan area yang lebih sensitif. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti handuk secara rutin agar kebersihannya lebih terjaga.

4. Mengganti Sarung Bantal Secara Rutin

Tidak jauh berbeda dengan handuk, penggunaan sarung bantal juga perlu diperhatikan. Orang dewasa idealnya menghabiskan 7 hingga 8 jam perhari untuk tidur. Sedangkan pada saat tidur, sarung bantal merupakan benda yang paling dekat bahkan bersentuhan dengan wajah kita.

Menurut National Sleep Foundation, sarung bantal sebaiknya diganti setiap seminggu sekali. Dengan begitu, hal tersebut dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menempel ke wajah.

5 dari 5 halaman

5. Mencuci Muka Secukupnya

Khawatir pada polutan ataupun debu yang menempel di wajah memang hal yang biasa terjadi, terutama bagi mereka yang beraktivitas di kota besar. Namun, hal tersebut bukanlah alasan seseorang boleh mencuci muka terlalu sering.

Mencuci muka terlalu sering ternyata dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit. Akibatnya, kulit wajah dapat menjadi iritasi serta kekeringan, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Para ahli dermatologi menerangkan bahwa mencuci wajah cukup dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. 

6. Mengurangi Asupan Gula dan Karbohidrat

Meskipun masih terbatas, beberapa penelitian membenarkan adanya korelasi antara gula, karbohidrat, dan jerawat. Gula dan Karbohidrat diketahui memiliki sifat inflamasi dan dapat meningkatkan kadar insulin pada tubuh. Hal ini nantinya dapat memicu hormon yang menyebabkan jerawat.

Dengan membatasi konsumsi makanan manis dan berkarbohidrat seperti roti, minuman bersoda, maupun permen, maka kemungkinan jerawat yang tumbuh dapat pulih lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.