Sukses

Begini Cara Mudah dan Cepat Membuat Google Form Melalui Desktop

Sudah tidak perlu cara manual lagi, kini mengumpulkan data jadi lebih mudah dan cepat dengan menggunakan aplikasi Google Form. Berikut langkah-langkahnya.

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan mengumpulkan data seringkali menjadi hal yang sulit karena tak jarang menguras banyak tenaga, waktu, dan pikiran. Namun, hal itu hanya berlaku jika dilakukan secara manual karena kini semua sudah serba cepat dan mudah berkat kemajuan teknologi seperti, Google misalnya.

Salah satu tools dari Google untuk mempermudah pekerjaan yang berkaitan dengan pengumpulan data adalah Google Form. Didesain sebagai formulir digital, tool ini tentu akan sangat membantu dalam menghemat waktu dan biaya dalam proses mengumpulkan data seperti survei atau semacamnya.

Berikut ini 11 langkah mudah membuat Google Form melalui laptop beserta cara tepat membagikannya, dirangkum dari beberapa sumber, Rabu (28/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 17 halaman

1. Buka Google Apps pada Halaman Utama Google

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka halaman utama Google pada laptop atau komputer. Kemudian, cari ikon titik enam berbentuk kotak atau Google Apps. Lalu, klik ikon tersebut.

3 dari 17 halaman

2. Klik Logo Bertuliskan Forms

Setelah Google Apps terbuka, maka akan muncul berbagai macam tools dari Google. Klik pada ikon bertuliskan Forms seperti yang dilingkari pada gambar di atas.

4 dari 17 halaman

3. Buat Form Baru

Setelah menu Google Form di klik, maka akan muncul tampilan seperti gambar di atas. Lalu, buat formulir baru dengan mengklik blank form seperti yang sudah dilingkari pada gambar di atas.

5 dari 17 halaman

4. Buat Nama Form, Nama Dokumen, dan Deskripsinya

Langkah pertama setelah membuka aplikasi Google Form adalah membuat nama dokumen agar memudahkan menemukan file yang dicari. Selanjutnya, isi nama form beserta deskripsinya yang terletak pada bagian paling atas tampilan Google Form.

6 dari 17 halaman

5. Buat Pertanyaan

Di bawah judul dan deskripsi form, terdapat kolom pertanyaan dan jawaban. Untuk model jawaban bisa diatur sesuai kebutuhan baik multiple choice, jawaban pendek, maupun jawaban panjang, dengan memilih pada bagian dalam kotak merah di samping pertanyaan.

7 dari 17 halaman

6. Cara Menambah Pertanyaan

Untuk menambahkan pertanyaan, klik tanda (+) pada kanan atas seperti yang sudah diberi tanda merah pada gambar. Kemudian, jika jawaban dalam bentuk pilihan ganda/opsi, dapat ditambahkan dengan meng klik tambahkan opsi seperti yang sudah diberi garis bawah pada gambar. 

8 dari 17 halaman

7. Menentukan Pertanyaan Wajib Diisi atau Tidak

Untuk memastikan semua pertanyaan yang diberikan dijawab oleh responden, maka tombol wajib diisi/required , yang diberi tanda merah, perlu dinyalakan.

9 dari 17 halaman

8. Mengecek dan Memastikan Tampilan google Form Sudah Sesuai

Setelah seluruh pertanyaan maupun pilihan jawaban sudah dimasukkan, pastikan untuk melakukan pratinjau tampilan Google Form. Klik ikon ‘mata’ pada bagian kanan atas agar dapat melihat tampilan Google Form secara keseluruhan dari sudut pandang responden. Selain itu, tampilan warna Google Form juga dapat diubah sesuai keinginan menggunakan ikon palet cat di samping ikon ‘mata’.

10 dari 17 halaman

9. Bagikan Google Form

Setelah yakin tampilan dan isi Google Form seluruhnya sudah sesuai, Google Form bisa dibagikan dengan mengklik tombol kirim/send yang terletak di pojok kanan atas.

11 dari 17 halaman

10. Membagikan Google Form Melalui Email

Setelah mengklik tombol kirim/send, maka akan muncul pilihan email dan link. Jika ingin membagikan langsung lewat email, maka perlu menuliskan alamat email orang yang dituju.

12 dari 17 halaman

11. Membagikan Google Form Melalui Link

Membagikan Google Form melalui link juga tak kalah mudah. Tinggal meng-copy link yang muncul lalu membagikannya kepada orang-orang yang dituju. 

13 dari 17 halaman

Apakah Bisa Membuat Google Form di HP?

Buka web browser di ponsel Android, iPhone, atau tablet. Buka laman forms.google.com. Formulir baru akan terbuka secara otomatis. Edit dan sesuaikan formulir sesuai kebutuhan.

14 dari 17 halaman

Bagaimana Cara Membuat Form di HP?

Cara bikin Google Form lewat HP dan tablet:

1. Buka web browser di ponsel Android, iPhone, atau tablet.

2. Buka laman forms.google.com.

3. Formulir baru akan terbuka secara otomatis.

4. Edit dan sesuaikan formulir sesuai kebutuhan.

5. Membuat kuesioner.

6. Memilih lokasi penyimpanan responden.

15 dari 17 halaman

Google Form Aplikasi Apa?

Google Formulir merupakan fitur untuk membuat survei, kuis, atau tes secara daring (online). Anda dapat menggunakan Google Formulir untuk banyak hal di kelas daring (online) Anda.

16 dari 17 halaman

Apa Saja yang Bisa Dibuat di Google Form?

Salah satu fungsi dari Google form adalah membuat kuesioner dengan bentuk formulir. Dengan formulir ini kita bisa membuat daftar hadir, pada menu google form ini juga terdapat banyak fitur pilihan pertanyaan, apakah menggunakan jawaban pendek, panjang atau pilihan.

17 dari 17 halaman

Apakah Google Form Harus Bayar?

Seperti yang diketahui, Google Form merupakan layanan yang tersedia secara gratis dari Google untuk para penggunanya. Melalui Google Form, pengguna bisa membuat formulir atau kuesioner secara online.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.