Sukses

Kenali Caregiver Burnout, Kelelahan yang Terjadi Saat Merawat Orang Sakit

Burnout tidak hanya terjadi karena lelah dengan pekerjaan, tapi juga ketika mengurus orang sakit dan menjadi caregiver. Kenali tanda caregiver burnout yang mungkin Anda rasakan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi caregiver atau pengasuh memang tidak mudah. Apalagi jika harus merawat orang tua yang sedang sakit dengan membantu menyediakan kebutuhan medis dan pribadi orang tersebut.

Biasanya, caregiver merawat orang yang memiliki hubungan kekerabatan dengannya, seperti orang tua sendiri yang sudah lansia atau tidak mampu merawat dirinya sendiri, anggota keluarga inti, sahabat, bahkan tetangga dekat yang sedang sakit kronis.

Apakah Anda sendiri sedang berada di posisi ini?

Meskipun hal ini termasuk hal yang terpuji, tapi tentunya jika dijalani terus-menerus bisa membawa efek yang cukup negatif. Terlebih menjadi perawat bagi orang lain sangat melelahkan, karena bisa menguras emosi, fisik, dan juga mengganggu kesehatan mental Anda.

Tidak jarang, saat merawat orang lain, Anda akan merasa stres dan lelah sehingga ingin rasanya berhenti sementara. Jika begini, bisa jadi Anda mengalami caregiver burnout. 

Apa Itu Caregiver Burnout?

“Kelelahan yang dialami pengasuh sering kali terlihat seperti periode depresi yang berkepanjangan, di mana rasa mati rasa atau panik mulai muncul, dan Anda merasa upaya untuk memperbaiki situasi Anda akan sia-sia,” kata Laurel Wittman, presiden Well Spouse Association, sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan sumber daya kepada mitra orang-orang dengan penyakit kronis atau cacat, seperti yang kami kutip dari Everyday Health.

Beberapa definisi burnout membatasi fenomena yang disebabkan oleh pekerjaan, termasuk definisi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun Wittman dan banyak orang lainnya mengatakan bahwa tanggung jawab seperti menjadi caregiver pasti dapat menyebabkan kelelahan.

Burnout berbeda dengan perasaan stres mengenai tanggung jawab mengasuh anak atau berduka karena seringkali disertai rasa mati rasa.

“Hal ini menyebabkan hilangnya emosi – perasaan terpukul oleh keadaan yang sangat parah, atau terlalu sering, sehingga Anda tidak dapat bangkit kembali,” kata Wittman. “Rasanya seperti terputus dari hidup Anda.”

Tidak semua orang mengalami caregiver burnout dengan cara yang sama atau pada waktu yang bersamaan. Hal ini dapat terjadi ketika merawat seseorang dengan diagnosis yang sangat menantang; atau itu juga bisa terjadi saat Anda merawat seseorang dengan diagnosis yang tidak terlalu menantang.

“Ini menyerang orang-orang pada waktu atau tahap perawatan yang berbeda,” kata Wittman. “Salah satu zona bahaya adalah ketika pengasuhan berlangsung selama berhari-hari, berbulan-bulan, dan bertahun-tahun tanpa akhir dan Anda tidak dapat menjauh darinya dan Anda hanya mendapat sedikit penghargaan atas hal tersebut.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab dari Caregiver Burnout

Caregiver burnout terjadi ketika pengasuh tidak mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Mereka mungkin terlalu kurus dan berusaha melakukan lebih dari yang bisa mereka tangani secara fisik atau mental.

Seringkali, orang-orang ini memberikan semua yang mereka miliki kepada orang lain, dan mengabaikan kebutuhan mereka sendiri. Ketika seseorang menjadi pengasuh anggota keluarga atau teman yang sakit, seringkali hal itu sangat mengganggu kehidupan orang tersebut, kata Cassandra Aasmundsen-Fry, PsyD, psikolog klinis di Mindwell Modern Psychology & Therapy di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Seluruh fokus hidup mereka tiba-tiba dan secara dramatis berubah untuk mengakomodasi trauma dan kesedihan mereka, serta untuk memenuhi kebutuhan orang yang mereka cintai.”

Dalam beberapa kasus, orang yang menerima perawatan mungkin menolak bantuan atau marah terhadap situasi mereka, dan mereka melampiaskan kemarahan tersebut pada pengasuhnya

“Ini sangat umum terjadi dan menjadikan pengalaman sulit menjadi lebih menyakitkan dan terisolasi,” ucap Wittman.

Penyebab lain dari caregiver burnout meliputi:

  • Kebingungan tentang bagaimana memisahkan peran pengasuh dari peran lainnya.
  • Memiliki ekspektasi yang berbeda dari kenyataan, sesuatu yang dapat terjadi ketika perawat mencoba memberikan dampak positif terhadap pasien atau kondisinya. Hal ini tidak mungkin dilakukan jika berhadapan dengan penyakit progresif seperti Alzheimer.
  • Kurangnya kendali atas keuangan, sumber daya, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membantu orang yang dicintai.

Seringkali, caregiver tidak dapat menyadari bahwa mereka sedang menuju kejenuhan, dan kemudian mencapai titik di mana mereka kesulitan mengatur segalanya.

3 dari 4 halaman

Tanda Anda Mengalami Caregiver Burnout

"Karena kelelahan dikaitkan dengan pelepasan diri dan perasaan putus asa, hal ini mungkin sulit untuk diidentifikasi," kata Wittman.

Tanda-tanda Anda mungkin mengalami kelelahan sebagai caregiver meliputi:

  • Perubahan sikap dari rasa sayang menjadi rasa negatif dan tidak peduli.
  • Menarik diri dari teman dan keluarga.
  • Kehilangan minat pada hal-hal yang sebelumnya Anda sukai.
  • Merasa pemarah, putus asa, tidak berdaya, dan lelah.
  • Perubahan kebiasaan makan dan berat badan.
  • Perubahan pola tidur.
  • Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2020, pengasuh anggota keluarga dengan demensia mengalami kesulitan tidur dan kualitas tidur yang lebih rendah.
  • Merasa tidak enak badan atau sering sakit.

Wittman mengatakan harga diri Anda mungkin juga terpukul, dan Anda mungkin berhenti merasa nyaman dengan diri sendiri dan bangga dengan apa yang Anda lakukan. Anda mungkin merasa sendirian, seolah Anda satu-satunya orang di dunia yang menghadapi situasi seperti ini.

"Pada saat yang sama, Anda mungkin merasa seperti Anda tidak akan pernah bisa sendirian, bahkan untuk istirahat sejenak," sambungnya.

Sebuah meta-analisis yang diterbitkan pada tahun 2020 mengulas penelitian yang melibatkan orang-orang yang merawat pasangan dengan PTSD dan penelitian lain yang melibatkan merawat anak berkebutuhan khusus.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang ini lebih mungkin melaporkan perasaan lelah secara emosional, tidak kompeten, dan berkurangnya rasa pencapaian dibandingkan dengan mereka yang bukan pengasuh.

Orang yang Anda rawat juga dapat berkontribusi terhadap risiko burnout. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 menemukan bahwa wanita menganggap merawat pasangan atau anak lebih menimbulkan stres dan lebih merugikan kesehatan mental dibandingkan merawat orang tua atau orang lain

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Caregiver Burnout

“Untungnya, ada cara untuk menetapkan batasan dan batasan sambil menghormati keinginan Anda untuk merawat orang yang Anda cintai,” kata Dr. Aasmundsen-Fry.

Berikut beberapa hal yang dapat membantu:

1. Bergabung dengan komunitas

Temukan komunitas khusus caregiver. Di mana Anda dapat berbicara dengan orang lain dan bercerita tentang perjuangan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menanyakan cara menangani situasi tertentu, terutama jika mereka berada dalam posisi yang sama. Ini bisa jadi hal terbaik untuk membantu melewati banyak masa sulit.

2. Rasakan emosi Anda

Anda mungkin mengalami perasaan negatif. Hal ini wajar dan bukan berarti Anda orang jahat. Sebagai seorang caregiver, Anda selalu berpikir bahwa Anda harus kuat demi orang yang Anda sayangi. Akan tetapi sangat penting bagi Anda untuk membiarkan diri Anda merasakan emosi tersebut dan tidak menjauhkannya.

3. Temui terapis

Aasmundsen-Fry merekomendasikan menemui terapis untuk membantu Anda mengatasi tekanan dalam pengasuhan. Ini dapat membantu apakah Anda sudah kehabisan tenaga atau sedang dalam proses menuju kelelahan. 

4. Jangan lupakan self-care

“Perawatan diri diperlukan, meskipun itu sulit,” kata Wittman.

Temukan apa yang cocok untuk Anda dan luangkan waktu untuk itu. Seperti misalnya berjalan-jalan di sekitar rumah setiap hari untuk membantu menjauh dari situasi sementara. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.