Sukses

Air, Api, hingga Logam, Simak Unsur Shiomu untuk Prediksi Keberuntungan di Tahun Naga Kayu 2024, Bagian I

Berikut ini penjelasan unsur shio dan maknanya bagimu di tahun Naga Kayu

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah mendengar tentang 12 lambang hewan zodiak Cina atau shio seperti tikus, lembu, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam jago, anjing, dan babi. Mereka semua berulang dalam siklus 12 tahun. 

Di sisi lain, Tahun Baru Imlek memberi kita kesempatan untuk mendalami astrologi lebih dalam: Misalnya, tahukah Anda bahwa ada elemen terkait yang dapat memberi kita lebih banyak informasi tentang tahun ini dan diri kita sendiri? Misalnya, tahun 2024 bukan hanya Tahun Naga, tapi Tahun Naga Kayu.

Lalu apa maksudnya tahun 1989 adalah Tahun Ular Bumi? Atau tahun 2002 yang merupakan Tahun Kuda Api? Mari selami lebih dalam teori di balik unsur-unsur tersebut, apa arti masing-masing unsur, dan menjawab pertanyaan: "Apa unsur shio saya?" Dihimpun dari Purewow, berikut penjelasannya:

Apa Asal Usul Unsur Shio?

Ada lima unsur shio: kayu, api, tanah, logam, dan air. Ini berasal dari Teori Lima Elemen—atau Wu Xing—sebuah filosofi yang digunakan untuk menggambarkan hubungan dan saling ketergantungan antara segala sesuatu. 

Pengajaran ini adalah tentang menemukan keseimbangan dan menerima prosesnya. Ketika satu energi bertambah, energi lainnya berkurang. Semua elemen saling berhubungan dan tidak ada hierarki. Teori ini menjadi dasar tidak hanya zodiak Cina tetapi juga tradisi Timur lainnya seperti feng shui, pengobatan holistik, akupunktur, ramalan (seperti I Ching) dan seni bela diri.

Dalam astrologi Barat Tropis, ada konsep serupa tentang empat elemen –– tanah, udara, api, dan air –– yang awalnya dijelaskan oleh Plato dalam Timaeus. 

Dalam teori Lima Elemen, interaksi antara unsur-unsurlah yang menciptakan dan menghancurkan energi. Ketika elemen-elemen tersebut berinteraksi, seperti sisi berlawanan dari simbol yin-yang, kemajuan (baik positif maupun negatif) tidak dapat dihindari.

Siklus Lima Elemen berjalan dalam urutan tertentu dan dapat diingat dengan mencatat berbagai proses penciptaan dan penghancuran yang melaluinya. Interaksi yang menciptakan (generatif) adalah:

  • Kayu menyalakan Api
  • Api menciptakan Bumi
  • Bumi memegang Logam
  • Logam membawa Air
  • Air memberi makan Kayu

Sementara interaksi penghancuran (pengatasan) adalah:

  • Api melelehkan Logam
  • Potongan logam Kayu
  • Kayu memisahkan bumi
  • Bumi menyerap Air
  • Air memadamkan Api

Dalam Teori Lima Elemen, penciptaan dan penghancuran merupakan proses yang saling melengkapi dan tujuan akhirnya adalah keselarasan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Elemen Shio Saya?

Mengetahui Unsur Shio Anda sangatlah mudah karena yang perlu Anda ketahui hanyalah tahun lahir Anda, khususnya angka terakhir tahun lahir Anda.

  • Logam : Tahun lahir yang diakhiri dengan 0 atau 1
  • Air: Tahun lahir berakhiran 2 atau 3
  • Kayu: Tahun lahir berakhiran 4 atau 5
  • Api: Tahun lahir berakhiran 6 atau 7
  • Bumi: Tahun lahir berakhiran 8 atau 9

Apa Arti Unsur Zodiak Cina?

Karena semua elemen bekerja sama, masing-masing memiliki prioritas berbeda dan orang yang lahir dengan tipe elemen tertentu memiliki ciri kepribadian yang berbeda. Sebuah tim yang sukses membutuhkan semua bagian dari teka-teki: manusia kayu yang visioner, manusia api yang suka berpetualang, manusia bumi yang menjaga perdamaian, manusia logam yang ketat, dan manusia air yang artistik.

Ingatlah bahwa setiap elemen hanyalah satu bagian dari teka-teki (yang juga mencakup tanda zodiak setiap tahun). Beberapa elemen lebih sesuai dengan tanda zodiak tertentu—seperti kayu dengan kelinci dan ayam dengan logam. Berikut pembahasan unsur shio tersebut seperti dihimpun dari berbagai sumber:

 

3 dari 4 halaman

1. Kayu: Visioner

Orang yang lahir pada tahun kayu adalah orang yang sabar, penyayang, dan pengertian. Bagaikan akar yang kuat dari sebuah pohon tua yang perkasa, orang-orang ini bijaksana melampaui usia mereka. Selalu berkembang. 

Orang kayu adalah orang yang hangat dan mudah bergaul, serta stabil dan praktis. Pohon mengirimkan pesan satu sama lain melalui jaringan akar bawah tanahnya dan demikian pula bagi manusia kayu, komunikasi dan pertumbuhan berjalan seiring.

Karena mereka terlalu fokus pada perluasan dan peluang, jenis kayu bisa menjadi terlalu kompetitif atau terobsesi dengan prestasi demi prestasi. Jika terlalu fokus pada kemenangan, mereka bisa menjadi mengganggu dan tidak menghormati batasan orang lain. Visi mereka kuat, namun tidak boleh menghalangi kemajuan orang lain.

Manusia kayu adalah perencana dan pengambil keputusan yang hebat dan sering dikaitkan dengan makhluk yang sangat bijaksana seperti burung hantu. Untuk mengatasi kecenderungan mereka untuk bekerja keras atau memanjakan diri secara berlebihan, mereka harus melakukan olahraga teratur (sesuatu yang lambat dan membentuk otot seperti yoga atau Pilates) dan banyak istirahat.

Asosiasi Kayu

Warna: Hijau

Musim: Musim semi

Planet: Yupiter

Simbol: Naga

Iklim: Berangin

Shio: Harimau, Kelinci

Jika angka terakhir tahun lahirmu adalah 4 atau 5 maka elemenmu adalah kayu.

Tahun Kayu Terkini: 1974, 1975, 1984, 1985, 1994, 1995, 2004, 2005, 2014, 2015

 

4 dari 4 halaman

2. Api: Pemburu Sensasi

Mereka yang lahir pada tahun-tahun api mau tidak mau mengejar petualangan. Kreatif dan gigih, orang-orang ini sangat bersemangat dengan kehidupan. Mereka sangat termotivasi, dan begitu percikan api mereka tersulut, mereka tidak akan berhenti sampai mereka membakar seluruhnya. 

Tipe api ingin mengajak siapa saja dan semua orang dalam perjalanannya. Dan kecuali Anda ingin ditelan api, sama sekali tidak ada yang menghalangi mereka!

Karena mereka berlari dengan semangat, orang yang berapi-api adalah pencari sensasi yang mudah bosan jika apa yang mereka lakukan terlalu berulang atau biasa saja. Mereka tidak bisa bekerja dengan baik di lingkungan kerja yang setiap harinya sama dan bisa jadi sedikit tidak menentu. 

Freelance jelas lebih baik bagi mereka daripada bekerja di perusahaan yang sama selamanya. Tipe api akan segera meninggalkan pekerjaan atau hubungan jika ada sesuatu yang lebih menarik yang menarik perhatian mereka. Spontanitas adalah bahasa cinta mereka.

Karena mereka membutuhkan rangsangan yang terus-menerus, penderita kebakaran dapat menderita kecemasan dan insomnia jika mereka tidak berhati-hati dalam mengatur sistem sarafnya. Orang api menjadi kepanasan. Untuk menenangkan diri, mereka harus menikmati pemandangan saat berjalan-jalan dan sangat waspada agar tetap terhidrasi.

Asosiasi Api

Warna merah

Musim: Musim Panas

Planet Mars

Simbol: Phoenix

Iklim: Panas

Shio: Kuda, ular

Jika angka terakhir tahun lahirmu adalah 6 atau 7 maka elemenmu adalah api.

Tahun Kebakaran Terakhir: 1976, 1977, 1986, 1987, 1996, 1997, 2006, 2007, 2016, 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.