Sukses

Mengenal Berlian Lab Grown Diamond, Perhiasan Ramah Lingkungan yang Makin Diminati

Mahalnya harga natural diamond membuat para pengrajin menciptakan lab grown diamond atau berlian yang dibuat atau ditanam di laboratorium.

Liputan6.com, Jakarta - Berlian telah menjadi salah satu aksesoris yang disukai banyak individu, khususnya kaum hawa. Dalam dunia perhiasan, gemstone ini tidak hanya dihargai karena kilauannya yang luar biasa, tetapi juga karena keterampilan dan keahlian dalam merakitnya menjadi perhiasan.

Para ahli gemologi dan perancang perhiasan telah menjelajahi keindahan serta karakteristik unik berlian, membuatnya menjadi pilihan utama dalam menciptakan karya seni perhiasan yang tiada tanding.

Menurut ahli gemologi terkemuka, Dr. Richard T. Liddicoat, keindahan berlian bukan hanya tentang kilau yang memukau, tetapi juga tentang cara cahayanya memantul melalui kristal yang sempurna.

Kristal struktur berlian memungkinkannya memecah cahaya dengan cara yang tak tertandingi, menciptakan perpaduan warna-warna spektrum yang memukau. Ini memberikan berlian daya tarik visual yang unik dan tak terbantahkan.

Menentukan kualitas sebuah berlian membutuhkan keahlian khusus. Dr. Martin Rapaport, seorang pakar penilaian berlian, menekankan pentingnya empat faktor utama, dikenal sebagai "Four Cs": Cut (potongan), Color (warna), Clarity (kejernihan) dan Carat (karat).

Potongan yang tepat mengoptimalkan cahaya yang masuk dan keluar dari berlian, sementara warna dan kejernihan menentukan kemurnian dan kualitas. Karat, pada gilirannya, mengacu pada ukuran fisik berlian.

Baru-baru ini, mahalnya harga natural diamond membuat para pengrajin menciptakan lab grown diamond atau berlian yang dibuat atau ditanam di laboratorium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses pembuatannya dikendalikan dalam lingkungan laboraturium berbeda

Meskipun memiliki karakteristik fisik dan kimia yang sama dengan berlian alami, proses pembuatan lab grown diamond sepenuhnya dikendalikan dalam lingkungan laboratorium berbeda dengan natural diamond yang terbentuk secara alami di dalam kerak bumi.

Secara umum, lab grown diamond dapat ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau daripada berlian alami dengan karakteristik yang serupa, sehingga tidak heran jika lab grown diamond banyak dicari.

 

3 dari 3 halaman

Tawarkan koleksi ekslusif

Harich Jewelry, sebuah toko perhiasan yang mengkhususkan diri dalam lab grown diamond menawarkan koleksi eksklusif yang dapat diadopsi untuk pernikahan dan acara penting lainnya.

“Dengan fokus pada keindahan dan inovasi, Harich Jewelry yang berada di bawah naungan PT Harich Terang Nusantara berkomitmen untuk memberikan pengalaman berbelanja perhiasan yang istimewa. Kami menawarkan opsi terjangkau tanpa mengorbankan kualitas,” ungkap Founder Harich Jewelry, Stella, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/1/2024).

Harich Jewelry menonjolkan layanan pelanggan yang cepat dan efisien, serta kemampuan untuk menciptakan perhiasan sesuai keinginan pelanggan melalui layanan custom.

"Sebagai mitra yang dapat diandalkan, kami bangga menyajikan perhiasan yang memadukan keunikan, keindahan, dan keanggunan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami,” sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.