Sukses

Ada Bae Suzy hingga IU, Sederet Idol K-Pop yang Juga Bermain dalam Drakor, Ada Favoritmu?

Sebelum dikenal sebagai aktor dan artis yang membintang drama Korea, mereka sebenarnya debut lebih dulu sebagai idol K-Pop, lho. Ada siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta Sudah tidak diragukan lagi bahwa aktor dan artis dalam drakor memiliki kemampuan akting yang mumpuni. Namun, siapa yang menyangka bahwa beberapa di antaranya justru mulai berkarier sebagai idol Kpop sebelum sukses dengan berbagai drama yang mereka bintangi!

Memang, peralihan karier dari idol K-pop menjadi aktor atau aktris dalam drakor menjadi hal yang umum dan lumrah dalam industri entertaiment di Korea Selatan. Bahkan tidak jarang, banyak juga idol yang berhasil membuktikan dirinya berhasil diakui dengan profesi baru mereka tersebut dan mendapatkan prestasi membanggakan karenanya.

Beberapa nama seperti Bae Suzy, IU, Krystal Jung, mungkin sering Anda dengar. Akan tetapi, ada juga beberapa nama akor atau aktris di bawah ini yang mungkin tidak Anda sangka ternyata dulunya seorang idol berkat karakter yang mereka mainkan sangat baik.

Ada siapa saja? Ataukah ada favorit Anda di dalam daftarnya? Seperti yang sudah kami lansir dari Screenrant, Senin (15/1/2024), ayo kita simak bersama!

1. Bae Suzy

Jika membicarakan tentang idol menjadi artis, maka tidak mungkin jika melewatkan Bae Suzy. Artis yang juga dikenal sebagai Nation's First Love memulai kariernya sebagai penyanyi di girl group Miss A di bawah JYP Entertainment pada tahun 2010. Selain aktivitas grup, Base Suzy mengambil akting dan membintangi Dream High, bersama idola lainnya.

Sejak itu, dia memainkan sebagian besar peran kecil sampai dia mendapatkan peran utama sebagai Noh-Eul di Uncontrollably Fond pada tahun 2016. Kemudian selama beberapa tahun berikutnya, Bae Suzy menjadi populer di platform streaming karena peran utamanya dalam berbagai drama seperti Vagabond, Start-Up, dan yang terakhir Doona!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Lee Ji-Eun/IU

Lee Ji-Eun yang juga dikenal dengan panggung IU. Dia mulai menjadi trainee pada tahun 2007 dan memulai debutnya pada usia 15 tahun. Kemudian sejak itu dia melejit menjadi bintang di Korea Selatan.

Dia tidak hanya memiliki penggemar musiknya. Akan tetapi, dia juga mendapatkan popularitas karena aktingnya di layar kaca. Setelah peran pendukungnya di Dream High, ia kemudian membintangi beberapa drama paling terkenal.

Seperti misalnya, perannya sebagai Hae-Soo dalam drakor, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Drama yang satu ini menjadi terkenal di kalangan penggemar karena momen-momen memilukan dan alur cerita tentang cinta. IU juga berperan sebagai pemeran utama wanita dalam Hotel Del Luna di Netflix.

3 dari 7 halaman

3. Taecyeon

Taecyeon adalah salah satu aktor kesayangan Korea Selatan yang pertama kali debut di industri musik sebagai bagian dari boy group, 2PM pada tahun 2008. Penyanyi dan juga aktor kelahiran Korea ini menjadi favorit penggemar karena penggunaan bahasa Inggrisnya yang cukup fasih.

Taecyeon mendapatkan peran utama pertamanya dalam drama tahun 2011, Dream High sebagai Jin Gook, bersama idol K-Pop lainnya. 

Selain itu, dia juga menjadi pemeran utama dalam berbagai drama lainnya, seperti Bring It On, Ghost sebagai Bong-pal, yang bergabung dengan hantu wanita untuk membasmi jiwa-jiwa yang terjebak. Lalu, pada tahun 2021, Taecyeon sekali lagi membuat para penggemar menonton drama Netflix, Vincenzo, dalam peran Jun-woo.

4 dari 7 halaman

4. Cha Eun Woo

Cha Eun Woo adalah seorang idola dan aktor yang membuat penonton dari segala usia pasti akan terpesona melihat ketampanannya. Dia sendiri mulai terkenal karena perannya sebagai vokalis di grup K-Pop, Astro, yang debut pada tahun 2016.

Meskipun penggemar suka mendengarkan suaranya, mereka juga mau tidak mau melewatkan penampilannya di layar kaca.

Dia mendapat pengakuan pada tahun 2018 karena memerankan tokoh cinta utama, Kyung-Seok dalam drama romantis remaja, My ID is Gangnam Beauty. Tahun berikutnya, ia membintangi drama sejarah, Rookie Historian Goo Hae-Ryung.

Namun sejauh ini, para penggemar tidak bisa berhenti membicarakan drama tahun 2020, True Beauty, di mana Eun-Woo berperan sebagai Lee Su-ho, yang wajib ditonton.​ Tahun kemarin, dia juga menjadi pemeran utama dalam A Good Day to Be a Dog.

5 dari 7 halaman

5. Lee Hye-Ri

Lee Hye-Ri memulai kariernya dengan debut sebagai anggota termuda Girl's Day pada tahun 2010. Grup ini menjadi salah satu grup K-Pop paling sukses di eranya. Lee Hye-Ri juga akan mengambil akting dengan peran pertamanya dalam Tasty Life pada tahun 2012.

Namun, dia benar-benar mendapatkan popularitas massal sebagai aktor ketika memainkan peran Sung Duk-Seon dalam drama yang cukup terkenal, Reply 1988.

Drama ini langsung menjadi favorit penonton karena komedi, persahabatan, dan kisah cinta yang sulit dan tersedia untuk streaming di platform besar seperti Netflix. Pasti di antara Anda sudah pernah menontonnya bukan?

6 dari 7 halaman

6. Choi Min-Ho

Jika membicarakan idol Kpop yang menjadi artis drama maka tidak lepas dari Choi Min-Ho. Dia memulai karier pada tahun 2008 dengan grup Shinee, sebagai rapper-nya dan Shinee menjadi salah satu artis terlaris Korea.

Min-ho baru melakukan debut aktingnya pada tahun 2010 dalam drama, Pianist. Namun kariernya sebagai aktor terus berkembang ketika ia mendapat peran utama dalam drama tahun 2012, To the Beautiful You.

Jika ada satu drakor Min-ho yang terkenal karena itu adalah drama sejarah tahun 2016, Hwarang: The Poet Warrior Youth. Min-ho akan membintangi bersama aktor Park Seo-Joon dan menceritakan kisah sekelompok pejuang muda yang belajar tentang cinta, persahabatan, dan kekacauan di tengah kerusuhan politik. 

7 dari 7 halaman

7. Joy Red Velvet

Park Soo-young, lebih dikenal oleh para penggemarnya sebagai Joy, adalah anggota dari salah satu girl grup papan atas Korea, Red Velvet. Pada tanggal 29 Juli 2014, Joy secara resmi diumumkan sebagai anggota keempat Red Velvet dan tidak lama setelah debut grup tersebut pada tahun 2015, Joy memulai karier televisi solonya di sebuah variety show.

Dia mendapat pengakuan dalam peran utama Yoon So-rim dalam drama, The Liar and His Lover pada tahun 207. Tahun berikutnya, Joy menjadi terkenal karena drakor besarnya, Tempted.

Dibintangi bersama Woo Do-hwan, Joy berperan sebagai seorang gadis muda yang jatuh cinta pada pria nakal, tidak menyadari bahwa hubungan mereka sebenarnya adalah sebuah pertaruhan. Namun, sudah terlambat karena kedua belah pihak sudah saling jatuh cinta. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drakor adalah singkatan dari drama korea, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.

    drakor

  • Idol kpol atau Idola Pop Kore adalah selebriti populer K-Pop, yang telah berlatih keras selama bertahun-tahun. Yang telah melewati berbagai

    Idol Kpop

  • SHINee ialah grup boy band asal Korea Selatan
    SHINee ialah grup boy band asal Korea Selatan

    SHINee

  • IU adalah aktris dan penyanyi asal Korea Selatan yang memulai debutnya di tahun 2008.

    IU

  • Krystal Jung