Sukses

Profil dan Agama Saipul Jamil Diduga Jadi Korban Salah Prosedur Penangkapan oleh Polisi

Sosok Saipul Jamil kembali menggemparkan publik ketika dirinya dikepung sekelompok orang di jalur busway kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat pada Jumat (5/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta Sosok Saipul Jamil kembali menggemparkan publik ketika dirinya dikepung sekelompok orang di jalur busway kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat pada Jumat (5/1/2024).

Kejadian ini diketahui karena dugaan kasus narkoba yang dilakukan Saipul Jamil. Dalam unggahan video yang tersebar di dunia maya, Saipul Jamil terlihat berusaha mengelak dan tidak ingin dibawa oleh orang yang mengepungnya. Namun setelah melakukan tes urin dan cek laboratorium, mendapatkan hasil negatif dan Saipul Jamil bukan menjadi sasarannya.

Saipul Jamil diduga menjadi korban salah prosedur penangkapan oleh polisi. Polres Metro Jakarta Barat menurunkan Propam untuk menyelidiki oknum anggota Unit Narkoba Polsek Tambora yang menangkap penyanyi dangdut Saipul Jamil. Oknum tersebut diduga melanggar standard operational procedure (SOP) dan kini dibebastugaskan.

Melansir dari berbagai sumber pada Rabu (10/1/2024), berikut profil dan agama Saipul Jamil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Profil Saipul Jamil

  • Nama Lengkap : Jamaluddin Purwanti
  • Nama Panggung : Saipul Jamil
  • Tempat Lahir : Serang
  • Tanggal Lahir : 31 Juli 1980
  • Agama : Islam
  • Pekerjaan : Penyanyi, Artis, Pemain Film

Jamaluddin Purwanti atau akrab disapa Saipul Jamil merupakan salah satu pedangdut tanah air yang lahir di Serang, 31 Juli 1980. Ia dikenal karena bakatnya dalam seni peran, pertunjukan, dan dunia tarik suara. Dengan wajah khas dan kepiawaian dalam berbagai genre seni, Saipul Jamil telah mengukir namanya dalam sejarah hiburan Indonesia.

3 dari 10 halaman

Agama Saipul Jamil

Saipul Jamil diketahui menganut agama Islam. Dalam akun Instagram pribadinya, ia kerap membagikan kegiatan-kegiatan ibadah. Pada salah satu postingannya juga memerlihatkan Saipul Jamil sedang berdzikir di malam tahun baru dengan keterangan harapan-harapan di tahun 2024.

4 dari 10 halaman

Perjalanan Karier Saipul Jamil

Saipul Jamil mengawali langkahnya dalam dunia model. Meskipun sibuk sebagai model, minat Saipul dalam bernyanyi dangdut tetap ia perjuangkan. Kolaborasinya dengan Ira Swara menjadi poin penting dalam karir Saipul di panggung dangdut Indonesia.

Kolaborasi Saipul Jamil dengan penyanyi dangdut Ira Swara pada tahun 2006 membawa popularitasnya meroket di industri hiburan, terutama di dunia musik dangdut. Album yang menonjolkan beberapa lagu, termasuk 'Jujur', berhasil membawa duet ini meraih penghargaan SCTV Music Award 2006 dalam kategori Album Dangdut Terbaik. Pada tahun berikutnya, lagu yang sama mendapat nominasi dalam MTV Indonesia Awards untuk kategori Best Dangdut.

5 dari 10 halaman

Kisah Asmara Saipul Jamil

Saipul Jamil pernah menikah dengan Dewi Persik setelah berpacaran selama empat bulan. Pernikahan tersebut dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur pada tanggal 26 Mei 2005.

Sayangnya, pernikahan keduanya hanya bertahan selama satu tahun saja. Pada bulan Agustus 2006, Saipul Jamil menggugat Dewi Persik ke Pengadilan Agama Jakarta Utara. Saipul Jamil dan Dewi Persik resmi bercerai pada 14 Januari 2008 setelah menjalani beberapa sidang.

Pada tahun 2011, Saipul Jamil melangsungkan pernikahan kembali dengan seorang perempuan bernama Virginia Anggraeni. Sayangnya, kebahagiaan mereka harus terhenti karena kecelakaan fatal yang menimpa mereka. Pada tanggal 3 September 2011, mobil yang dikemudikan oleh Saipul Jamil dan Virginia Anggraeni mengalami kecelakaan di Tol Cipularang.

6 dari 10 halaman

Kasus Saipul Jamil

Pada awal Maret 2009, Saipul Jamil menjadi pusat kontroversi ketika terlibat dalam syuting film "Pijat Atas Tekan Bawah." Ia dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap lawan mainnya, Kiki Fatmala. Meskipun demikian, Saipul Jamil membantah tuduhan tersebut.

Selain itu, pria yang kini tidak diizinkan tampil di televisi pernah diamankan karena terlibat dalam kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. Pada tanggal 18 Februari 2016, Saipul dilaporkan ke Polres Kelapa Gading, Jakarta Utara, atas tuduhan terlibat dalam tindak pidana percabulan terhadap anak di bawah umur dan kemudian ditetapkan sebagai tersangka. Ancaman hukumannya adalah 5 hingga 15 tahun penjara dan denda sejumlah Rp5 miliar.

7 dari 10 halaman

Apakah Saipul Jamil Sudah Bebas dari Penjara?

Saipul Jamil diketahui sudah selesai melakukan tes urin dan uji laboratorium di Polsek Tambora, Jakarta Barat. Hasil lab yang dilakukan polisi menunjukkan dirinya negatif narkoba dan dinyatakan bebas.

8 dari 10 halaman

Saipul Jamil Pernah Kasus Apa?

Saipul Jamil pernah terjerat kasus narkoba dan diamankan oleh Polsek Tambora di kawasan Jelambar, Jakarta Barat.

9 dari 10 halaman

Kenapa dulu Saipul Jamil Dipenjara?

Pada 14 Juni 2016, Pengadilan Negara Jakarta Utara menjatuhkan hukuman 3 tahun kepada Saipul Jamil. Kala itu, hakim menyatakan pedangdut itu terbukti melanggar pasal 292 KUHP tentang perbuatan cabul karena mencabuli korban yang tinggal di rumahnya.

10 dari 10 halaman

Istri Saipul Jamil Kecelakaan Dimana?

Saipul Jamil dan istrinya, Virgina Anggraeni  mengalami kecelakaan di Cipularang KM 97 pada 3 September 2011 yang menyebabkan sang istri tewas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini