Sukses

Jadiin Nyata Resolusi 'Hidup Hemat' di Tahun 2024. Nggak Bikin Susah Kok!

Biar hidup jadi 'lebih hemat' bayar #NoRibet pakai DANA dan langganan aplikasi jadi setengah harga pakai DANA yang #BukanDompetBiasa di Google Play.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti punya prioritas dalam hidupnya. Agar setiap rencana yang diprioritaskan dalam hidup berjalan lancar, salah satu yang paling dijaga selain kesehatan adalah soal masalah keuangan. 

Nah, ngomong-ngomong soal masalah keuangan, setelah meninggalkan tahun 2023, pasti banyak hal seputar finansial yang mesti direfleksikan dan dibenahi di tahun 2024. Mumpung masih di awal tahun nih, ada baiknya mulai membenahi masalah keuangan, tujuan utamanya untuk menuju kebebasan finansial alias financial freedom. 

Buat kita sebagai generasi muda, mencapai kebebasan finansial bukan hal yang mustahil. Maka dari itu, mulai sekarang harus 'hidup hemat'. Tapi 'hidup hemat' di sini bukan berarti kamu nggak boleh belanja ini itu. Kamu tetap bisa happy menikmati hidup dengan 'hidup hemat' caranya sebagai berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tentuin Tujuan Finansial

Poin pertama ini, anggap saja sebagai salah satu resolusimu di awal tahun yang baru. Kamu bisa mulai untuk menentukan tujuan finansial yang jelas dan terukur. Biar lebih mudah, jelas, dan terukur bedakan mana kebutuhan dan keinginan. 

Pastikan dulu kebutuhanmu terpenuhi dengan baik dan tepat waktu. Jika kamu punya keinginan boleh banget diwujudkan selama nggak mengganggu kebutuhan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Kemudian mulai pikirkan dan tetapkan, keinginan apa yang ingin kamu capai dalam jangka pendek dan jangka panjang. Tentukan dulu, baru mulai tahap selanjutnya. 

 

3 dari 6 halaman

2. Bikin Anggaran yang Jelas

Ketika kamu sudah menentukan rencana keuangan di jangka pendek dan jangka panjang, saatnya bikin anggaran yang jelas. Ingat, pengaturan anggaran ini harus ketat dan kamu patuhi, ya! Agar terkelola dengan baik, lacak tiap pengeluaran secara rutin dan mulai identifikasi area mana yang sekiranya bisa untuk dihemat. Pastikan anggaran yang kamu buat sesuai dengan kemampuan, nggak perlu ngoyo yang penting adalah targetmu tercapai. 

 

4 dari 6 halaman

3. Kurangi Utang

Jika kamu punya utang, prioritaskan buat melakukan pelunasan utang, terutama utang yang punya suku bunga tinggi. Jika kamu masih punya utang, tentunya bakal menghambat kemajuan finansialmu di kemudian hari. Di poin ini, wajib ingat lagi ya, soal kebutuhan dan keinginan. 

 

5 dari 6 halaman

4. Cari Sumber Pendapatan Pasif

Jika kamu merasa pendapatan yang diperoleh dari gaji bulanan masih belum mencukupi, upayakan untuk menciptakan sumber pendapatan pasif. Kamu bisa coba mulai beberapa cara, seperti jualan online. Cara lain kamu juga bisa berinvestasi dengan cara yang paling sederhana, tabungan emas misalnya yang bisa dilakukan secara online dengan jumlah pembelian nilai emas yang minim. 

 

6 dari 6 halaman

5. Pakai DANA

Thanks to technology! Ini adalah kalimat pertama yang bisa diungkapkan di zaman yang serba digital seperti sekarang ini. Transaksi apapun bisa dilakukan dengan mudah. Kamu mau menyisihkan uang sebagai goals untuk mencapai impianmu, bayar tagihan apapun, bahkan mau menabung emas, semua bisa dilakukan lewat genggaman tangan. 

Untuk hal ini, kamu bisa mengandalkan DANA sebagai dompet digital masa kini. Yup, ketika kamu menggunakan DANA, hidupmu bisa jadi no ribet karena DANA menawarkan berbagai kemudahan & berbagai promo menarik. 

Buat kamu yang tetap ingin hemat tapi juga bisa menikmati hiburan dengan praktis & hemat, kamu bisa berlangganan beragam aplikasi seperti Vidio, WeTV, Webtoon, Viu & BStation, Google One, TikTok (Coins), SnackVideo, GetContact, GoodNovel, iQYi, dan lainnya dengan bayar pakai DANA di Google Play. Pasalnya, dengan bayar pakai DANA di Google Play, kamu bisa lho bayar langganannya cuma dengan SETENGAH HARGA aja!

Selain langganan aplikasi, dengan #BayarNoRibet pakai DANA di Google Play, kamu juga bisa top up banyak game dengan SETENGAH HARGA aja. Seperti game MLBB, FreeFire, EAFC24, Clash of Clans, Roblox, Genshin Impact, Honkai Star Rails, Stumble Guys, Candy Crush, PUBG, CODM, Supersus, Rise of Kingdoms, Undawn dan masih banyak lagi!

Sebelumnya, klaim dulu Voucher Setengah Harga kamu ya. Buat langganan aplikasi, klaim vouchernya di sini. Kalau untuk top up game, klaim vouchernya di sini.

Nah cara pakai DANA di Google Play nggak ribet kok, cek langkahnya berikut ini ya: 

1. Masuk ke profil di Google Play, lalu kamu pilih Kelola Metode Pembayaran.

2. Kemudian pilih Tambah Metode Pembayaran, lalu pilih DANA dan ikuti langkah selanjutnya.

3. Beli games atau langganan aplikasi favoritmu di Google Play.

4. Pilih bayar pakai DANA dan selesai deh!

Yuk mulai berlangganan DANA dengan cara download dan pakai DANA sekarang! 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.